Kura-kura jalannya lambat tapi selamat, hati gembira karena ini hari Jumat!

Hari kerja terakhir bagi banyak orang, sebelum menikmati akhir pekan mulai besok.

BACA JUGA: Hasil Survei: Politik Luar Negeri China Dicap Negatif, tetapi Duitnya Bawa Manfaat

Untuk memudahkan Anda mengikuti perkembangan dunia dalam 24 jam terakhir, kami sudah merangkum laporan dari berbagai belahan dunia.

Inilah Dunia Hari Ini, edisi 28 Juli 2023. 

BACA JUGA: ISIS Coba Musnahkan Warga Yazidi, Para Perempuan ini Bertahan Hidup dalam Kekhalifahan

Presiden Joko Widodo tiba di Tiongkok

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Tianfu di kota Chengdu, Tiongkok, kemarin.

Kunjungan Presiden Jokowi bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok, seperti yang dijelaskan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

BACA JUGA: Militer Niger Umumkan Kudeta, Menggulingkan Presiden Bazoum dari Kekuasaan

Ada sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Xin Jiping, serta sejumlah investor di Tiongkok, diantaranya:Penguatan kerja sama ekonomi, apalagi disebutkan Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai lebih dari US$133 miliarMenandatangani nota kesepahaman di bidang kesehatan, termasuk untuk teknologi produksi vaksinPembahasan sektor investasi yang berpotensi, seperti energi hijau, fiberglass, kesehatan, dan petrokimiaPembahasan terkait keamanan dan perdamaian kawasan Indo-Pasifik, khususnya soal Laut Tiongkok SelatanDua menteri terkuat Amerika Serikat tiba di Australia

Dua menteri Australia, yakni Menteri Pertahanan Richard Marles dan Menteri Luar Negeri Penny Wong akan menjadi tuan rumah bagi pertemuan dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken.

Mereka berempat akan menghadiri diskusi, sebelum datang ke acara Konsultasi Menteri Australia-Amerika Serikat (AUSMIN), Sabtu besok.

Pembicaraan AUSMIN akan menjadi yang pertama diadakan oleh Australia sejak 2019.

AUKUS tidak akan menjadi agenda utama dalam pembicaraaa karena pejabat Inggris tidak akan hadir, yang akan dibahas adalah ambisi Tiongkok di Asia Tenggara dan Pasifik.Pengadilan tolak klaim Pangeran Harry

Proses hukum yang diajukan Pangeran Harry terhadap tabloid Inggris ditolak Pengadilan Tinggi di London, kemarin.

Pengadilan mengatakan tidak ada kesepakatan rahasia antara Istana Buckingham dan kelompok surat kabar Rupert Murdoch atas klaim peretasan telepon.

Tapi, Harry dapat menggugat beberapa kasus lainnya terhadap News Group Newspapers (NGN) ke pengadilan, atas dugaan pelanggaran privasi oleh tabloid The Sun dan News of the World dari pertengahan 1990-an hingga 2016.

News Group Newspapers mengatakan keputusan hari Kamis kemarin adalah sebuah "kemenangan yang signifikan".

Emmy Awards akan ditundaPenghargaan Emmy 2023 akan ditunda

Acara penghargaan Emmy Awards diputuskan untuk ditunda karena pemogokan pekerja Hollywood yang sedang berlangsung

Terakhir kali Emmy Awards ditunda adalah pada tahun 2001 setelah serangan 11 September.

Nominasi untuk acara 2023 sebenarnya sudah diumumkan dua minggu lalu, tapi kemudian ada pemogokan  yang dilakukan oleh oleh Screen Actors Guild — American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA).

Serikat pekerja sudah mogok sejak awal Juli lalu, karena pembicaraan dengan sejumlah studio soal tuntutan mereka berhenti sehingga sejumlah produksi film dan acara TV terganggu.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ada Usulan Agar Australia Mengeluarkan Visa Baru Bagi Jagoan Sains dan Teknologi

Berita Terkait