Selamat hari Senin!

Dunia Hari Ini edisi 27 November kembali untuk menyajikan berita yang memuat laporan kejadian dunia.

BACA JUGA: Hari Solidaritas Bagi Palestina, Adara Ajak Membangun Kembali Gaza

Mari memulai dengan perkembangan dari Gaza.Tawanan Hamas dibebaskan

Hamas membebaskan 13 warga Israel dan empat warga asal Thailand dalam pertukaran putaran kedua berdasarkan kesepakatan gencatan senjata.

BACA JUGA: Golden Future Indonesia Kirim 14 Ribu Paket Musim Dingin ke Palestina

Kelompok Hamas sempat menunda perjanjian pertukaran selama beberapa jam, karena menganggap Israel melanggar ketentuan perjanjian gencatan senjata.

Tujuh belas sandera tersebut sudah diserahkan ke Palang Merah dan tiba di Israel melalui Mesir.

BACA JUGA: Pihak Berwenang Australia Selidiki Kedatangan Kapal Indonesia di Pelosok Australia Barat

Tak lama setelah itu, pada tengah malam waktu setempat, Israel mulai membebaskan 39 tahanan Palestina ke Yerusalem timur dan Tepi Barat sebagai bagian dari pertukaran yang akhirnya dilakukan setelah upaya mediasi internasional.

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin mengkonfirmasi empat warga negara Thailand di antara tawanan terbaru yang dibebaskan oleh Hamas berada dalam kondisi baik.Kapal kargo Yunani tenggelam

Sebuah kapal kargo berbendera Komoro tenggelam di lepas pantai Pulau Lesbos Yunani, menyebabkan 13 awaknya hilang dan satu orang berhasil diselamatkan.

Operasi penyelamatan besar-besaran yang melibatkan lima kapal kargo, tiga kapal penjaga pantai, helikopter angkatan udara dan angkatan laut serta sebuah fregat angkatan laut dimulai setelah angin kencang menenggelamkan kapal tersebut.

Kapal tersebut sedang dalam perjalanan ke Istanbul dari Alexandria, Mesir, dengan membawa 6.000 ton garam, namun tenggelam pada Minggu pagi.

Kantor Berita Athena (ANA), mengutip perusahaan pengelola kapal yang bermarkas di Lebanon, menyebutkan awak kapal tersebut termasuk dua warga negara Suriah, satu warga India, dan 11 warga Mesir.Kebakaran di Pakistan menewaskan 10 orang

Kebakaran melanda sebuah pusat perbelanjaan di kota Karachi, Pakistan selatan, akhir pekan kemarin menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 22 lainnya.

Geo News Pakistan mengatakan kebakaran terjadi di pusat perbelanjaan RJ, yang merupakan gedung komersial bertingkat tinggi dan juga menampung call-centres dan perusahaan perangkat lunak.

Kepala petugas pemadam kebakaran Ishtiaq Ahmed Khan mengatakan yang paling terkena dampak dari kebakaran tersebut adalah bagian di lantai empat.

Lebih dari 60 orang berada di dalam mal ketika kebakaran terjadi.Mantan manajer Timnas Inggris dan Australia meninggal

Terry Venables meninggal dunia di usia 80 tahun karena sakit.

Ia adalah mantan manajer tim sepak bola nasional Inggris dan Timnas Australia Socceroos, serta klub-klub top Eropa termasuk Tottenham Hotspur dan Barcelona.

"Kami benar-benar terpukul atas kehilangan suami dan ayah yang luar biasa. Ia meninggal dengan tenang kemarin setelah lama sakit," bunyi pernyataan dari pihak keluarga  yang dirilis pada Minggu.

Saat menjadi manajer Soccerros, Terry membawa timnas Australia melaju ke pertandingan Piala Dunia, meski gagal lolos ke turnamen setelah bermain imbang 2-2 saat melawan dengan Iran pada tahun 1997.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Menjelang Jeda Kemanusiaan di Gaza, RS Indonesia Dibom, Nyawa 200 Pasien Terancam

Berita Terkait