DPR Melunak soal BG, Badrodin Bakal Mulus Jadi Kapolri

Senin, 06 April 2015 – 20:02 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Keputusan Presiden Joko Widodo mengajukan nama Komisaris Jenderal Badroedin Haiti sebagai calon Kapolri ke DPR hampir dipastikan bakal mendapat persetujuan parlemen. Meski sempay memunculkan polemik agar DPR menolak usulan Jokowi, namun kini fraksi-fraksi di parlemen sudah mengisyaratkan untuk menerima Badrodin sebagai Kapolri.

Menurut Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo, dalam rapat konsultasi antara Presiden Jokowi dengan pimpinan DPR dan pimpinan fraksi, muncul suara seragam tentang Badrodin. Bambang mengungkapkan, meski sempat ada sikap keras dari PDIP agar Jokowi tetap melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri, namun akhirnya fraksi partai berlambang kepala banteng itu melunak.

BACA JUGA: Diperiksa Sebagai Tersangka, Jero Wacik Pilih Mangkir

"Calon Kapolri tetap Badrodin yang diajukan. Awalnya PDIP bersikeras agar BG (Budi Gunawan, red) dilantik, tapi presiden memberikan alasan dan teman-teman memahami alasan itu. Ada kontroversi di masyarakat, kita tidak ada penolakan," kata politikus yang akrab disapa dengan panggilan Bamsoet itu di DPR, Senin (6/3).

Bahkan, kata Bamsoet, dalam pertemuan itu sempat ada usulan agar BG dilantik menjadi Wakapolri. Namun, Jokowi menolak usulan itu secara halus.

BACA JUGA: Politikus PKB Ini Dorong Pemerintah Teruskan pemblokiran Situs Radikal

"Ada permintaan beberapa kawan (agar) BG jadi Wakapolri. Tapi presiden bilang itu urusan Polri lewat wanjakti (dewan jabatan dan kepangkatan tinggi). Intinya sepuluh fraksi menerima Badrodin. Komisi III DPR akan langsung menggodok, minggu depan," jelasnya.(fat/jpnn)

BACA JUGA: Ibas Akui Khawatir Kongres PD Direcoki Jokowi

BACA ARTIKEL LAINNYA... Banyak Polisi Bunuh Diri, Ini Pihak yang Paling Bertanggungjawab


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler