Dukung Indonesia Damai, Alumni IPB Bantu TNI dan Polri di KPU

Senin, 27 Mei 2019 – 08:58 WIB
Alumi IPB menyerahkan bantuan kepada aparat Polri dan TNI yang bertugas di kantor KPU, Jakarta, Minggu (26/5). Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sangat berperan dalam meredakan kericuhan di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada 21-22 Mei 2019.

Untuk memberi apresiasi atas keberadaan TNI dan Polri tersebut, Keluarga Alumni Institut Pertanian Bogor (KamIPB) memberikan bantuan sejumlah perangkat dan kebutuhan para anggota yang bertugas di sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU).

BACA JUGA: Koalisi Masyarakat Sipil Kritik Polri Menangani Kerusuhan 22 Mei

Bantuan itu diserahkan langsung pengurus KamIPB di depan kantor KPU, Jalan Diponegoro, Jakarta, pada Minggu (26/5).

BACA JUGA: Anton Doni Imbau Jangan Lagi Mengedepankan Narasi Provokatif

BACA JUGA: YLBHI: Elite Politik Harus Bertanggung Jawab Atas Kerusuhan 22 Mei

Adapun aparat yang menerima bantuan itu diwakili oleh Subarsana dari Satuan Brimob Polda Metro Jaya dan Gathut Bowo dari Direktorrrat Samapta Polda Jawa Timur. Sedangkan rombongan KamIPB terdiri dari Titik Wijayanti (Ketua) dan jajarannya seperti Rini Palupi, Rita Marcia, Indriani Buntaran, Sigit S, Eni D, Genzo Ludony, dan Ardy Kacaribu.

Titik menjelaskan bantuan yang dikumpulkan dari para alumni IPB tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap aparat TNI/Polri yang sudah bekerja optimal. Dukungan terhadap aparat keamanan tersebut untuk membuktikan bahwa TNI/Polri sudah bekerja untuk melindungi bangsa dan rakyat Indonesia.

BACA JUGA: Sambangi Polda Metro, FPI Minta Polisi Tangguhkan Penahanan Pelaku Rusuh 22 Mei

“Bantuan ini belum seberapa besar dibandingkan dengan beban tugas mereka. Ini bukti bahwa masih terlalu banyak rakyat Indonesia yang berpikiran waras untuk NKRI dan bukan memaksakan kehendak yang tidak sesuai konstitusi aekaligus menunjukkan bahwa alumni IPB juga sangat menghargai konstitusi dan menunjung tinggi nasionalisme,” tegas Titik.

KamIPB, menurut Titik, akan berupaya memperluas dukungan tersebut dengan menjaring lebih banyak pihak untuk membantu jajaran TNI/Polri yang banyak didatangkan dari daerah.

“Mohon dimaklumi kalau tidak semua jajaran mendapatkan bantuan tersebut tetapi kami berusaha semampunya. Mudah-mudahan ada komunitas lain yang bisa berbagi dengan aparat yang ditugaskan di beberapa kawasan di DKI Jakarta,” jelasnya.

Adapun bantuan yang diserahkan KamIPB tersebut berupa ratusan kaus (T-Shirt), sejumlah pakaian dalam, dan handuk kecil. Bantuan tersebut dikumpulkan hanya dalam beberapa hari lalu dari berbagai latar belakang alumni IPB dan dari berbagai tingkatan kuliah.

Sebelumnya, dukungan juga disampaikan melalui karangan bunga yang berdatangan ke Asrama Brimob di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat. Karangan bunga tersebut dikirim sebagai apresiasi atas dedikasi polisi dalam bertugas pada saat demonstrasi 21-22 Mei kemarin.

Karangan bunga tersebut dipesan berbagai kalangan yang diantar langsung ke Asrama Brimob.

"Terima kasih bapak polisi, udah jagain kita semua,” demikian salah satu kalimat yang tertulis pada karangan bunga. Nama pengirim yang tertera bertuliskan Sisca, Erni, dan Nia.

Karangan bunga lainnya menuliskan dukungan serupa kepada lembaga penegak hukum itu.

"Terima kasih bapak polisi atas keikhlasan dan semangatmu dalam menjaga NKRI. Komunitas Wanita Penggerak Bangsa," demikian bunyi kalimatnya.

Ungkapan sejenis juga terlihat dari karangan bunga lainnya, "Terima Kasih POLRI, kami bersama kalian.” Lalu, di bawah tulisan itu tertera pengirim yaitu "KAWAN" atau singkatan dari Kawal Nusantara.(fri/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mahasiswa IPTIQ Bagikan Tasbih ke TNI dan Polri


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler