Akhirnya hari Jumat, dan besok sudah akhir pekan lagi!

Supaya Anda bisa terus mengikuti perkembangan dunia, kami sudah merangkum sejumlah peristiwa yang terjadi di berbagai pelosok dunia dalam 24 jam terakhir.

BACA JUGA: Menggunakan Bahasa Rusia Menyebabkan Rasa Sakit Bagi Sejumlah Warga Ukraina

Inilah Dunia Hari Ini, edisi 19 Mei, yang kita awali dari Vatikan.Upaya menerobos gerbang Vatikan

Seorang pria yang mengendarai mobil berkecepatan tinggi menerobos gerbang keamanan di Vatikan, dan sempat mencapai halaman tengah Apostolic Palace sebelum akhirnya ditangkap.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Pangeran Harry dan Meghan Markle Dibuntuti Paparazzi

Dalam pernyataannya, Vatikan mengatakan pria itu diperkirakan berusia 40-an dan dalam "keadaan pikiran yang tidak stabil", dan tidak mendekati wisma tamu di sisi lain kota Vatikan, tempat tinggal Paus Fransiskus.

Pria itu pertama kali mencoba memasuki Vatikan di Gerbang St Ann, tetapi Garda Swiss tidak mengizinkannya, demikian isi pernyataan lainnya.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Presiden Amerika Serikat Batal ke Australia karena Urusan Utang

Seorang petugas polisi Vatikan melepaskan tembakan ke arah mobil tersebut, tetapi pria itu terus melaju sampai dia mencapai Halaman San Damaso, kemudian ditangkap dan diperiksa oleh dokter Vatikan.Pelaku kebakaran hostel ditangkap

Polisi Selandia Baru menangkap seorang pria dan akan mendakwanya dengan dua tuduhan pembakaran di sebuah hostel di kota Wellington, yang menewaskan sedikitnya enam orang.

Polisi mengatakan penyelidikan sedang berlangsung dan mereka bisa menetapkan tuntutan lebih kepada pria tersebut.

Tersangka, yang tidak disebutkan namanya oleh polisi, dijadwalkan akan menghadap Pengadilan Negeri Wellington, hari Jumat (19/05).

Inspektur Polisi Dion Bennett mengatakan pihaknya kemungkinan akan menemukan lebih banyak korban karena penyidikan di lokasi kebakaran masih dilakukan.Banjir besar di Italia

Banjir yang menewaskan sedikitnya 13 warga di wilayah Emilia-Romagna, Italia Utara diperkirakan telah merugikan miliaran Euro, menurut pejabat setempat.

"Kami menghadapi gempa bumi baru," kata Stefano Bonaccini, Presiden untuk kawasan Emilia-Romagna kepada wartawan kemarin, mengenang bencana seismik yang melanda wilayahnya pada tahun 2012 yang menghancurkan ribuan rumah.

Menurut asosiasi pertanian Coldiretti, lebih dari 5.000 pertanian terendam air di wilayah tersebut, padahal dikenal dengan sebutan "Lembah Buah", serta ladang jagung dan biji-bijian.Sudan digempur dari udara

Serangan udara menghantam sebagian ibu kota Sudan, Khartoum, dekat sebuah kamp militer di bagian selatan kota.

Pihak militer menggunakan kekuatan udara dan artileri untuk mencoba memukul mundur paramiliter 'Rapid Support Forces', atau RSF, dari daerah pemukiman Khartoum dan kota-kota sekitarnya.

'Doctor's Syndicate' menuduh RSF menyerang tiga ambulans dan menangkap pengemudi mereka, juga seorang dokter di Khartoum.

Sejumlah badan amal memperingatkan rumah sakit terus-terusan diserang, serta peralatan penyelamat jiwa dijarah kelompok bersenjata.Nadal absen dari turnamen Prancis Terbuka

Rafael Nadal akan melewatkan Prancis Terbuka karena belum pulih benar dari cedera pinggul yang dideritanya di Australia Terbuka Januari lalu.

"Saya akan siap 100 persen tahun depan, yang saya yakin akan menjadi tahun terakhir karir profesional saya," kata Nadal dalam konferensi pers di Mallorca, Spanyol.

"Evolusi cedera yang saya alami di Australia tidak berjalan seperti yang saya inginkan. Saya jadi kehilangan banyak tujuan, dan [bertanding di] Roland Garros menjadi tidaklah mungkin."

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sebuah Galeri Seni di Sydney Mengembalikan Artefak Berusia Ratusan Tahun ke Nepal

Berita Terkait