Dunga Minta Perlindungan

Jumat, 02 Juli 2010 – 15:50 WIB
KERAS - Pertandingan keras Brazil lawan Pantai Gading, seperti terlihat kala Kaka ditekel oleh Emmanuel Eboue. Foto: Jeff Mitchell/Getty Images/FIFA.com.
BRAZIL menyongsong laga perempat final melawan Belanda dalam kondisi pincangDari empat pemain yang diyakini tidak bisa main nanti malam, tiga di antaranya absen lantaran cedera

BACA JUGA: Uruguay Dilepas dengan Shosoloza

Menurut pelatih Carlos Dunga, hal itu terjadi lantaran wasit kurang memberikan perlindungan kepada pemain
Buktinya, para pemain yang mencederai penggawanya bebas melenggang tanpa hukuman.

Contoh yang paling jelas tampak pada pertandingan fase grup melawan Pantai Gading (21/6)

BACA JUGA: Kingson Penasaran Premier League

Saat itu, beberapa pemain seperti Elano dan Robinho mendapatkan cedera yang memaksa mereka absen di laga selanjutnya melawan Portugal
Namun, baik Ismael Tiote yang menekling Elano maupun pelanggar Robinho tidak mendapat hukuman apapun.

"Saya tidak mendapat kesempatan untuk berbicara dengan wasit setelah ditekling pemain Pantai Gading itu

BACA JUGA: Tanpa Elano, Rindu Ronaldinho

Dia sama sekali tidak mengeluarkan kartu dari sakunyaSetelah itu, ada pelanggaran yang sangat keras terhadap Robinho yang mestinya kena kartu merah," keluh Elano, seperti dikutip Reuters"Tapi lagi-lagi, wasit (Stephane Lannoy asal Prancis, Red) tidak meniup peluitnya," lanjutnya kesal.

"Tim ini memiliki karakter yang bervariasiTapi tidak satupun di antara kami yang turun ke lapangan dengan niat mencederai lawan," ucap Elano"Masalahnya sekarang, sayalah yang harus menanggung kesalahan wasit, karena saya tidak bisa bermain untuk negeri saya dalam pertandingan pentingSaya ingin semua pelanggar kena hukuman," lanjut gelandang Galatasaray tersebut.

Yang lebih mengesalkan bagi Brazil, dalam laga itu mereka kehilangan Kaka yang kena akumulasi kartu kuningDia dituduh menyiku gelandang Pantai Gading Abdelkader KeitaPadahal, dalam tayangan ulang terlihat jelas Kaka tidak melakukan tindakan yang ofensif.

Karena itu, jelang laga melawan Belanda, Dunga meminta wasit yang memimpin pertandingan untuk lebih jeli melihat pelanggaranEks kapten Brazil di PD 1998 itu juga meminta pengadil memberikan hukuman yang cukup berat kepada pelaku pelanggaranKebetulan, laga nanti malam dipimpin oleh wasit yang cukup kredibel, yakni Yuichi Nishimura asal Jepang.

"Selama ini, pemain yang tidak melakukan kesalahan dihukumSebaliknya, yang jelas-jelas melakukan pelanggaran sering kali lolos dari kartuIni menyedihkan," ujar Dunga kepada AFP"Saya harap wasit kali ini bertindak lebih bijaksanaDia harus bisa melindungi pemain dari cedera yang tidak perlu," lanjutnya(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fans Afrika Dukung Ghana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler