Duel Chelsea dan MU, Inter Hadapi Schalke

Drawing Liga Champions Buka Peluang Final All-England

Jumat, 18 Maret 2011 – 22:50 WIB
ENGLAND - Duel antara Chelsea dan Manchester United, akan menjadi salah satu laga paling seru di perempat final Liga Champions musim ini. Foto: PA Photos.
NYON - Lolosnya tiga tim asal Inggris ke babak perempat final alias 8 Besar Liga Champions musim ini, akhirnya membuat dua klub raksasa negeri itu, Chelsea dan Manchester United (MU), harus bertemu lebih duluSementara satu tim lainnya, yakni Tottenham Hotspur, musti menghadapi klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Pertemuan itu dipastikan lewat drawing perempat final sekaligus semifinal Liga Champions 2010-2011, yang baru saja digelar di Nyon, hari ini, Jumat (18/3)

BACA JUGA: Sarwendah Ikuti Jejak Marlev

Di luar kedua laga tersebut, dua laga perempat final lainnya mempertemukan Barcelona dengan Shakhtar Donetsk, serta juara bertahan Inter Milan dengan Schalke 04.

Sebagaimana jadwal yang dikeluarkan pihak UEFA, pertandingan perempat final sendiri masing-masing akan digelar pada 5 dan 6 April (leg pertama), yang disusul leg kedua pada 12 dan 13 April
Partai Inter v Schalke dan Real v Tottenham akan dimainkan lebih dulu, disusul Barcelona v Shakhtar dan Chelsea v MU

BACA JUGA: A Raposa Menjaga Asa

Sementara di leg kedua, posisi jadwal keempat laga pun ditukar (jadwal lengkap seperti di bawah, Red).

Yang jelas, hasil drawing ini sekaligus membuka peluang final sesama tim Inggris, dalam laga yang kebetulan bakal digelar di stadion kebanggaan negeri itu, Stadion Wembley di London, pada 28 Mei 2011
Pasalnya, alur perempat final ke semifinal akan mempertemukan antara Chelsea-MU dengan Inter-Schalke, sementara antara Real-Tottenham kelak akan berjumpa dengan Barcelona-Shakhtar

BACA JUGA: Ferdinand Terancam Absen Hingga Akhir Musim

Artinya pula sebaliknya, dari dua klub raksasa Spanyol yang maju ke babak ini, dipastikan hanya akan ada satu yang sampai ke final.

Lalu, bagaimana komentar para wakil klub-klub terhadap hasil drawing tersebut? "Ini peluang yang sangat menegangkan, apalagi karena kedua tim sama-sama masih berpeluang di Premier League dan Liga ChampionsLaga leg kedua di kandang sendiri adalah satu keuntungan, namun sepakbola (level) Eropa berbeda dengan apa yang kami mainkan di kompetisi domestik," ujar John Alexander, Sekretaris MU, seperti dikutip Reuters.

"Kami punya rivalitas yang hebat di dalam negeri, namun Liga Champions adalah sesuatu yang berbedaIni bukan pula soal balas dendam (Chelsea kalah adu penalti dari MU di final LC 2008, Red), tapi yang jelas kami saling kenal cukup baikSoal apakah para pemain akan memanfaatkannya atau tidak, adalah sesuatu yang klise, namun itu jelas sebuah motivasi yang bagus," ungkap Sekretaris Chelsea, David Barnard.

Sementara itu, pelatih Barca - sebutan Barcelona - Josep 'Pep' Guardiola tak ingin memandang remeh lawan mereka"Kami tahu mereka dan mereka kenal kamiKami pernah menjalani pertandingan cukup berat dengan merekaSecara fisik mereka sangat kuat, dengan para pemain yang berpengalamanKami pernah merasakan betapa sangat sulitnya mengalahkan mereka di Piala Super Eropa (tahun 2009 ketika Barca akhirnya unggul 1-0 di perpanjangan waktu, Red)," ucapnya.

"Saya kira, tak satupun dari klub-klub yang ikut dalam drawing (perempat final LC) ini awalnya berharap akan menghadapi BarcelonaSemua orang sangat paham bahwa saat ini Barcelona adalah tim paling berpeluang memenangkan Liga Champions ini," tutur Sergei Palkin, Direktur Umum Shakhtar Donetsk pula, di sisi sebaliknya.

Ungkapan merendah dan memandang serius lawannya, juga disampaikan oleh kapten Inter Milan, Javier Zanetti"Kami harus memberi respek tinggi pada Schalke, karena ini akan menjadi pertarungan yang berat sebagaimana juga pertandingan-pertandingan lainnyaKami harus berhati-hati, karena tidak ada (tim) yang mencapai perempat final (hanya) melalui keberuntungan," ujarnya.

"Kami mendapatkan hasil drawing yang sangat berat, menghadapi juara bertahan Inter MilanTapi mungkin ada pelajaran baik dari (tahun) 1997 di mana Schalke sukses di San Siro (mengalahkan Inter lewat adu penalti di leg kedua final Piala UEFA, Red)Barangkali juga sebuah keuntungan bagi kami harus bertandang dulu di leg pertamaSementara faktor-faktor lain, tampaknya mengarah pada kesulitan besar di babak ini bagi kami," tutur Manuel Neuer, kiper sekaligus kapten Schalke.

Yang agak terkesan tak terlalu memikirkan lawannya kali ini adalah pihak Real MadridSetidaknya, itu jika merujuk pada komentar Direktur Olahraga, Miguel Pardeza"Jika kami dan Barcelona bisa mencapai semifinal, itu berarti sudah ada berulangkali pertarungan di antara kami dalam jangka waktu cukup dekatKami harus memastikan berada dalam top form, jika itu yang terjadi," ucapnya.

Sedangkan dari pihak calon lawannya, komentar cukup diplomatis namun penuh semangat pun dimunculkan"Ini adalah drawing yang fantastisSebuah pertandingan besar yang harus dihadapi ke depan, melawan salah satu tim terhebat di dunia sepakbolaBisa menghadapi Real Madrid di Liga Champions pada tahap ini, adalah sesuatu yang fantastis bagi kami, dan kami tak sabar menunggunya," ujar manajer Tottenham, Harry Redknapp(ito/jpnn)

Jadwal Perempat Final (hingga Final) Liga Champions 2010-2011

Selasa, 5 April 2011:
Inter Milan v Schalke 04
Real Madrid v Tottenham Hotspur

Rabu, 6 April 2011
Barcelona v Shakhtar Donetsk
Chelsea v Manchester United

Selasa, 12 April 2011
Manchester United v Chelsea
Shakhtar Donetsk v Barcelona

Rabu, 13 April 2011
Schalke 04 v Inter Milan
Tottenham Hotspur v Real Madrid

Semifinal (26/27 April dan 3/4 Mei):
-Inter/Schalke v Chelsea/MU
-Real/Tottenham v Barcelona/Shakhtar

Final (28 Mei, Stadion Wembley):
Pemenang-1 v Pemenang-2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Los Blancos Pantau Nani


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler