Kita sudah mencapai akhir pekan, sekaligus jadi hari terakhir di bulan Mei.Enggak sempat mengkuti berita-berita hari ini? Jangan khawatir karena sudah merangkumnya untuk Anda dalam Dunia Hari Ini.

Edisi Jumat, 31 Mei 2024, kita awali dari Amerika Serikat.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Israel Akan Melakukan Serangan di Gaza Hingga Akhir Tahun 2024

Donald Trump divonis bersalah

Donald Trump dinyatakan bersalah memalsukan catatan bisnis, sebuah kejahatan yang bisa mengantarkannya ke penjara selama empat tahun.

Mantan presiden AS tersebut mengaku tidak bersalah atas 34 dakwaan kejahatan berupa pemalsuan catatan bisnis tingkat pertama, untuk menyembunyikan pembayaran yang dilakukan kepada bintang porno Stormy Daniels selama kampanye pemilu tahun 2016.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Paus Meminta Maaf Atas Istilah Homofobia Vulgar yang Digunakannya

Sidang ini sudah berlangsung selama enam minggu, dan di sidang terakhir, juri di New York mengumumkan keputusan mereka setelah tak sampai dua hari berunding.

Trump akan dijatuhi hukuman pada 11 Juli tapi kemungkinan akan mengajukan banding.

BACA JUGA: Juri Hamil

Vonisnya nanti tidak akan berdampak dengan pencalonannya sebagai presiden, karena berdasarkan undang-undang AS, narapidana tidak dapat memilih di sebagian besar negara bagian, namun dapat dipilih sebagai presiden.MA perintahkan KPU cabut batas usia calon kepala daerah

Mahkamah Agung mengabulkan permohonan hak uji materi yang dimohonkan oleh Ketua Umum Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda) Ahmad Ridha Sabana.

Atas putusan ini, MA memerintahkan KPU RI untuk mencabut Pasal 4 Ayat (1) huruf d PKPU Nomor 9 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur, Bupati , dan/atau Walikota.

Artinya, seseorang dapat mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur jika berusia minimal 30 tahun ketika dilantik, bukan ketika ditetapkan sebagai pasangan calon.

Sebelumnya, Ketua DPP PSI William Aditya Sarana mengatakan, partainya membuka peluang untuk mengusung ketua umumnya, yang adalah putra Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pilkada 2024 "kalau administratifnya bisa terpenuhi."

Kaesang baru berusia 29 tahun. Adik dari wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka itu baru genap berusia 30 tahun pada 25 Desember 2024.Astronot Tiongkok catat rekor baru

Mereka menghabiskan delapan setengah jam berada di luar stasiun luar angkasa Tiangong, sebuah rekor baru untuk astronot Tiongkok.

Kantor Informasi Dewan Negara untuk Republik Rakyat Tiongkok mengatakan anggota awak pesawat ruang angkasa Shenzhou-18 menyelesaikan banyak tugas dalam perjalanan tersebut, termasuk pemasangan perangkat perlindungan puing-puing ruang angkasa.

Astronot Ye Guangfu, Li Cong dan Li Guangsu dibantu oleh robot stasiun luar angkasa dan tim di Bumi.

Ye dan Li Guangsu dengan selamat kembali ke lab mereka di stasiun luar angkasa setelah berjalan, sementara astronot ketiga, Li Cong, memantau aktivitas mereka.

Namun menurut NASA, rekor ini belum menyamai perjalanan luar angkasa terlama selama delapan jam 56 menit yang diselesaikan oleh astronot Amerika Serikat, yakni James Voss dan Susan Helms pada Maret 2001.Maskapai AS digugat karena tuduhan rasisme

Tiga pria kulit hitam di Amerika Serikat menggugat American Airlines, karena sudah diperlakukan diskriminatif, dengan tuduhan mereka dikeluarkan dari penerbangan setelah ada keluhan soal "bau badan."

Dokumen pengaduan menyatakan pada tanggal 5 Januari tahun ini, tiga penggugat, bersama lima penumpang kulit hitam lainnya didekati oleh perwakilan maskapai dan satu per satu, diperintahkan turun dari pesawat menuju Phoenix.

"American Airlines memilih kami karena kami berkulit hitam, mempermalukan kami, dan merendahkan kami," kata ketiga pria tersebut dalam sebuah pernyataan.

"Jelas ini adalah diskriminasi."

Dalam sebuah pernyataan, American Airlines mengatakan sedang menyelidiki insiden itu dengan "sangat serius" dan ingin pelanggannya untuk "mendapatkan pengalaman positif", ketika terbang bersama mereka.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Uang Kuliah Tunggal Universitas Batal Dinaikkan

Berita Terkait