Seorang anggota dewan kota praja Melbourne mengusulkan adanya pelarangan mobil, taksi dan sepeda motor di kawasan pusat kota selama satu hari.

Richard Foster mengusulkan 'car free day' ini di kawasan segi empat Hoddle Street, yang dibatasi oleh Flinders, Spring dan Lonsdale street dan juga Queen Victoria Market.

BACA JUGA: Polisi Tambahan Dikirim ke Christmas Island Untuk Menghentikan Kerusuhan

Foster mengatakan saat in terjadi kepadatan yang sangat di pusat kota dan warga perlu didorong untuk mencari alternatif lain, selain kendaraan pribadi.

"Ini caranya kita mengatakan bahwa pada hari tertentu, antara waktu tertentu, kita tidak menginginkan mobil di kota, kita ingin menggunakan transport publik, kita ingin naik sepeda, bila memang punya, atau berjalan ke tempat-tempat yang dekat." katanya.

BACA JUGA: Salurkan Hasrat Terpendam, Pria di Sydney Berdandan Ala Perempuan

"Yang kita punyai sekarang ini adalah usulan yang ingin mengurangi kepadatan yang luar biasa yang kita rasakan setiap hari."

"Kita terus menerus harus bersaing dengan transport umum, sepeda, pejalan kaki dan tentu saja mobil. Masa depan adalah menganjurkan agar mobil tidak masuk ke kota."

BACA JUGA: Coba Perkosa Gadis 3 Dekade Lalu, Kakek 81 Tahun Ini Dipenjarakan 26 Bulan


Melbourne City Council sedang mempertimbangkan car free day. ABC News: Margaret Burin

Foster mengusulkan agar 'car free day' ini diujicobakan di hari Minggu, atau bersamaan dengan perayaan besar yang sedang berlangsung di kota seperti Festival Moomba atau White Night.

"Ini adalah agar membiasakan warga, dan secara teratur, di masa depan, kita mungkin akan melihat bahwa di kota sama sekal tidak akan ada kendaraan." katanya.

"Ini adalah sebuah langkah kecil untuk menuju ke masa depan seperti itu."

Car free day sudah diujicobakan di kota-kota seperti Paris, New York, dan Buenos Aires selama beberapa tahun terakhir.

"Bila mereka bisa melakukannya, tidak ada alasan mengapa kita tidak mempertimbangkan hal-hal seperti ini juga." kata Foster lagi.

Foster mengatakan kendaraan komersial seperti taksi mungkin bisa mendapat pengecualian, seperti juga kendaraan seperti ambulans dan mobil polisi.

Dan ditambahkan oleh Foster, dengan sekitar 1 juta warga Melbourne datang berkegiatan di pusat kota, transport umum harus ditingkatkan sehingga penerapan daerah bebas mobil ini bisa dilakukan secara berkelanjutan.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kacang Rebus Efektif Obati Alergi Kacang

Berita Terkait