DPR Kritik Kongres Tahunan PSSI

Jumat, 21 Januari 2011 – 14:04 WIB

JAKARTA - Wakil Ketua DPR-RI, Taufik Kurniawan menyayangkan penyelenggaraan Kongres tahunan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) di Tabanan, Bali yang berlangsung tertutup bagi seluruh wartawan.

"Kongres kok gelap-gelapanTerbuka sajalah sebab itu lebih baik dan lebih akuntabel," kata Taufik Kurniawan, menjawab pertanyaan pers, di press room DPR, gedung Nusantara III, Senayan Jakarta, Jumat (21/1)

BACA JUGA: Suporter Desak PT Djarum Stop Sponsori ISL

Jika memang di intitusi PSSI saat ini ada masalah, kata Taufik, sebaiknya diselesaikan secara cepat dan transparan dengan cara mengakomodasi berbagai aspirasi masyarakat persepakbolaan.

Menurut Taufik, akhir-akhir ini memang terjadi sebuah fenomena aneh dalam dunia sepakbola nasional, karena pengurus dengan segala permasalahannya lebih ramai dibanding prestasi pemain atau kesebelasannya
"Mestinya kan prestasi yang lebih diutamakan

BACA JUGA: Modal Pesut Mahakam Dongkrak Posisi

Tapi yang terjadi sebaliknya, pengurus dengan semua permasalahannya lebih tersohor ke seantero dunia ketimbang prestasi tim pemainnya," imbuh Taufik


Lebih lanjut, Taufik yang juga Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) itu sangat berharap Kongres PSSI yang dimulai hari ini bisa memutuskan hal-hal yang bermanfaat untuk prestasi sepakbola nasional, bukan hal-hal yang mendatangkan malapetaka bagi bangsa dan negara ini.

"Caranya, jangan pilih Pengurus PSSI yang suka menyeret-nyeret olahraga ke panggung politik praktis

BACA JUGA: Persib Tergoda Ikut Lari ke LPI

Pilih orang yang benar-benar mengerti olahraga sepakbola berprestasi," tegasnya.

Sebelumnya, dalam lembaran peraturan liputan yang dikeluarkan panitia kongres tahunan PSSI disebutkan bahwa wartawan hanya boleh menghadiri acara pembukaan kongres pada pukul 19.00 WITA hari iniSesi pertama ini lebih bersifat seremoni.

Agenda inti justru besok (22/1), yang berisi sidang-sidang pengurusNamun acara itu dinyatakan tertutup untuk pers"Pada tanggal 22 Januari 2011, saat kongres berlangsung, wartawan tidak diperkenankan memasuki ruangan kongresKhusus untuk TV dan fotografer diperkenankan mengambil gambar pada 10 menit awal kongres yg dimulai pada pukul 09.00 WITA," demikian salah satu poin peraturan tersebut.

Dalam poin selanjutnya disebutkan, konferensi pers akan diselenggarakan setelah kongres selesaiWartawan juga diminta selalu menjaga ketertiban selama berlangsungnya kongresKongres tahun PSSI ini diikuti 100 peserta, dari perwakilan klub-klub ISL hingga Divisi II, plus Pengprov PSSI.

Menurut Sekjen PSSI Nugraha Besoes, agenda utama kongres adalah evaluasi kerja 2010 dan rencana kerja 2011Sejauh ini belum terdengar ada Pengprov yang akan membawa wacana pergantian pengurus pusat(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tegang Sampai Akhir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler