Ditegur Pj Gubernur Gegara Tidak Cuti Pilkada, Sonny Mengaku Belum Dapat Rekomendasi

Rabu, 07 Agustus 2024 – 15:54 WIB
Direktur Perumda Tirtawening Sonny Salimi (kiri). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jpnn.com, KOTA BANDUNG - Direktur Perumda Tirtawening Sonny Salimi mengaku sampai saat ini belum mendapatkan rekomendasi dari partai manapun untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bandung 2024.

Saat ini Sonny mengaku tetap fokus melaksanakan tugasnya melayani pelanggan Tirtawening.

BACA JUGA: Dinkes Ungkap 125 Anak di Jabar Ikut Prosedur Cuci Darah 

Adapun hal ini merespons teguran yang disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin kepada Sonny karena maju sebagai Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bandung, sementara statusnya sebagai Dirut BUMD.

Sonny mengatakan, dulu dirinya pernah mendaftar untuk mengikuti penjaringan di salah satu partai politik, namun sampai saat ini tidak ada tindak lanjutnya.

BACA JUGA: Kadin Jabar Didorong Segera Gelar Musyawarah Provinsi Luar Biasa

“Saya tidak punya surat tugas dari partai manapun untuk menjadi calon. Jadi sampai sekarang pun belum ada partai yang memberikan surat tugas ke saya,” kata Sonny, Rabu (7/8/2024).

Menurutnya, meski ada keinginan untuk maju dalam Pilwalkot Bandung, namun selagi tidak ada rekomendasi dari parpol dia fokus menjalani tugasnya sebagai Dirut PDAM Tirtawening, yakni melayani kebutuhan air bersih bagi para pelanggan.

BACA JUGA: Soal Cawagub Pendamping Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar, KIM Serahkan ke Golkar

Begitu pun dengan permintaan dari Pemkot Bandung agar ia mengajukan cuti di luar tanggungan negara (CTLN) sebagai Dirut BUMD. Terlebih Sonny bukanlah kader dari parpol manapun.

Sementara itu, ia menegaskan jika gelombang deklarasi dukungan untuk maju di Pilkada Bandung yang terjadi selama ini adalah aspirasi dari masyarakat.

Sonny pun tidak bisa membendung atau menghalangi hal tersebut.

“Kalau ada yang deklarasi mendukung saya untuk maju, ya itu mah hak masyarakat. Masa saya larang-larang mereka, itu sama saja saya merenggut hak demokrasi mereka,” ungkapnya. 

Sebelumnya, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin memberikan peringatan keras untuk Direktur PDAM Tirtawening Sonny Salimi.

Sonny diingatkan untuk segera mengajukan cuti jika ingin maju dalam kontestasi Pilkada Kota Bandung 2024.

Bey pun mencontohkan, beberapa Sekretaris Daerah (Sekda) di Jabar telah mengajukan Cuti di Luar Tanggungan Negara (CTLN). Bahkan, ada satu Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan yang mengundurkan diri.

“Dari sisi saya kalau memang akan maju seperti halnya dengan sekda, sebaiknya cuti di luar tanggungan, supaya menghindari konflik kepentingan,” kata Bey di Gedung Sate, Selasa (6/8).

Lebih lanjut, Bey menambahkan, jika Sonny belum mengajukan cuti atau mundur dari jabatannya, dikhawatirkan muncul potensi konflik kepentingan dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala BUMD.

“Saya bayangkan kalau ada pejabat baik di pemprov, pemkab, pemkot, ataupun di BUMD yang maju, lalu dia masih menjabat, kan itu kasian staffnya dibawa-bawa ke politik,” pungkas dia. (mcr27/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ilham Habibie Siap Bersaing dengan Siapa pun di Pilgub Jabar, Termasuk Ridwan Kamil


Redaktur : Elfany Kurniawan
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler