Uruguay Dilepas dengan Shosoloza

Jumat, 02 Juli 2010 – 15:07 WIB
LOKAL - Salah satu sesi latihan para pemain Uruguay di Kimberley. Di kawasan itu mereka akhirnya akrab dan didukung oleh warga sekitar. Foto: AFP Photo/Rodrigo Arangua/FIFA.com.
MAYORITAS warga Afrika memberikan dukungan kepada GhanaKecuali, warga yang bermukim di Kimberley, Afrika Selatan

BACA JUGA: Kingson Penasaran Premier League

Mereka justru mendukung Uruguay pada laga perempat final dini hari nanti
Kenapa?

"Negara ini memang memberikan dukungan terhadap Ghana, lantaran mereka adalah orang Afrika

BACA JUGA: Tanpa Elano, Rindu Ronaldinho

Tapi, kota ini berbeda, di sini (Kimberley, Red) semua orang akan memberikan dukungan kepada Uruguay," papar Philinda Golden, penata rambut di Kimberley, seperti dikutip Reuters.

Menurutnya, warga mendukung Uruguay karena tim tersebut selama Piala Dunia 2010 memilih base camp di Kimberley
Mereka menginap di Victorian Guest House

BACA JUGA: Fans Afrika Dukung Ghana

Di kota pertambangan itu, skuad besutan Oscar Washington Tabarez tersebut mendapat dukungan penuhBahkan, Charmaine Visser, manajer Victorian Guest House, hampir selalu terlihat mengenakan scarf biru langit Uruguay yang diberikan Tabarez.

Philinda bercerita, bahwa Forlan pernah beberapa kali melakukan perawatan rambut di salonnyaNah, lewat interaksi itulah yang membuat warga Kimberley merasa dekat dengan Uruguay.

Padahal, bila dilihat dari perjalanan menuju ke perempat final, mereka pernah mengalahkan tuan rumah Afrika Selatan dengan skor telak 3-0 di laga kedua grup ANamun, itu tak mempengaruhi penilaian warga Kimberley akan tim berjuluk La Celeste ituMereka tetap mendukung Uruguay.

Bahkan, saat Forlan dkk meninggalkan hotel mereka di Kimberley untuk menghadapi Ghana pada perempat final yang dihelat di Soccer City, Johannesburg, dini hari nanti, warga dan staf hotel melepas dengan nyanyian perpisahan berjudul ShosolozaLagu itu kerap diadaptasi para fans sepak bola atau rugby dengan judul Go Forward, Go Forward.

Sementara, dalam bahasa zulu, "shosoloza" bisa diartikan sebagai maju atau beri kesempatan kepada orang lainUntuk arti yang kedua, tentunya, memberi kesempatan kepada GhanaSebab, Uruguay sudah pernah berprestasi pada Piala Dunia(ham/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Uruguay-Ghana Sama-sama Kehilangan Pilar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler