DPR Malu-malu Sebut Tak Puas

Jumat, 23 Desember 2011 – 16:19 WIB
JAKARTA - Pimpinan DPR sepertinya malu-malu untuk mengungkapkan ketidakpuasan terhadap hasil Audit Forensik Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kasus Bank Century.

"Puas tidak puas nyatanya sudah dilaporkan, lebih baik kita pelajari dokumen yang sekarang ada," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso, usai serah-terima hasil audit forensik dari BPK, di Jakarta, Jumat (23/12).

Priyo mengakui hasil audit masih jauh dari harapan semulaNamun, Pimpinan DPR menghormati pilihan ini

BACA JUGA: 506.515 TKI Tersebar di 116 Negara

"Toh ini belum final dan masih ada proses selanjutnya
Kita juga belum membaca  seluruhnya," kata politisi Partai Golkar itu.

Namun, Priyo melihat dalam hasil audit itu ada temuan yang mungkin saja bisa bisa digunakan sebagai pintu masuk melacak masalah berikutnya

BACA JUGA: Dahlan: Direksi BUMN Masih Bersikap Pemimpin Instansi

"Lebih baik kita menunggu, karena lampiran ini belum kita baca seluruhnya," katanya
Lantas apa pesan Pimpinan DPR kepada BPK? Kata Priyo tidak ada pesan khusus

BACA JUGA: Hadiri Sidang Kabinet, Menteri BUMN Naik KRL

"Karena kami percaya BPK punya sistem baik melakukan audit forensik," ungkap Priyo"Kita bersabar sajaBPK juga belum merasa puas sepenuhnya," tambahnya.

Sekali lagi, Priyo mengaku Pimpinan DPR belum  membaca setumpuk lampiran yang sudah diterima dari BPK"Apa yang dilimpahkan pimpinan BPK kepada DPR harus kita diakui dan  terperanjat karena sementara waktu BPK diharapkan menemukan intan berlian, tapi memang belum ke arah sana (belum menemukan)," ungkap Priyo.

Wakil Ketua DPR Anis Matta, mengatakan dalam laporan hasil audit disebutkan ada beberapa kendala"Menurut saya sebagian kendala ini yang kita dalami," katanya.

Anis menjelaskan, perlu waktu mendalami masalah ini"Kendala yang  disebutkan (oleh BPK dalam mengaudit) perlu diverifikasi," tegasnyaIa menegaskan, hal kedua adalah walaupun informasi di hasil audit  tidak signifikan, tapi ada beberapa yang bisa  dimanfaatkan KPK untuk memerkaya fakta dalam proses penyidikan.

"Ada banyak di samping dari tiga belas temuan itu,"  katanya

Apakah kemungkinan DPR minta BPK mengaudit lebih dalam? Anis Matta menegaskan bisa saja terjadiTapi, imbuh dia, lima kendala yang dihadapi BPK harus diverifikasi"Insyaallah teman-teman di panwas akan melakukan verifikasi," katanya.(boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Inilah Hasil Audit Forensik Bank Century


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler