Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, edisi Selasa, 6 Desember 2022.

Semoga kita semua sehat dan masih tetap semangat di awal pekan dan untuk melengkapi asupan informasi Anda, kami sudah menyiapkan rangkuman berita pilihan dari berbagai negara.

BACA JUGA: Tok! Rapat Paripurna DPR RI Sahkan RKUHP jadi Undang-Undang

Kita mulai dari tanah air.DPR sahkan RKUHP

Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang disahkan menjadi undang-undang dalam rapat Paripurna hari ini, sementara Koalisi masyarakat sipil turun ke jalan untuk menolaknya.

BACA JUGA: Iskan PKS vs Dasco di Pengesahan RKUHP, Ada Kata Nabi & Diktator

Selain karena merasa pemerintah dan DPR tidak melibatkan masyarakat sipil dalam perumusannya, Koalisi masyarakat sipil juga mencatat masih ada sejumlah pasal yang dianggap "bermasalah" dalam RKUHP. Longsor Kolombia, 33 orang tewas

Longsor akibat hujan lebat menghantam kendaraan yang melintasi desa Pueblo Rico dan Santa Cecilia di provinsi Risaralda, sekitar 230 kilometer barat laut ibu kota Bogota.

BACA JUGA: Tok! DPR Resmi Mengesahkan RKUHP

"Sebanyak 33 orang tewas, termasuk tiga anak di bawah umur, dan kami telah menyelamatkan sembilan orang. Empat dari mereka dalam kondisi kritis," kata Menteri Dalam Negeri Alfonso Prada kepada wartawan, Senin (05/12)

Kolombia mengalami musim hujan yang luar biasa lebatnya, diduga sebagai penyebab fenomena cuaca La Niña.

Akibatnya, lebih dari 216 orang telah meninggal dunia dunia dan 538.000 orang kehilangan tempat sepanjang tahun 2022, menurut statistik pemerintah.

Secara nasional tercatat 48 orang lainnya masih dinyatakan hilang menurut data tersebut.Ukraina dihantam gelombang baru serangan rudal Rusia

Rudal Rusia menghantam gedung-gedung di wilayah Zaporizhzhia, Ukraina selatan, menghancurkan beberapa rumah dan menewaskan sedikitnya dua orang, kata seorang pejabat senior Ukraina.

Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala kantor kepresidenan, mengatakan tiga orang terluka, termasuk seorang anak kecil.

Rincian tentang dampak dan tingkat kerusakan belum diketahui jelas.

Gubernur wilayah Kyiv mengatakan pertahanan udara terus bersiaga di wilayah tersebut, dan warga diminta untuk tetap tinggal di tempat perlindungan.Kematian meningokokus ketiga di NSW Australia

Orangtua di Australia diperingatkan untuk mewaspadai gejala penyakit meningokokus, setelah negara bagian News South Wales (NSW) dengan ibu kota Sydney mencatat kematian ketiga akibat infeksi tahun ini.

Seorang remaja menjadi orang ketiga yang meninggal karena penyakit ini, yang ditandai dengan nyeri parah yang tidak dapat dijelaskan, sakit kepala berat, dan ruam merah-ungu yang tidak hilang.

Jeremy McAnulty dari Dinas Kesehatan New South Wales memperingatkan penyakit ini bisa berakibat fatal dan sangat penting untuk mencari pengobatan dini:

"Sekitar satu dari 10 orang yang terkena penyakit meningokokus dapat meninggal dan sebagian lainnya dapat mengalami konsekuensi jangka panjang, sehingga pengobatan dini dengan antibiotik khusus dapat sangat efektif dalam mencegah hasil buruk tersebut."Korea Selatan dan Jepang tersingkir dari Piala Dunia

Neymar mencetak gol penalti saat Brasil mengalahkan Korea Selatan dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia FIFA di Qatar.

Neymar tidak pernah bermain di Qatar sejak pertandingan pembukaan Brasil melawan Serbia karena cedera kaki, namun ia kembali tampil memukau bersama Selecão yang memulangkan tim Korea Selatan dengan hasil 4-1.

Brasil akan menghadapi Kroasia di perempat final, setelah penjaga gawang Dominik Livakovic menjadi bintang lapangan dengan menyelamatkan tiga tendangan Jepang dalam adu penalti.

Hasil adu penalti ini menghentikan langkah Jepang dalam Piala Dunia, meski sebelumnya berhasil menahan imbang Koroasia 1-1 sampai perpanjangan waktu.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fraksi PKS Bersikukuh Menghilangkan Pasal Penghinaan Presiden, Minta Penegasan Larangan LGBT di RKUHP

Berita Terkait