DPS Batam Berkurang dari Pilpres

Selasa, 23 Maret 2010 – 02:56 WIB
SEKUPANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam mengumumkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yaitu sebanyak 663.444 orangJumlah ini menurun dari DPT setempat di Pilpres 2009 lalu yang mencapai 691.242.

Berdasarkan data KPU Batam, hampir di seluruh kecamatan jumlah DPS berkurang dari DPT Pilpres

BACA JUGA: Ikut Pilkada Kepri, Mantan Terpidana Minta Belas Kasihan KPU

Hanya Nongsa dan Belakangpadang yang meningkat, walaupun tidak terlalu signifikan.

Anggota KPU Batam Pokja Daftar Pemilih Tetap (DPT), Netty Herawati mengatakan, jumlah DPT sendiri kemungkinan masih akan bertambah dari DPS
KPU Batam katanya pula, akan menggelar rapat pleno pertama Minggu (28/3) mendatang dan langsung menetapkan DPT.

Setelah jumlah DPS diberikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), papar Netty, KPU Batam segera mencocokkannya untuk menghindari keganjilan-keganjilan

BACA JUGA: Butuh Rp 13,7 M, Diberi Rp 1,5 M

"Seperti nama ganda dan kesalahan penulisan, harus diperhatikan secara seksama
Sampai saat ini belum ditemukan keganjilan tersebut," katanya, Senin (22/3).

KPU Batam juga membantah pernyataan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Batam yang mensinyalir adanya penggelembungan suara

BACA JUGA: Incumbent Dituding Habiskan APBD

Panwas menyatakan bahwa wilayah yang mengalami penggelembungan suara adalah Tiban Indah, d imana jumlah pemilih mencapai 23 ribu"Data kami, DPS di Tiban Indah hanya 7.587Mungkin Panwaslu dapat data dari orang yang salah," imbuh Netty.

Selain itu, KPU juga dinyatakan yakin tidak ada penggelembungan suara, karena jumlah DPS justru turun dari jumlah DPT Pilpres"Apabila kritikan disertai data yang benar, kami anggap itu hal positifApabila tidak ada data dan fakta, kami anggap fitnah," ujar Netty menanggapi pernyataan Panwaslu tersebut.

KPU Batam, lanjut Netty, menyambut baik segala kritikan yang dilayangkan, selama kritik tersebut ada datanya"Lebih baik kritik dan panas sekarang-sekarang, daripada setelah pelaksanaan Pilkada," imbuhnya.

Pihak partai politik juga disebutkan sudah menyurati KPU Batam terkait soal DPS sekaligus meminta jumlahnya"Saat ini belum siapBeberapa hari ke depan kita akan berikan," lanjut Netty pula.

Sementara untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), PPK se-batam disebutkan sudah menentukan jumlah dan tempat untuk masing-masing kecamatan"Total 1.694 TPSTiap TPS untuk 600 pemilih," ungkap Netty(vie)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratusan Calon Panwas Gigit Jari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler