Selamat hari Kamis! Semoga kita semua sehat dan masih semangat karena akhir pekan sudah memanggil-manggil di depan mata.

Untuk melengkapi hari Anda, kami telah merangkumkan sejumlah informasi pilihan dari berbagai negara yang terjadi dalam 24 jam terakhir.

BACA JUGA: Tetap Dukung Israel, Ternyata Amerika Serikat Memang Mendukung Aksi-Aksi Pelanggaran HAM

Dunia Hari Ini edisi 30 Mei 2024 akan kita mulai dari perkembangan terbaru serangan Israel di Gaza.Israel akan serang Gaza hingga akhir tahun

Penasihat Keamanan Nasional Israel, Tzachi Hanegbi, mengatakan perang di Gaza akan terus berlanjut sepanjang tahun 2024.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Paus Meminta Maaf Atas Istilah Homofobia Vulgar yang Digunakannya

Dalam wawancara dengan Kan, lembaga penyiaran publik di Israel, Tzachi mengatakan "kita memperkirakan pertempuran akan berlangsung selama tujuh bulan lagi" untuk menghancurkan kemampuan militer Hamas dan kelompok jihad lainnya.

Sejak hari Selasa, tank milik Israel memasuki jantung kota Rafah, meski ada perintah dari Mahkamah Intrnasional untuk mengakhiri serangan karena banyak warga Palestina yang mengungsi dan berlindung di sana

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Uang Kuliah Tunggal Universitas Batal Dinaikkan

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan tidak ada indikasi jika perbatasan Rafah akan dibuka untuk bantuan kemanusiaan.

Israel mengatakan militernya menguasai tiga perempat zona penyangga di perbatasan Mesir, karena mereka ingin mengendalikan seluruh kawasan agar Hamas tidak menyelundupkan senjata.Tewas karena jatuh ke mesin pesawat jet

Seseorang tewas setelah terjatuh ke dalam mesin pesawat yang sedang menyala di bandara Schiphol Amsterdam.

Polisi militer Belanda sedang menyelidiki insiden tersebut, yang terjadi pada mesin pesawat jet Embraer milik maskapi KLM dan hendak lepas landas menuju Denmark.

Investigasi mengenai kejadian tersebut sedang berlangsung, karena juru bicara polisi militer mengatakan tidak diketahui apakah insiden tersebut murni kecelakaan atau bunuh diri.

Semua penumpang dan awak di dalam pesawat sudah dipindahkan dengan selamat.Enam orang ditangkap di Hong Kong

Polisi keamanan nasional Hong Kong menangkap enam orang berdasarkan undang-undang baru dengan dugaan berniat menghasut. Termasuk yang ditangkap adalah Chow Hang-tung, seorang pengacara pro-demokrasi.

Menteri Keamanan Chris Tang mengatakan keenam orang tersebut diduga menggunakan halaman Facebook untuk "mendukung kebencian" terhadap pemerintah di Hong Kong dan Tiongkok.

Undang-undang baru ini dianggap sebagai sikap memihak Tiongkok dan sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat, mengecamnya karena bisa merusak kredibikitas Hong Kong sebagai pusat perdagangan internasional.

Sementara pemerintah Hong Kong dan Tiongkok mengatakan undang-undang keamanan nasional tersebut sudah memulihkan stabilitas Hong Kong sejak 2019, setelah unjuk rasa pro-demokrasi selama yang terkadang disertai kekerasan.Larangan TikTok di Kaledonia Baru dicabut

Pihak berwenang Prancis mencabut larangan TikTok di Kaledonia Baru, yang mereka duga memicu kerusuhan yang baru-baru ini terjadi di sana.

Pencabutan larangan dilakukan setelah keadaan darurat di Kaledonia Baru berakhir, menurut pernyataan dari komisaris tinggi, yang juga perwakilan utama Prancis di kawasan kepulauan tersebut.

Mereka yakin TikTok digunakan oleh mereka yang menentang pemerintahan Prancis, agar mereka bisa berkomunikasi dan merancang protes yang disertai kekerasan.

Ada juga kecurigaan jika negara-negara asing, termasuk Tiongkok dan Azerbaijan, mungkin menggunakan TikTok untuk mencampuri urusan Kaledonia Baru.Warga Afrika Selatan mencoblos

Pemilihan umum di Afrika Selatan sudah ditutup, yang dipandang sebagai pemilu paling penting di negara itu sejak apartheid berakhir 30 tahun lalu.

Yang dipertaruhkan dalam pemilu tahun ini adalah partai Kongres Nasional Afrika (ANC) yang sudah mendominasi selama tiga dekade dan membawa Afrika Selatan menuju demokasi setelah 

Partai ini juga memimpin Afrika Selatan keluar dari kekuasaan apartheid brutal yang dilakukan minoritas kulit putih, hingga mereka bisa menuju demokrasi pada tahun 1994.

Setelah memberikan suaranya, Presiden Cyril Ramaphosa mengatakan kalau ia yakin ANC yang dipimpinnya akan menang lagi dengan "mayoritas yang kuat".

Namun, pemimpin oposisi utama, John Steenhuisen, mengatakan "untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, kini ada jalan menuju kemenangan bagi pihak oposisi".

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabinet Israel Dikabarkan Setuju Menghentikan Operasi Militer di Rafah

Berita Terkait