Selamat membaca kembali laporan Dunia Hari Ini!

Kami menyajikan berita utama dari beberapa belahan dunia dalam edisi Rabu, 4 September 2024.

BACA JUGA: Pengumuman untuk Umat Katolik: Panitia Tidak Menjual Tiket Masuk Misa Akbar Bersama Paus Fransiskus

Laporan utama kami hadirkan dari Indonesia.Seruan Paus Fransiskus di Indonesia

Dalam resepsi kenegaraaan di Istana Kepresidenan, Sri Paus menekankan persaudaraan, keadilan sosial, dan toleransi, dengan mengutip Bhinneka Tunggal Ika dan Pembukaan UUD 1945.

BACA JUGA: Bali Ingin Punya Kereta di Tahun 2027, Akankah Mengurangi Kemacetan?

"Dua kali dalam pembukaan UUD Anda merujuk pada Allah Yang Mahakuasa dan perlunya berkat Allah turun atas negara Indonesia yang baru lahir ... kalimat pembukaan UUD Anda juga dua kali merujuk pada keadilan sosial sebagai fondasi tatanan internasional yang diinginkan."

"Sayangnya, sebagaimana di belahan dunia lain, saat ini kita melihat kecenderungan-kecenderungan tertentu yang menghalangi persaudaraan universal."

BACA JUGA: Di Istana Negara, Paus Fransiskus Bicara soal Penguasa yang Memaksakan Visi

"Kerukunan di dalam perbedaan tercapai ketika perspektif-perspektif tertentu mempertimbangkan kebutuhan-kebutuhan bersama dari semua orang, dan ketika setiap kelompok suku dan denominasi keagamaan bertindak dalam semangat persaudaraan ... solidaritas adalah unsur hakiki dan semua orang memberikan sumbangsihnya," tutur Paus Fransiskus.

"Cita-cita yang mempererat persatuan harus dibela terus-menerus dari berbagai ketimpangan, dan ini adalah karya keterampilan yang dipercayakan kepada semua orang, tetapi secara khusus kepada mereka yang terlibat dalam kehidupan politik, yang harus memperjuangkan kerukunan, persamaan, rasa hormat atas hak-hak dasar manusia."Jumlah pengidap AIDS menurun di Australia

Jumlah pengidap AIDS di Australia terus menurun hingga beberapa negara bagian Australia dinyatakan sudah mendekati "akhir AIDS."

Data terbaru Kirby Institute, University of New South Wales menunjukkan diagnosis HIV telah berkurang sepertiga selama sepuluh tahun terakhir meskipun ada peningkatan pada tahun 2023.

Tahun lalu dilaporkan terdapat 722 diagnosis HIV baru, naik dari 553 kasus pada tahun sebelumnya.

Tetapi para ahli mengatakan jumlah ini tetap merupakan jumlah kasus tahunan yang lebih rendah dibandingkan dengan jumlah sebelum pandemi.

Profesor Andrew Grulich, kepala Program Epidemiologi dan Pencegahan HIV di Kirby Institute, mengatakan ia yakin kini virus tersebut dapat dibasmi secara virtual.Bom bunuh diri di Kabul, ISIS mengaku bertanggung jawab

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas bom bunuh diri di ibu kota Afghanistan, Kabul, yang menewaskan sedikitnya enam orang awal pekan ini.

Organisasi itu melakukannya sebagai respons diaktifkannya kembali fasilitas penahanan di pangkalan Bagram yang dijaga ketat oleh otoritas Taliban.

Bagram, landasan udara bersejarah yang dibangun Soviet, merupakan pangkalan utama bagi pasukan Amerika di Afghanistan setelah serangan 11 September tahun 2001.

Penarikan pasukan mereka pada tahun 2021 yang menyebabkan kembalinya kekuasaan gerakan Taliban Islam.

"Serangan ini merupakan pembalasan bagi tahanan Muslim di penjara Taliban, terutama setelah mereka dipindahkan ke penjara 'Bagram' yang terkenal kejam,"kata ISIS dalam sebuah posting di saluran Telegramnya.Kapal terbalik di Selat Inggris

Setidaknya 12 orang tewas setelah kapal yang mengangkut migran terbalik di Selat Inggris dalam perjalanan menuju Inggris.

Ini disampaikan oleh menteri dalam negeri Prancis Gérald Darmanin dalam unggahannya di X, seraya menambahkan bahwa dua orang lainnya masih hilang.

Puluhan orang tercebur ke perairan berbahaya di selat sepanjang 33 kilometer yang sibuk itu, yang memisahkan Inggris dari Prancis, ketika kapal itu mulai tenggelam.

"Sayangnya, dasar kapal robek," kata Olivier Barbarin, wali kota Le Portel di dekat pelabuhan nelayan Boulogne-sur-Mer.

Seorang pejabat penyelamat maritim mengonfirmasi bahwa setidaknya 13 migran tewas.Serangan di Ukraina menewaskan 50 orang

Setidaknya 50 orang tewas dan 271 lainnya luka-luka ketika Rusia menyerang sebuah instansi militer di kota Poltava, Ukraina, dengan dua rudal balistik kemarin.

Foto yang tersebar di media sosial menunjukkan beberapa mayat pemuda tergeletak di tanah yang tertutup debu dan puing-puing, dengan sisi bangunan besar yang rusak parah di belakang mereka.

"Rusia harus bertanggung jawab atas serangan ini," kata Presiden Volodymyr Zelenskyy di aplikasi Telegram.

Ia memerintahkan penyelidikan segera, dengan mengatakan serangan tersebut merusak sebuah gedung Institut Komunikasi Militer.

Dalam pidato video malam harinya, Zelenskyy menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 51 orang.Amerika mendakwa pidana pemimpin Hamas

Amerika Serikat mengumumkan dakwaan pidana para pemimpin tinggi Hamas atas peran mereka dalam merencanakan, mendukung, dan melancarkan serangan mematikan pada tanggal 7 Oktober di Israel selatan.

Dakwaan ini ditujukan pada Yahya Sinwar, kepala kelompok militan tersebut, dan sedikitnya lima orang lainnya.

Mereka dituduh sebagai otak di balik serangan pada tanggal 7 Oktober, yang menewaskan 1.200 orang, termasuk lebih dari 40 warga Amerika.

Serangan tersebut memicu serangan Israel di Gaza yang telah menewaskan lebih dari 40.800 warga Palestina dan menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut.

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Soal Azan Magrib Lewat Running Text TV, PBNU Dukung Kemenkominfo

Berita Terkait