Hari Jumat, sebagian menyambutnya dengan semangat untuk 'have fun' di akhir pekan, ada juga yang lebih ingin bersantai. Anda tipe yang mana?Sebelum menikmati akhir pekan, kami sudah siapkan rangkuman dari peristiwa yang terjadi dalam 24 jam terakhir di berbagai penjuru dunia.

Inilah Dunia Hari Ini, edisi Jumat, 10 Maret, yang kita awali dari Indonesia.

BACA JUGA: Dunia Hari Ini: Pertandingan Liga Champions Terlambat karena Kemacetan London

Hukuman penjara bagi terdakwa kasus Kanjuruhan

Pengadilan Negeri Surabaya menjatuhkan hukuman penjara satu setengah tahun kepada Abdul Haris, terdakwa kasus stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 130 orang.

Hakim juga menyatakan petugas keamanan Suko Sutrisno bersalah atas kelalaiannya dengan hukuman penjara selama satu tahun.

BACA JUGA: Pencarian 35 Orang yang Hilang karena Longsor di Natuna Terus Dilakukan

Keduanya bekerja untuk Arema FC dan telah dilarang dari kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola seumur hidup oleh PSSI. Tuduhan terhadap Gereja Hillsong

Anggota parlemen independen di Australia, Andrew Wilkie, menggunakan hak istimewa parlementernya untuk menuduh gereja Hillsong melanggar undang-undang keuangan di Australia terkait dengan "penipuan, pencucian uang, dan penggelapan pajak".

BACA JUGA: Koki Perempuan: Walau Banyak Diremehkan, Tak Sedikit yang Prestasinya Mengesankan

Andrew mengklaim puluhan ribu catatan keuangan dan dokumen yang bocor, termasuk laporan kartu kredit, rincian hadiah, serta penggunaan jet pribadi, telah menunjukkan adanya penyalahgunaan dana gereja dan pengeluaran yang berlebihan.

Asisten Menteri Urusan Amal di Australia, Andrew Leigh mengatakan kepada ABC jika ia mengetahui Komisi Amal dan Nirlaba Australia (ACNC) akan "meninjau" tuduhan dan dokumen yang diajukan oleh Andrew.

ACNC dan Kantor Pajak Australia mengatakan kepada ABC bahwa mereka belum bisa memberikan komentar.Penembakan saat kebaktian Saksi Yehova

Sejumlah orang tewas dalam penembakan yang terjadi saat kebaktian Saksi Yehova (Jehovah's Witness) berlangsung di kota Hamburg, Jerman utara, menurut laporan media setempat.

Surat kabar Bild melaporkan tujuh orang tewas dan delapan lainnya luka-luka dalam penembakan tersebut.

Sementara di akun Twitternya, kepolisian Hamburg mengatakan "beberapa orang terluka parah, beberapa dari mereka meninggal", tetapi tidak memberikan angka pasti.

"Sejauh ini, tidak ada informasi yang dapat dipercaya tentang motif kejahatan tersebut. Kami meminta Anda untuk tidak membagikan asumsi yang tidak aman dan/atau menyebarkan desas-desus," demikian pernyataan polisi.Inggris merayakan kerja sama pertahanan dengan Australia?

Pemerintah Inggris sedang merayakan kemenangan besar dalam negosiasi pertahanan dengan Australia senilai miliaran dolar.

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak dilaporkan telah mengatakan jika ia mengharapkan hasil yang positif dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese dan Presiden AS Joe Biden.

Ketiganya sudah memberikan sinyal akan menyampaikan pengumuman besar setelah mereka bertemu di San Diego di California pada hari Senin (13/03) depan.

"Kesepakatan itu benar-benar berjalan sesuai keinginan kita. Perdana menteri membicarakannya ketika dia memberi tahu para menteri, tersenyum riang sambil melompat kecil," demikian laporan The Guardian mengutip seorang menteri Inggris yang tidak disebutkan namanya.

PM Australia menolak untuk mengonfirmasi kesepakatan yang akan dibuat.Rusia serang beberapa kota Ukraina

Rusia menembakkan rudal hipersonik yang jarang digunakan ke Ukraina, sebagai bagian dari serangan yang menargetkan berbagai kota di Ukraina termasuk Kyiv, Odesa dan Lviv.

Sedikitnya sembilan orang meninggal dunia dan ratusan ribu orang lainnya hidup tanpa pemanas ruangan atau aliran listrik.

Rentetan lebih dari 80 rudal Rusia serta satu drone kecil menghantam sejumlah bangunan tempat tinggal dan infrastruktur di Ukraina, Kamis (09/03) kemarin. 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dunia Hari Ini: Suku Bunga di Australia Naik Lagi, Pengangguran Dikhawatirkan Naik

Berita Terkait