Tidak terasa sudah hari Rabu lagi! 

Kami telah merangkum sejumlah laporan utama dari berbagai negara untuk Dunia Hari Ini, edisi 5 Oktober 2022. 

BACA JUGA: Tragedi Kanjuruhan, Fadli Zon Sentil Polisi soal Penggunaan Gas Air Mata

KIta awali dengan perkembangan situasi dari tragedi mematikan pertandingan Arema FC dan Persebaya Surabaya, akhir pekan kemarin,Polisi: pintu stadium 'sempit sekali'

Dalam penyelidikan yang terhadap 14 pintu yang ada di Stadion Kanjuruhan, polisi fokus pada enam pintu stadion, di mana korban paling banyak tewas.

BACA JUGA: Pintu 13 Stadion Kanjuruhan Sudah Seperti Kuburan Aremania, Eko Menangis

"[Pintu] tidak ditutup, tapi sempit sekali, kapasitas 2 orang tapi keluar ratusan, himpit-himpitan ini didalami," kata Dedi Prasetyo, Humas Polri.

Sementara itu Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan keputusan sanksi terhadap Arema FC sebagai tuan rumah.

BACA JUGA: Data Terbaru Jumlah Korban Meninggal Tragedi Kanjuruhan

Arema dikenakan denda sebesar Rp250 juta dan tidak boleh menyelenggarakan pertandingan di Malang sampai Liga 1 tahun 2022/2023 berakhir. 

Dua pengurus klub tersebut Abdul Haris dan Seko Sutrisno dilarang beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup.AS dan Korea Selatan luncurkan rudal

Pihak militer Amerika Serikat dan Korea Selatan meluncurkan sejumlah rudal ke laut, sehari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik ke Jepang.

Ini adalah bagian dari latihan peluncuran rudal yang dilakukan kedua negara di garis pantai Korea Selatan, hari Rabu.

Menanggapi Korea Utara yang meluncurkan rudal, Presiden AS Joe Biden mengatakan hal tersebut telah membahayakan warga Jepang dan bisa membuat kawasan tersebut menjadi tidak stabil.

Sementara Uni Eropa menuduh Korea Utara telah bertindak ceroboh dan sengaja untuk melakukan provokasi.Pencurian data tamu di hotel Shangri-La

Hotel Shangri-La di Singapura mengatakan data dari delapan hotel milik jaringan mereka telah dicuri oleh peretas.

Data yang diretas termasuk hotel berbintang lima, tempat Menteri Pertahanan Australia Richard Marles bertemu dengan Menteri Pertahanan Tiongkok Wei Fenghe bulan Juni lalu.

Shangri-La mengatakan peretasan dilakukan selama bulan Mei dan Juni.

Termasuk data yang diretas adalah nama tamu, alamat email, nomor telepon, dan alamat rumah. Namun dikatakan pihak hotel jika data nomor paspor, nomor kartu kredit dan tanggal lahir masih aman.Komentator radio ditembak mati

Seorang wartawan Filipina Percival Mabasa yang juga komentator radio ditembak mati oleh pria bersenjata yang menggunakan sepeda motor di Manila, Filipina.

Ini adalah serangan terbaru terhadap awak media di Filipina, salah satu negara yang paling berbahaya bagi wartawan.

Polisi mengatakan Percival, 63 tahun, sedang berkendara di kawasan Las Pinas City, ketika dua pria mendekatinya dan menembak bagian kepalanya dua kali, Senin malam lalu..

Percival, yang menggunakan nama siaran Percy Lapid, sebelumnya dikenal sangat kritis terhadap kebijakan mantan presiden Rodrigo Duterte dan presiden Filipina saat ini, Ferdinand Marcos Jr.Siapa barista kopi terbaik di dunia?

Dan berita terakhir, pembuat kopi terbaik di dunia ternyata berada di Melbourne. Namanya adalah Anthony Douglas.

Ini paling tidak menurut keputusan juri dalam kejuaraan dunia barista yang juga diselenggarakan di Melbourne pekan lalu, dengan peserta dari penjuru dunia.

Anthony yang bekerja sebagai manajer pelatihan di bidang pembuatan kopi di Axil Coffee Roasters, sebelumnya sudah menjadi juara di negara bagian Victoria dan juara nasional Australia sebelum bisa tampil di kejuaraan dunia kopi.

Kejuaraan kopi dunia ini disebut sebagai "olimpiade tidak resmi di bidang perkopian".

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kesaksian Aremania tentang Pintu 13 Stadion Kanjuruhan, Tragis

Berita Terkait