Raisa suka makan ikan, tidak terasa mau akhir pekan.

Kami sudah merangkum berita utama pilihan yang terjadi di sejumlah negara dalam 24 jam terakhir.

BACA JUGA: 1 Tahun Invasi Rusia ke Ukraina: Menguak Hipokrisi Amerika

Dunia Hari Ini, edisi Jumat 24 Februari, diawali dengan laporan dari Ukraina.Peringatan setahun perang Ukraina dan Rusia

Olena Zelenska, ibu negara Ukraina mengatakan negaranya memperingati satu tahun perlawanan yang berhasil, meski seperti "setahun dalam neraka".

BACA JUGA: Di Balik Pertemuan Jokowi dan Menlu Tiongkok: Seberapa Dekat Beijing dengan Jakarta?

"Satu tahun perang besar yang mengerikan untuk diperingati. Karena ini adalah tahun penyerangan, agresi, dan pembunuhan," katanya.

"Hari ini kita tidak memperingati satu tahun perang, tetapi kita merayakan satu tahun perlawanan terhadap agresi, satu tahun keberanian, satu tahun saling mendukung dan menyelamatkan satu sama lain, satu tahun kemanusiaan, dan satu tahun persahabatan," katanya dari tempat penampungan di Lithunia.

BACA JUGA: Ukraina Berharap Invasi Rusia Selesai dalam Hitungan Bulan

Putin bertekad tingkatkan kekuatan nuklir

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan meningkatkan kekuatan nuklirnya dengan mengerahkan rudal balistik antarbenua baru yang sudah lama tertunda, selain juga meluncurkan rudal hipersonik serta menambah kapal selam nuklir baru.

Setahun sejak invasi ke Ukraina, Presiden Putin sudah memberikan sinyal bahwa jika negara-negara Barat tidak mundur di Ukraina, ia akan siap mengabaikan pengendalian senjata nuklir, termasuk moratorium uji coba nuklir.

"Seperti sebelumnya, kami akan meningkatkan perhatian untuk memperkuat triad nuklir," kata Presiden Putin dalam pidatonya, merujuk pada rudal nuklir yang berbasis di darat, laut, dan udara.

Presiden Putin mengatakan rudal balistik antarbenua Sarmat yang berbasis silo akan dikerahkan tahun ini.Ancaman nyata polusi lalu lintas di Australia

Polusi lalu lintas kemungkinan besar menyebabkan lebih dari 11.000 kematian dini di Australia per tahun, demikian terungkap dalam sebuah permodelan yang dilakukan para peneliti iklim.

Penelitian oleh Melbourne Climate Futures menggunakan studi dari Selandia Baru yang sudah ditinjau soal partikel PM 2.5 dan tingkat nitrogen dioksida, untuk menilai risiko bagi Australia.

Menurut penelitian tersebut, kematian dini akibat polusi udara di Australia 10 kali lebih mungkin terjadi ketimbang kecelakaan lalu lintas yang fatal.

"Dengan dampak kematian dan morbiditas yang tinggi ini, kami berharap para pemimpin membuat keputusan untuk mengurangi harga sosial, ekonomi, dan nyawa yang harus dibayar dari emisi kendaraan," kata Clare Walter, salah satu peneliti utama dari University of Melbourne.Israel dan Palestina saling kirim serangan roket

Sehari setelah 11 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di Tepi Barat, Hamas menembakkan roket.

Israel membalasnya dengan melakukan serangan udara di atas perbatasan Israel-Gaza.

Menurut militer Israel, jet tempurnya kemudian menyerang lokasi pembuatan senjata milik kelompok Hamas yang menguasai Gaza.

Untuk menenangkan situasi, Mesir dan PBB melakukan mediasi, sementara utusan Timur Tengah di PBB, Tor Wennesland, tiba di Gaza untuk bertemu dengan para pemimpin Hamas.Pekerja di lembaga Uni Eropa dilarang main TikTok

Mereka yang bekerja di Komisi Eropa diperintahkan untuk menghapus aplikasi TikTok dari ponsel, dan perangkat lainnya, yang merupakan properti kantor.

"Tindakan tersebut bertujuan untuk melindungi Komisi UE dari ancaman dan tindakan keamanan siber, yang dapat dimanfaatkan untuk menyerang lingkungan korporat di komisi [Eropa]," kata Sonya Gospodinova, juru bicara Uni Eropa.

Larangan ini juga berarti staf Komisi Eropa tidak dapat menggunakan TikTok di perangkat pribadi yang memiliki aplikasi kantor.

Komisi Eropa memiliki sekitar 32.000 pekerja tetap dan kontrak.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mengapa Orang Suka Jastip dan Apakah Itu Merugikan Negara?

Berita Terkait