Dunga Buka Pintu untuk Ronaldo

Kamis, 12 Maret 2009 – 12:58 WIB
Foto: Teamtalk.com
RIO DE JANEIRO - Pintu tim nasional Brasil belum benar-benar tertutup bagi RonaldoMeski sudah dimakan usia dan penampilan fisiknya jauh jika dibandingkan dengan masa jayanya, peluang pemain bernama lengkap Ronaldo Luis Nazario da Lima itu untuk memperkuat timnas Brasil masih terbuka.

Hal tersebut diungkapkan pelatih Brasil, Carlos Dunga, dalam satu sesi wawancara dengan televisi Cultura, Rabu (11/3) waktu setempat

BACA JUGA: Tiga Petenis Davis ke Thailand

Dunga percaya striker yang kini merumput bersama Corinthians itu masih memiliki masa depan bersama tim Samba
"Itu jika performanya bisa kembali seperti Ronaldo yang dulu," kata Dunga.

Ronaldo sudah menciptakan 15 gol dari tiga kali Piala Dunia yang diikutinya

BACA JUGA: Cino Jadi Buah Bibir di California

Itu termasuk delapan gol pada Piala Dunia 2002 di Korsel dan Jepang, yang sekaligus membantu negerinya meraih Piala Dunia untuk yang kelima kalinya.

Ambisi yang kuat masih diperlihatkan Ronaldo untuk kembali ke ketajamannya
Setelah dibekap cedera 13 bulan lalu, dia sudah bermain dua kali bersama Corinthians

BACA JUGA: Juve Harapkan Dukungan Penuh Suporter

Hasilnya, satu gol disumbangkannya di masa injury time sebagai penyeimbang kedudukan saat timnya menjalani partai derby melawan Palmeiras pekan lalu.

Dua pekan lalu, masih banyak pertanyaan seputar kemauan Ronaldo untuk kembali bermainItu tak lepas dari perilaku negatifnya, yakni telat kembali ke hotel setelah libur latihan.

"Jika melihat yang dilakukan oleh Ronaldo dua pekan lalu dan sekarang, jelas jauh berbedaAkan bagus bagi sepakbola, sebab lapangan pertandingan akan mengatakan yang sesungguhnyaYang terjadi di luar lapangan hanya sedikit yang diperhitungkan," ujar Dunga kepada Reuters.

Yang paling membuat Dunga terkesan adalah pergerakan yang diperlihatkan Ronaldo dalam dua kali laga yang dilakoninyaTak terlihat lagi dia mendapat masalah pada tendon lutut kirinya.

"Saya bisa melihat determinasinyaSesuatu yang membuatnya hebat di masa laluKualitas yang dimilikinya serta kegembiraannya saat bermainIni berita bagus bagi sepakbola BrasilKami harap dia bisa bermain lagi, mencetak gol dan membawa kegembiraan," lanjut kapten Brasil pada Piala Dunia 1994 itu.

Namun, dia mengingatkan agar Ronaldo tak bolah cepat puasMasih banyak yang harus diperbaikinya untuk mencapai level yang dibutuhkan timnas.

"Dia tak main dalam 18 bulanHingga saat ini baru main 25 menitSelain itu, kehidupan seorang idola itu berat," ucap Dunga.

Sudah dua tahun lebih Ronaldo tak lagi mengenakan kostum tim SambaTepatnya setelah kritikan yang deras dialamatkan padanya, usai penampilan buruk pada Piala Dunia Jerman 2006Namun, Ronaldo jelas masih memperlihatkan ambisi kuat untuk memakai seragam Selecao.

"Saya selalu memimpikan memakai seragam Brasil lagiSaya selalu bermain paling bahagia di Piala DuniaSaya yakin bila bisa mencari performa terbaik saya, saya bisa berguna untuk Brasil," katanya(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Van der Vaart Diminati Chelsea


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler