Anda sedang membaca laporan Dunia Hari Ini.

Pada edisi Selasa, 6 Februari 2024 kami telah merangkum kejadian dunia selama 24 jam terakhir dimulai dari Indonesia.

BACA JUGA: Kaesang Hargai Sanksi DKPP untuk Ketua KPU RI

Pencalonan Gibran langgar kode etik

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari dan enam anggota lainnya telah divonis melanggar kode etik dengan menerima pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden Pemilu 2024.

"Berdasarkan pertimbangan dan kesimpulan disebut di atas, memutuskan, satu, mengabulkan pengaduan para penganut untuk sebagian," kata Ketua DKPP Heddy Lugito.

BACA JUGA: Sanksi DKPP untuk Ketua KPU Tak Pengaruhi Status Cawapres Gibran

Meski diputuskan bersalah, tidak ada implikasi apa pun terhadap pencalonan Gibran dalam Pilpres 2024.

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo bereaksi dengan menyentil proses pencalonan Gibran.

BACA JUGA: Jokowi Makin Rajin Bagi Bansos, Eva Sundari Pertanyakan Rujukan Data dari Kemensos

"Lihatlah kalau MK-nya juga kena problem etika, terus kemudian KPU-nya kena etika, apa yang kemudian bisa kita banggakan pada rakyat dari proses demokrasi ini?" kata Ganjar.

Sementara Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar menanggapi hal tersebut mendesak vonis tersebut ditindaklanjuti.

"Nah, keputusan DKPP ini harus ditindaklanjuti, apakah pemilu ini bisa diteruskan atau tidak," ucap Muhaimin.Raja Charles didiagnosis kanker

Raja Charles III didiagnosis menderita kanker, ungkap Istana Buckingham.

Bulan lalu ia dirawat di rumah sakit karena kondisi prostatnya, tetapi pihak istana juga mengatakan ada masalah terpisah yang menjadi perhatian selama ia dirawat.

"Yang Mulia hari ini memulai jadwal perawatan rutin, dan selama itu beliau telah disarankan oleh dokter untuk menunda tugas-tugas publik," bunyi pernyataan dari istana.

"Sepanjang periode ini, Yang Mulia akan terus menjalankan urusan negara dan urusan resmi seperti biasa."Bos Samsung dibebaskan dari tuduhan kejahatan keuangan

Pengadilan Korea Selatan telah membebaskan pimpinan Samsung Electronics, Lee Jae-yong, dari kejahatan keuangan yang melibatkan merger kontroversial antara afiliasi Samsung pada tahun 2015.

Keputusan Pengadilan Distrik Pusat Seoul dapat menghapus masalah hukum yang menjeratnya hampir dua tahun yang lalu, setelah ia diampuni atas kasus terpisah terkait suap dalam korupsi.

Pengadilan mengatakan penuntut gagal membuktikan bahwa merger antara Samsung C&T dan Cheil Industries dilakukan dengan tidak sah untuk memperkuat kendali Lee atas Samsung Electronics.

Keputusan tersebut dikritik oleh para aktivis, politisi progresif dan pengamat, yang mempertanyakan bagaimana Lee bisa tidak bersalah atas semua tuduhan ketika ia sebelumnya telah dihukum dalam kasus terpisah.Sebanyak 10 polisi Pakistan tewas

Sedikitnya 10 personel polisi tewas dan enam lainnya terluka dalam serangan menjelang fajar oleh militan di sebuah kantor polisi di barat laut Pakistan di tengah meningkatnya kekerasan menjelang pemilu jendral minggu ini.

Petugas polisi di wilayah Draban Pakistan di provinsi Khyber-Pakhtunkhwa menyerang kantor polisi dengan tembakan penembak jitu dan memasuki gedung tersebut.

"Setelah memasuki gedung, para teroris menggunakan granat tangan yang membunuh lebih banyak korban dari kepolisian," kata Malik Anees ul Hassan, wakil inspektur polisi di Draban.

Belum jelas siapa dalang di balik serangan tersebut dan apabila serangan tersebut terkait dengan pemilu.

Rabu lalu seorang calon anggota dewan nasional ditembak mati di tempat lain, sementara  hari yang sama, pemimpin politik lainnya ditembak mati di kantor pemilu partainya di provinsi Balochistan.Penyanyi AS ditangkap usai memenangkan Grammy

Rapper Killer Mike dijemput dari Grammy Awards Minggu malam dalam keadaan tangan terborgol setelah memborong tiga penghargaan terbesar industri musik untuk musik rap.

Polisi Los Angeles tidak memberikan pernyataan mengenai masalah ini dan dua wartawan yang bertugas mengatakan mereka tidak memiliki informasi.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan polisi mengawal Pembunuh Mike, tangannya diborgol ke belakang di Crypto.com Arena di Los Angeles.

The Hollywood Reporter melaporkan Killer Mike ditahan atas tuduhan pelanggaran ringan yang tidak terkait dengan Grammy Awards.

Sebelumnya pada hari itu, Killer Mike dan kolaboratornya memenangkan Grammy untuk lagu rap terbaik dan penampilan rap terbaik untuk "Scientists & Engineers," dan album rap terbaik untuk "Michael."

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua KPU Dapat Sanksi DKPP, Prabowo-Gibran Seharusnya Didiskualifikasi

Berita Terkait