Doa dan Saran Pak Sutopo BNPB untuk Bu Ani

Kamis, 14 Februari 2019 – 15:51 WIB
Bu Ani Yudhoyono dan Pak SBY. Foto: diambil dari Instagram agusyudhoyono

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho membuat video pendek untuk menyemangati mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono yang sedang menjalani perawatan medis di Singapura akibat kanker darah. Sutopo yang juga penyintas kanker mendoakan istri Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera sembuh dari leukemia.

Sutopo dalam video tampak duduk di atas ranjang pasien. Pria asal Boyolali, Jawa Tengah itu mengaku tengah menjalani kemoterapi yang kedelapan sejak didiagnosis mengidap kanker paru stadium 4B. Baca juga: Penyebab Kanker Darah dan Gejalanya

BACA JUGA: Penyebab Kanker Darah dan Gejala - gejalanya

“Di saat saya sedang menjalani kemoterapi kedelapan di RSPAD Jakarta, sengaja saya mengirimkan doa untuk kesembuhan Ibu Ani SBY dari sakit kanker darah. Saat ini beliau sedang dirawat di NUH Singapura,” kata Sutopo dalam pesan singkatnya, Kamis (14/2).

Sutopo menuturkan, dirinya sangat memahami bagaimana perasaan seseorang ketika divonis mengidap kanker. “Bagaimana sakitnya secara lahiriah dan batiniah ketika dokter memvonis sakit kanker,” ucapnya.

BACA JUGA: Fahri Tak Bicara Banyak, Hanya Bisa Berdoa Buat Bu Ani

BACA JUGA: Bu Ani Dirawat, Doa Pak OSO untuk Mantan First Lady

Namun, Sutopo mengharapkan Bu Ani tetap ikhlas dan terus berdoa. Menurutnya, harus ada kesabaran dan tetap semangat.

“Jangan putus asa dan menyerah. Tetaplah berdoa kepada Allah SWT karena sesungguhnya sehat dan sakit itu kuasa Allah. Dokter, perawat dan orang lain adalah perantara saja sesuai keahlian yang dimilikinya,” ujarnya.

Sutopo juga punya nasihat lain. Menurutnya, seseorang yang mengidap kanker harus meningkatkan kualitas hidup. Berita terkait: Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Bu Ani Yudhoyono

“Jaga pola makan. Hindari makanan yang disukai kanker. Hindari gula kalau perlu tidak usah konsumsi lagi. Makan-makanan yang dibakar, berpengawet dan kimiawi dihindari. Perbanyak buah dan sayur. Dan yang tak kalah penting tetaplah berpikir positif. Pikiran sangat memengaruhi hati, sikap, batiniah dan kesehatan tubuh kita,” tuturnya.(boy/jpnn)
 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Bu Ani Yudhoyono


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler