Dokter Spesialis Berbagi Tips Diet agar Jantung Tetap Sehat 

Senin, 03 Oktober 2022 – 16:30 WIB
Dokter spesialis jantung pembuluh darah Siloam Hospitals Dhirga Surya, Triadi Milano membagikan tips diet agar jantung tetap sehat. Foto dok. Siloam Hospitals 

jpnn.com, JAKARTA - Kesadaran menjaga kesehatan jantung serta mengetahui penyebab dan gejalanya sangatlah penting.

Hal itu agar bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung yang menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

BACA JUGA: Waspada! Penyakit Jantung tak Hanya Menyasar Lansia, Pencegahan Dini Penting Dilakukan

"Faktor risiko penyakit jantung bisa dihindari melalui pola makan dan rutin berolahraga," kata dokter spesialis jantung pembuluh darah Siloam Hospitals Dhirga Surya, Triadi Milano, dalam edukasi sehat bertajuk "Rekomendasi Diet untuk Jantung Sehat", baru-baru ini.

Dia menambahkan, pola makan memegang peranan agar ritme kerja jantung berfungsi secara normal tanpa adanya penyumbatan di pembuluh darah akibat makan yang salah.

BACA JUGA: Cegah Penyakit Jantung dengan Rutin Mengonsumsi 5 Buah Sehat Ini

Oleh karena itu, amat penting mengatur pola makan sehat, melalui skema diet yang tepat agar jantung tetap sehat hingga tua. 

"Karena makanan sehat untuk jantung tidak saja mengurangi faktor risiko penyakit jantung, tetapi bisa terhindar dari risiko peradangan, tekanan darah, kolesterol dan trigliserida," ujarnya.

BACA JUGA: Cegah Penyakit Jantung dengan Cara Ini, Cukup 30 Menit

Terlebih lagi jika makanan mengandung pestisida atau melalui proses pemanasan tinggi.

Akumulasi radikal bebas memiliki konsekuensi yang buruk pada kesehatan, molekul-molekul tidak stabil dalam tubuh menganggu struktur dan fungsi sel,.

Contohnya, di pembuluh darah terjadi penumpukan lemak di lapisan pembuluh darah.

"Ini berbahaya, karena dari ketidaktahuan atau minimnya informasi, termasuk pada pola makan berlebihan akan berisiko mengidap penyakit jantung," kata dokter Triadi.

Mengacu pada data penelitian, lanjutnya konsumsi sayuran dan buah-buahan segar atau tinggi serat adalah yang terbaik dan sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari.

Ikan yang tinggi omega 3, juga dapat dilakukan 4-5 kali dalam seminggu. 

Adapun untuk daging putih (telur, ayam) sesungguhnya dibatasi 3 kali dalam seminggu dan daging merah yang hanya maksimal cukup 2 kali dalam seminggu.

Karbohidrat tinggi gula (biskuit, mentega) sebaiknya dibatasi satu kali saja dalam seminggu. 

"Saya beri rekomendasi adalah konsumsi kacang kacangan, dengan mengesampingkan risiko bagi penderita asam urat, bisa dikonsumsi sampai 400 gram/hari," ujarnya.

Makanan sehat lainnya yang berguna bagi kesehatan jantung antara lain beras merah, sayuran hijau, ikan, buah seperti alpukat, apel, pepaya, pisang, jeruk dan lainnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaga Kesehatan Jantung dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler