Seminggu lagi menjelang datangnya musim dingin di Australia, cuaca di Melbourne semakin terasa dinginnya.

Sejumlah peristiwa besar yang telah terjadi dalam 24 jam terakhir telah kami rangkum supaya Anda bisa dengan mudah mengikuti perkembangan dunia.

BACA JUGA: Australia Peringati Hari Maaf Nasional setiap 26 Mei, Begini Sejarah Kelam yang Menginspirasinya

Inilah Dunia Hari Ini, edisi Kamis, 25 Mei, yang kita awali dari Australia.Sebuah gedung di Sydney terbakar dan roboh

Ribuan warga Sydney menyaksikan kobaran api yang membakar sebuah bangunan di pusat kota, Kamis sore. Sebagian dari bangunan roboh dalam keadaan terlahap api.

BACA JUGA: Suami-Istri Keturunan Asia Diduga Melakukan Perbudakan Modern di Australia

Ini sebagian kata warga yang melihatnya.

"Hal yang paling menakutkan adalah melihat bangunan itu runtuh. Sangat menakutkan," kata Grey.

BACA JUGA: Polisi Ungkap Wanita yang Bersama Wabup Rohil di Kamar Hotel, Ternyata

"Asap mengepul besar ... ada suara keras dan tanah berguncang," ujar Grace.

"Kepulan asap besar muncul dan seluruh dinding itu runtuh begitu saja," kata saksi Grace Turner.

"Bisa merasakan hawa panas dari api di wajah ... saya melihat beberapa orang berlarian dan menangis," ucap Korin Ellis.

Lebih dari 100 petugas penyelamat, termasuk polisi dan ambulans, serta 30 truk pemadam kebakaran dikirim ke lokasi yang dulunya sebuah pabrik topi.

Bangunan yang masuk ke dalam daftar dilindungi tersebut sedang dalam pembangunan untuk diubah jadi hotel, yang izinnya sudah diajukan ke City of Sydney oleh pengembang Hanave Pty Ltd pada 2019.Lansia meninggal akibat aksi polisi

Kepolisian di negara bagian New South Wales (NSW) mengonfirmasi Clare Nowland, 95 tahun, meninggal "dengan tenang" di rumah sakit tadi malam, dikelilingi oleh keluarga dan kerabatnya.

Clare, yang hidup dengan demensia, dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis setelah jatuh dan tulang tengkoraknya retak.

Pada 17 Mei, ia sempat bentrok dengan petugas di Yallambee Lodge, sebuah rumah perawatan lanjut usia. 

Saat polisi dipanggil ke lokasi, Clare dilaporkan memegang pisau, sebelum polisi mengerahkan 'taser'. Polisi bernama Kristian White, 33 tahun, dituntut atas tindakannya. Ia sudah diskors dari tugasnya dan akan hadir di pengadilan Juli mendatang.Selamat jalan, Ratu Rock 'n' Roll!

Tina Turner, salah satu penyanyi berprestasi sepanjang masa meninggal dunia di usia 83 tahun.

Ia memenangkan 6 piala Grammy di tahun 1980-an, dan konsernya di Rio de Janeiro ditonton 180.000 orang, menjadikan itu konser dengan penonton terbanyak untuk artis tunggal. 

Majalah Rolling Stone menempatkan Tina Turner di urutan ke 63 di daftar 100 artis top sepanjang masa.

Ia meninggal setelah lama sakit di rumahnya di Küsnacht dekat kota Zurich, Swiss, kata juru bicaranya, Bernard Doherty dalam sebuah pernyataan.

"Dunia kehilangan legenda musik dan panutan," ujar Bernard.Desantis bersaing dengan Trump dari Partai Republik

Gubernur Florida Ron DeSantis secara resmi masuk bursa kandidat presiden dalam pilpres Amerika Serikat tahun depan. 

Ia melangkah menuju kontes Partai Republik, yang akan menguji sosoknya sebagai konservatif yang blak-blakan, selain juga menilai apakah Republik benar-benar ingin beralih dari Donald Trump, yang juga mencalonkan diri.

DeSantis mengungkapkan keputusannya mencalonkan diri sebelum percakapan dengan CEO Twitter Elon Musk, hari ini.Jam milik kaisar Tiongkok terjual mahal

Jam tangan yang pernah dimiliki oleh kaisar terakhir Tiongkok terjual dengan rekor HK$49 juta dalam lelang yang digelar di Hong Kong.

Jam merk Patek Philippe yang langka, milik kaisar Dinasti Qing Aisin-Gioro Puyi, dibeli melalui telepon oleh seorang kolektor Asia yang berbasis di Hong Kong, menurut juru lelang Phillips Asia.

Rumah lelang mengatakan harga yang terjual ini menjadi yang tertinggi untuk jam tangan yang pernah dimiliki oleh seorang kaisar.

Thomas Perazzi mengatakan spesialis jam tangan, sejarawan, jurnalis, dan ilmuwan menghabiskan waktu tiga tahun untuk meneliti sejarah jam tangan dan memverifikasi asalnya.Tiga suar milik Tiongkok di Laut Tiongkok Selatan

Tiongkok mengerahkan tiga pelampung suar navigasi di sekitar Kepulauan Spratly yang diperebutkan di Laut Tiongkok Selatan.

Kementerian Transportasi Tiongkok mengatakan pusat keamanan maritim Laut Tiongkok Selatan menempatkan tiga suar di dekat Irving Reef, Whitsun Reef, dan Gaven Reef di Kepulauan Spratly.

Penempatan suar dimaksudkan untuk "memastikan keselamatan navigasi dan operasi kapal", katanya.

Sebelumnya pada bulan Mei, Filipina juga menempatkan pelampung suar navigasi di zona ekonomi eksklusifnya, termasuk di Whitsun Reef, tempat ratusan kapal Tiongkok ditambatkan pada tahun 2021.

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Bupati Tak Percaya Wabup Rohil Bersama Wanita Digerebek Polisi di Hotel

Berita Terkait