Dosen UII yang Hilang Kontak Ditemukan, Ternyata Ini Alasannya ke Amerika

Jumat, 24 Februari 2023 – 21:59 WIB
Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama yang dilaporkan hilang kontak ditemukan selamat di Amerika Serikat. (ANTARA/HO-Humas UII)

jpnn.com, SLEMAN - Alasan dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) yang sempat hilang kontak mengubah rute perjalanan pulang ke Amerika Serikat (AS), terjawab.

Alasan Rafie mengubah rute penerbangan itu diungkap Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Fathul Wahid.

BACA JUGA: Dosen UII Ahmad Munasir Ditemukan di Amerika, Kemlu Minta Spekulasi Dihentikan

"UII telah mencermati alasan kondisi kesehatan AMRP yang menjadi penyebab pengalihan rute penerbangan ke Amerika Serikat," kata Fathul dalam keterangannya di Yogyakarta, Jumat (24/2).

Pihak UII Yogyakarta memperoleh konfirmasi melalui penjelasan Rafie di dalam balasan 'e-mail.

BACA JUGA: Rafael Alun Trisambodo Ayah Dandy Mengundurkan Diri sebagai ASN Ditjen Pajak

Fathul bersyukur karena upaya pelacakan keberadaan Rafie telah membuahkan hasil dan yang bersangkutan sudah membalas korespondensi melalui surat elektronik yang dikirimkan UII.

Melalui pesan itu pula, dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu memohon maaf kepadanya dan seluruh sivitas akademika UII atas kegaduhan yang muncul terkait dirinya beberapa waktu terakhir.

BACA JUGA: Begini Nasib Rafael Alun Ayahnya Dandy yang Dicopot Sri Mulyani, Pahit

"UII mendoakan semoga AMRP lekas mendapatkan kembali kesehatan yang prima," ujar Fathul.

UII juga akan memberi pendampingan dan dukungan layanan kesehatan bagi Rafie apabila diperlukan.

Atas nama UII, Fathul mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penelusuran dan pengungkapan kasus perjalanan dosen tersebut.

Pelacakan Rafie sebelumnya melibatkan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, KJRI New York, KBRI Oslo, KJRI di Istanbul, KBRI Ankara, KBRI Riyadh.

Pencarian dosen UII itu juga dilakukan PP Muhammadiyah, National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia, Polri dan lainnya.

Sebelumnya, Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP) yang sempat disebut hilang kontak dengan keluarganya, ditemukan selamat di Amerika Serikat.

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha dan Konsul Jenderal RI di New York Winanto Adi telah menjalin komunikasi langsung dengan AMRP.

"Konjen RI di New York juga telah bertemu langsung dengan beliau. Saat ini AMRP berada di AS dan alhamdulillah dalam keadaan aman," kata Judha melalui pesan singkat pada Jumat.(antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 10 Warga Tewas saat Kerusuhan Wamena, Irjen Fakhiri Keluarkan Instruksi Tegas


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler