Dorong UKM ke Industri Halal, BAZNAS Raih Penghargaan Best Financial Support

Senin, 12 Desember 2022 – 15:10 WIB
Dorong UKM ke Industri Halal, BAZNAS Raih Penghargaan Best Financial Support. Foto: dok. Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meraih penghargaan Best Financial Support sub kategori Islamic Financial Institution.

Penghargaan tersebut diberikan dalam ajang Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022, yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

BACA JUGA: Mendorong Indonesia Menuju Pusat Industri Halal Dunia

Pimpinan BAZNAS Saidah Sakwan MA bersyukur lembaga yang dipimpinnya itu masuk dalam financial instititution.

"Selama ini kami bergerak mendampingi pengembangan institusi keuangan. kami akan memperkuat sistem ekonomi syariah terutama keuangan syariah," ujar Saidah, dalam keterangannya, Senin (12/12).

BACA JUGA: Terlibat dalam Ekonomi Syariah, Pimpinan BAZNAS Terima Penghargaan dari BI

Menurut Saidah, semua tata kelola dan ekosistem BAZNAS, seperti program Microfinance, pengembangan UKM-UKM, semua yang mendapatkan dana masuk ke dalam sistem ekonomi syariah.

"Ini menjadi bagian dari penguatan keuangan syariah. Di samping itu kami juga mendorong semua UKM-UKM binaan masuk ke dalam ekosistem industri halal," jelasnya.

BACA JUGA: Upaya BAZNAS Mendorong Ekspor Produk Mustahik ke Luar Negeri

BAZNAS, kata Saidah, sudah melakukan sertifikasi halal bagi pelaku UKM-UKM binaan sebagai dukungan dari pendampingan, capacity building, dan hubungan fisikal agar masuk ke industri halal.

"Kami dorong saat ini adalah ekosistem ekonomi haji. Ini juga akan mendorong kemajuan dari industri halal terutama sektor ekspor," ungkapnya.

Saidah berharap, bahwa UKM-UKM binaan BAZNAS bisa menjadi simpul di dalam memperkuat ekspor industri halal di luar negeri.

"Penghargaan ini menjadi penguat dan penyemangat bagi teman-teman UKM-UKM binaan BAZNAS. Kami dedikasikan untuk semua semangat yang ditunjukkan UKM-UKM," tuturnya.

IHYA digelar pertama kali pada tahun 2021 yang menghasilkan 14 pemenang dari tujuh kategori serta satu penghargaan Best of The Best.

Pada penyelenggaraan pada 2022, berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia No.44 Tahun 2022 Tentang Penghargaan Industri Halal Indonesia terdapat delapan kategori utama, yaitu inovasi halal terbaik, program sosial kemasyarakatan terbaik, rantai pasok halal terbaik, serta industri kecil terbaik.

Kemudian, penghargaan untuk kategori kawasan industri halal terbaik, ekspansi ekspor terbaik, program halal terbaik, serta dukungan finansial halal terbaik. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler