Dua Penalti Kayamba Menangkan SFC

Kamis, 02 Juni 2011 – 08:50 WIB
Keith Kayamba Gumbs (SFC) pencetak 2 gol di Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Foto: Evan Zumarli/Sumatera Ekspres

PALEMBANG-Sriwijaya FC sukses memenuhi ambisi memetik tiga poin di kandang sendiriTim berjuluk Laskar Wong Kito itu mampu menggilas 2-1 (1-1) atas PSPS Pekanbaru, pada laga lanjutan Indonesia Super League (ISL), di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, kemarin (1/6).

Gol Sriwijaya sendiri diborong Keith Kayamba Gumbs via penalti pada menit ke-24 dan menit ke-65

BACA JUGA: Duel Seru Berebut Runner-Up

Sedangkan gol PSPS Pekanbaru diciptakan oleh striker andalanya, Herman Dzumafo menit ke-34
"Kami berterima kasih kepada pemain yang sudah berjuang keras memenangkan pertandingan ini

BACA JUGA: Belum Digaji, Pemain Ancam Tidur di Rumah Ketum

tak lupa pula kami berterima kasih kepada suporter yang telah rela mendukung hingga menit-menit akhir," kata pelatih Sriwijaya FC, Ivan Kolev, usai pertandingan, (1/6).

Meski sukses meraup tiga poin, tak merubah konfigurasi posisi Sriwijaya di klasemen sementara
Tim juara double winner 2007 itu tetap bercokol di peringkat ke-6 dengan koleksi 38 poin dari 24 laga yang telah dijalani

BACA JUGA: Bakal Lebih Seru Jika Digelar Putaran Kedua LPI

Selisih  satu poin dari peringkat lima, Persisam Putra Samarinda yang mengemas 39 poin.

Tapi, meski tak mampu memperbaiki peringkat, kemenangan itu bisa membuka jalan, bagi Sriwijaya untuk memenuhi targetYakni, tebus tiga besar pada kompetisi tertinggi di negeri iniMengingat, tim papan atas tak jauh jaraknya dengan SriwijayaSeperti, Arema FC peringkat empat koleksi 40 poin, Persija yang berada diperingkat ke-3 baru koleksi 41 poinDan Semen Padang yang berada di posisi runner up masih mengemas 42 poin dari 24 laga yang telah dijalani.

Bukan hanya memperkecil ketertinggalan di klasemen sementara tapi kemenangan itu juga sebagai modal tersendiri bagi skuadra Ivan Venkov Kolev untuk menjalani tur KalimantanYa, tim juara Piala Indonesia tiga kali itu bakal melawan Persiba Balikpapan, (5/6) nanti pada laga lanjutan ISL"Mudah-mudahan kami bisa kembali memetik poin di kandang Persiba," imbuh arsitek kelahiran Sofia, Bulgaria, 14 Juli 1957 itu.

Kemenangan Sriwijaya sendiri sudah terlihat sejak menit awalLaskar Sriwijaya terus memberikan tekanan di barisan pertahanan Asykar Bertuah (Julukan PSPS)Seperti, tendangan Keith Kayamba menit ke-5 masih bentur tiang gawangBegitu juga tembakan Jajang Mulyana menit ke-21 masih bisa ditepis kiper PSPS,  Fance Hariyanto.

Peluang Sriwijaya baru tercipta pada menit ke-23Setelah, Keith Kayamba Gumbs dilanggar Agus Cima di kotak terlarangKayamba sendiri yang menjadi eksekutor penalti, sukses menceploskan gol.

Tertinggal, satu gol PSPS mencoba memberikan perlawananMengandalkan serangan balik cukup efektif.  Skuadra Abdulrahman Gurning sukses menyamakan kedudukan 1-1 setelah, tendangan keras striker Herman Dzumafo gagal ditepis oleh kiper Sriwijaya, Fauzal MubaraqMemasuki babak kedua, Sriwijaya terus mendominasi permainanBerbagai tekanan terus dilancarkan Oktovianus Maniani dkkTapi, semuanya masih bisa dimentahkan oleh Fance Hariyanto.

Petaka kembali datang di kubu PSPSSetelah, Thierry Gathuessi  dilanggar oleh pemain belakang PSPSWasit, Jerry Erly kembali menunjuk titik putih untuk kali keduaKeith Kayamba yang kembali menjadi algojo sukses membobol gawang Fance HariyantoSkor 2-1 hingga laga usai

Kekalahan ini membuat pelatih PSPS, Abdurrahman Gurning sangat kecewaMenurutnya, ada beberapa keputusan wasit yang sedikit merugikan timnyaSehingga, harus mendapat dua kali tendangan penalti.

"Secara keseluruhan, wasit memimpin cukup baikTapi, ada beberapa keputusan yang tidak tepatSeperti, saat penalti kedua, Thierry itu terpelintir bola sendiri bukan dilanggarTapi, ya sudahlah, sudah kalah dengan kebobolan dua gol," ucap Abdulrahman Gurning.

Dengan kekalahan itu, PSPS gagal membalas dendam, yang sebelumnya tumbang 0-1 pada leg pertamaSehingga, gagal curi poin dikandang Sriwijaya, PSPS masih bercokol diperingkat ke-7dengan koleksi 33 poin"Tapi, secara keseluruhan pemain sukses menjalankan intruksi yang diberikanMereka sudah bekerja keras," pungkas mantan arsitek Persitara Jakarta Utara itu(mg43/mg42)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Riedl Kaget Satlak Angkat Pelatih Baru


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler