Perbatasan Victoria dan New South Wales akan mulai ditutup hari Rabu (9/07), karena angka penularan yang terus meningkat di kota Melbourne. Akan ada sistem surat izin bagi mereka yang perlu bepergian ke NSW Sejauh ini ada 53 kasus yang terkait dengan sejumlah rumah susun 31 warga Victoria dirawat di rumah sakit karena COVID-19, termasuk lima di perawatan intensif

 

BACA JUGA: Visa Perempuan Asal Indonesia Ditolak Australia, Pasangannya Sampai Putus Asa

Dua pria, satu berusia 60 tahunan dan satu lagi diketahui berusia 90 tahunan, meninggal karena COVID-19.

Secara total angka kematian karena COVID-19 di Victoria sudah mencapai 22 orang dan secara keseluruhan adalah 106 orang di Australia.

BACA JUGA: Elite PDIP Bicara soal Reshuffle, Menteri Berkinerja Buruk Siap-siap Saja

Dalam konferensi persnya hari Senin (6/07), Premier Daniel Andrews, kepalan negara bagian Victoria mengatakan ada 127 kasus penularan virus corona baru dalam 24 jam terakhir.

Premier Daniel juga mengumumkan penutupan perbatasan Victoria dengan New South Wales, setelah mengadakan pembicaraan dengan Premier New South Wales, Gladys Berejiklian dan Perdana Menteri Scott Morrison.

BACA JUGA: Ini 5 Fakta seputar Kalung Antivirus Corona dari Eukaliptus

"Penutupan akan dipantau oleh pihak NSW, sehingga sumber daya yang kita miliki bisa difokuskan pada memerangi virus di negara bagian kita," kata Premier Andrews.

Premier Gladys mengatakan perbatasan akan ditutup bagi warga Melbourne dalam 24 jam dan bagi seluruh warga Victoria mulai Selasa malam, pukul 23:59.

Sementara warga Victoria yang berada di New South Wales diperbolehkan kembali ke Victoria. 16 kasus berasal dari komplek perumahan umum

Keputusan menutup perbatasan diambil setelah ada penularan kasus hingga 108 orang pada hari Sabtu, menjadi angka harian tertinggi kedua sejak pertama kali virus corona menjadi wabah di Victoria.

Premier Daniel mengatakan dari 127 kasus baru yang tercatat hari Senin ini, 16 diantaranya berasal dari kompleks perumahan umum, seperti rumah susun, yang sudah diperintahkan lockdown sejak hari Minggu.

Dengan adanya 10 kasus dari hari sebelumnya dari komplek apartemen tersebut maka jumlah keseluruhan kasus sejauh ini adalah 53.

"Pada dasarnya jumlah kasusnya meningkat dua kali lipat sejak kemarin," kata Kepala Bidang Kesehatan Victoria Brett Sutton. Photo: Polisi dikerahkan untuk menjaga lockdown di kawasan perumahan publik milik pemerintah di Racecourse Road, Flemington, Melbourne. (AAP: David Crosling)

 

Dalam pernyataannya hari Sabtu, Daniel Andrews mengatakan 'karantina ketat' terhadap komplek apartemen tersebut akan berlangsung paling sedikit lima hari, namun dalam surat yang dikriim ke warga disebutkan akan berlangsung selama 14 hari.

Daniel Andrews mengatakan masa lockdown itu akan bisa dikaji kembali.

"Segera setelah semua warga menjalani tes, kita akan memiliki lebih banyak opsi berdasarkan data yang ada, dan mudah-mudahan itu berarti aturan yang berbeda yang lebih ringan dibandingkan karantina ketat yang sekarang diberlakukan," katanya.

Menurut Daniel Andrews, sejauh ini sudah ada 400 tes yang dilakukan terhadap warga di sana.

Sekarang ini ada 31 warga Victroria yang dirawat di rumah sakit karena vrus corona, lima diantaranya di ruang perawatan intensif.

Professor Brett Sutton mengatakan ada 'sejumlah kasus' baru di daerah yang berdekatan dengan kawasan yang sebelumnya sudah masuk dalam zona merah.

"Ada limpahan yang besar dan menggunakan analogi kebakaran hutan, ada titik api yang berada di dekat kawasan kode pos yang sudah dilock down," katanya.

Premier Daniel Andrews mengatakan sepanjang akhir pekan terjadi peningkatan jumlah tes, dengan 25 ribu tes dilakukan hari Minggu, dan secara keseluruhan sudah ada 952 ribu tes dilakukan sejak pandemi. Liburan tidak diperbolehkan

Di perbatasan Victoria dengan NSW ada dua kota yang saling berdekatan, yaitu Wodonga di Victoria dan Albury di NSW, yang hanya dipisahkan dengan sungai dan jarak beeberapa kilometer saja.

Warga di daerah perbatasan selama ini saling berkunjung dalam melakukan kegiatan sehari-hari dan penutupan perbatasan diperkirakan tidak akan disambut baik oleh mereka. Photo: Liburan tidak bisa menjadi alasan untuk melintas perbatasan dari Victoria ke NSW mulai hari Selasa tengah malam. (Supplied)

 

Premier Daniel Andrews mengatakan ada sistem surat ijin bagi mereka yang perlu bepergian ke NSW dari Victoria.\

"Akan ada fasilitas bagi mereka yang tinggal di perbatasan untuk bisa bepergian, untuk bisa bekerja dan juga untuk mendapat layanan kesehatan yang mereka perlukan," katanya.

Namun menurut Daniel Andrews, berlibur tidak akan diterima sebagai alasan untuk melintas perbatasan.

Ikuti perkembangan terbaru dalam bahasa Inggris di sini

BACA ARTIKEL LAINNYA... Serangan COVID-19 dari Klaster Mitra 10 Belum Berakhir

Berita Terkait