Anda membaca Dunia Hari Ini yang merangkum sejumlah laporan utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

Kita awali dengan perkembangan terkini dari serangan Israel ke Gaza.

BACA JUGA: Menhan Prabowo Memberangkatkan Kapal Rumah Sakit TNI AL yang Membawa Bantuan untuk Palestina

Lebih 25 ribu orang Palestina terbunuh

Meski Amerika Serikat menyerukan agar Israel menurunkan intensitas serangan, dan militer Israel mengaku sudah menarik sebagian pasukannya dari Gaza, jumlah warga Palestina yang tewas terus meningkat.

Jumlah warga Palestina yang tewas akibat serangan Gaza sudah mencapai 25.105 orang sejak serangan 7 Oktober 2023, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

BACA JUGA: Pengkhianat Drone

Di bulan Januari ini saja sudah ada 3.000 orang yang terbunuh, artinya secara rata-rata Israel membunuh lebih dari 148 warga Palestina setiap harinya.

Pemerintah Israel juga menghadapi tekanan yang meningkat dari warganya yang frustrasi dengan cara PM Netanyahu menangani perang tersebut.

BACA JUGA: Kapal Rumah Sakit TNI AL Membawa Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia untuk Rakyat Palestina

Kuil Hindu yang kontroversi dibuka

Sebuah kuil megah untuk dewa Hindu Lord Ram dibuka hari ini, di sebuah lokasi di Ayodhya yang diyakini sebagai tempat kelahirannya.

Kuil ini jadi janji utama Partai Bharatiya Janata (BJP) beraliran nasionalis Hindu yang mengusung Perdana Menteri Narendra Modi selama 35 tahun, yang juga menjadi isu politik kontroversial karena membuat BJP berkuasa.

Mayoritas umat Hindu di India mengatakan lokasi tersebut adalah tempat kelahiran Dewa Ram, dan merupakan tempat suci bagi mereka, sementara umat Muslim mengatakan masjid Babri sudah berdiri di zaman kekaisaran Mughal di lokasi tersebut pada tahun 1528.

Pada tahun 2019, Mahkamah Agung menyerahkan tanah tersebut kepada umat Hindu dan memerintahkan pembagian sebidang tanah terpisah kepada umat Islam.Mesir akan bantu Somalia

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi mengatakan negaranya akan selalu bersama Somalia dan mengecam perjanjian Ethiopia dengan Somaliand untuk mendapatkan akses ke laut dan membangun pangkalan angkatan laut.

"Mesir tidak akan membiarkan siapa pun mengancam Somalia atau memengaruhi keamanannya," kata Presiden el-Sisi saat bersama dengan Presiden Somalia Hassan Sheikh Mohamud dalam konferensi pers.

"Jangan mengadili Mesir, atau mencoba mengancam saudara-saudaranya terutama jika mereka memintanya untuk campur tangan," katanya.

Somaliland, wilayah yang berlokasi strategis di Teluk Aden, memisahkan diri dari Somalia pada tahun 1991 ketika negara tersebut dilanda konflik sipil. Wilayah ini mempertahankan pemerintahannya sendiri meski kurang mendapat pengakuan internasional.Dugaan rencana penyelundupan narkoba ke Papua Nugini

Seorang perempuan Tiongkok yang ditangkap atas dugaan berencana menyelundupkan narkoba senilai $15 juta telah dikaitkan dengan bisnis yang dilaporkan menerima pembayaran dari program pengungsi yang didanai pemerintah Australia di Papua Nugini.

Penangkapan Mei Lin di Brisbane pekan lalu menimbulkan kekhawatiran di kalangan pemerintahan Papua Nugini, karena hubungannya dengan kepentingan bisnis yang terkait tokoh politik, termasuk mantan wakil perdana menteri Moses Maladina.

Pengajuan bebas bersyarat untuk Mei, 41 tahun, ditolak setelah diduga terlibat menyelundupkan 71,5 kilogram metamfetamin ke Australia pada Maret tahun lalu.

Lebih dari belasan orang ditangkap sehubungan dengan komplotan yang diduga menyelundupkan sabu ke dalam muatan pesawat ringan di Papua Nugini yang diterbangkan ke negara bagian Queensland, Australia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... HNW Minta Menlu Retno Perkuat Usaha Agar Kejahatan Israel Bisa Dikenakan Sanksi

Berita Terkait