Selamat hari Jumat!

Dunia Hari Ini kembali menyajikan laporan terkini dari beberapa belahan dunia.

BACA JUGA: Peserta Working Holiday Visa Asal Indonesia Kembali Jadi Korban Kecelakaan di Australia

Kami memulainya dari Praha.Penembakan di universitas kota Praha

Seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di pusat kota Praha, menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai lebih dari 20 orang.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Vladimir Putin Mengatakan Siap Berdialog dengan Ukraina

Polisi dan pihak otoritas mengatakan penembakan massal menajdi yang terburuk di Ceko.

Penembakan tersebut terjadi di gedung departemen filsafat Universitas Charles, di mana penembaknya adalah seorang mahasiswa yang kini sudah tewas.

BACA JUGA: Kisah Panjang Perjuangan Pulau Wawonii Melawan Tambang yang Belum Selesai

Pihak berwenang di Czechia, yang sebelumnya dikenal sebagai Republik Ceko, mengatakan jumlah korban jiwa mungkin bertambah seiring penyidikan berlangsung.Pengunduran diri Ketua KPK setelah dugaan pemerasan

Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri mengundurkan diri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis malam kemarin.

"Saya mengakhiri tugas saya sebagai Ketua KPK, dan saya menyatakan berhenti, dan saya juga menyatakan tidak berkeinginan untuk memperpanjang masa jabatan saya," kata Firli di Gedung Pusat Pendidikan Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, kemarin malam.

Firli mengatakan pengunduran dirinya empat tahun setelah mengabdi sebagai pimpinan KPK adalah demi stabilitas bangsa menyongsong tahun politik 2024.

Polda Metro Jaya menetapkan Firli sebagai tersangka atas dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta dugaan suap dan gratifikasi.

Ia juga terseret tiga kasus etik yang saat ini telah masuk ke tahap sidang oleh Dewas KPK.Ratusan ribu warga Sudan yang mengungsi diusir

Pertempuran antara militer Sudan dan kelompok paramiliter memaksa 300.000 orang meninggalkan rumah mereka di provinsi Jazeera.

Provinsi tersebut selama ini menjadi tempat berlindung yang aman bagi keluarga-keluarga yang mengungsi.

Pertempuran meletus di kota Wad Medani, ibu kota provinsi Jazeera, setelah kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) menyerang kota tersebut awal bulan ini.

Penyelidikan dibuka setelah RSF mereka mengambil alih Wad Medani awal pekan ini dan pasukan militer mundur dari kota tersebut.

Perang Sudan dimulai pertengahan April setelah ketegangan berbulan-bulan lamanya terjadi antara panglima militer Jenderal Abdel-Fattah Burhan dan komandan RSF Jenderal Mohammed Hamdan Dagalo.Pernyataan lanjutan Paus tentang pernikahan sesama jenis

Beberapa hari setelah mengizinkan pemberkatan bagi pasangan sesama jenis kelamin, Paus Fransiskus mengatakan sikap ideologis yang tidak fleksibel dapat menghalangi Gereja.

Paus Fransiskus, yang berulang tahun ke-87 pada hari Minggu, menyampaikan komentarnya dalam sambutan selamat Natal kepada anggota Kuria, pemerintahan pusat Vatikan.

Paus Fransiskus menjadikan ucapan selamat Natal sebagai kesempatan untuk melontarkan kritik pedas terhadap birokrasi, dengan menyoroti apa yang pernah ia sebut sebagai "penyakit."

Kamis kemarin, ia membahas perdebatan yang terus berlanjut antara kaum progresif dan konservatif 60 tahun setelah Konsili Vatikan Kedua, yang mengantarkan Gereja memasuki dunia modern.

"Mari kita tetap waspada terhadap posisi ideologis kaku yang seringkali berkedok niat baik, memisahkan kita dari kenyataan dan menghalangi kita untuk bergerak maju," ujarnya.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Paus Fransiskus Setujui Pemberkatan Pasangan Sesama Jenis Kelamin

Berita Terkait