Dongkrak UMKM, Tourism Zone Jadi Andalan

Senin, 13 Februari 2017 – 11:05 WIB
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu menggunakan prinsip Pentahelix, menggabungkan lima stakeholder penting dalam menggarap pariwisata di tanah air.

Yakni academician (A), business (B), community (C), government (G) dan media (M), yang biasa disingkat dengan ABCGM.

BACA JUGA: Pemerintah Segera Ubah Aturan Penyaluran KUR

Karena itu, salah satu unsur community yang bisa men-support Kemenpar dalam promosi pariwisata adalah Indonesia Marketing Association (IMA).

Karena itulah, salah satu kegiatan penting mereka, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Marketing Association di Platinum Balikpapan Hotel & Convention Hall, 18-19 Februari 2017, di-support oleh Kemenpar.

BACA JUGA: Target Ciptakan 60.600 Wirausaha Baru

Pertemuan para marketer ini akan dihadiri 33 chapter IMA perwakilan kabupaten/kota.

“Mereka bisa ikut meng-endorse brand Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, dan mempercepat proses pariwisata sebagai core economy bangsa,” kata Arief.

BACA JUGA: Inilah Masalah Terbesar yang Dihadapi Koperasi

Mengapa? “Karena Pak Presiden Joko Widodo sudah mengamanatkan bahwa pariwisata adalah core economy bangsa Indonesia, yang akan terus didorong menjadi sector prioritas di tanah air. Hanya pariwisata, sector yang paling bisa berkompetisi di global level. Di era creative industry sekarang, pariwisata kita bisa menjadi pembuka untuk TTI (Tourism Trade dan Investment),” lanjut mantan Dirut PT Telkom Indonesia itu.

Rapat yang akan dihadiri 100 orang peserta ini akan berdiskusi dan tukar pikiran mengenai isu-isu strategis dan terkini di bidang pemasaran.

Agenda ini juga akan menjadi wadah untuk berbagai informasi mengenai berbagai potensi pengembangan pemasaran di seluruh chapter IMA yang ada.

Dalam rakernas ini, akan disusun program kerja IMA untuk satu tahun ke depan dengan prioritas di bidang pariwisata, UMKM, dan pengembangan sumber daya manusia.

Di bidang pariwisata dan UMKM, akan dibuat Tourism Zone yang bertujuan untuk memilih destinasi wisata unggulan di tiap provinsi dan akan digandeng para UMKM unggulan.

"Destinasi wisata unggulan yang terpilih masuk dalam tourism zone nanti akan diperkenalkan kepada wisatawan. Begitu juga dengan UMKM, nantinya akan diperkenalkan mulai dari proses produksi sampai dengan penjualannya, terima kasih kepada Kemenpar yang telah mendukung acara ini," ujar Presiden IMA Arif Wibowo.

Arif menambahkan, di Rakernas IMA kali ini, untuk mengembangkan SDM, akan didorong sertifikasi profesi di bidang sales dan marketing bertitle CPM yang diakui Asia di tiap Chapter IMA dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

IMA adalah organisasi yang fokus pada aktifitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA melakukan berbagai kegiatan yang mencakup berbagai pengetahuan dan memperbaiki praktik-praktik pemasaran dengan konsep pemasaran ke seluruh nusantara.

Rencananya, rakernas ini akan dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, pakar marketing Hermawan Kartajaya, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Syahfruddin Pranyata. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BRI Kuasai Kredit Usaha Rakyat Hingga 80 Persen


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
UKM  

Terpopuler