Selamat hari Jumat!

Dunia Hari Ini edisi 16 Februari 2024 kembali dengan laporan dunia selama 24 jam terakhir, dimulai dari Indonesia.

BACA JUGA: Aptisi Harap Civitas Akademika jadi Lokomotif Perdamaian Setelah Pemilu 2024

Upaya menyelidiki dugaan kecurangan pemilu

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud berencana berkomunikasi dengan Timnas AMIN untuk menyelidiki kecurangan pemilu.

Wakil Ketua TPN Jendral (Purn) TNI Andika Perkasa mengatakan tim hukum TPN sudah berkomunikasi secara informal.

BACA JUGA: Instruksi Kaesang Bin Jokowi kepada Seluruh Kader PSI, Silakan Disimak

"Komunikasi informal sudah. Tim hukum pun sudah bertemu sebelum hari ini. Jadi menurut saya komunikasi sudah dilakukan dan masih akan terus dilanjutkan, sampai sejauh mana kita lihat saja," kata Andika.

Warga juga diimbau untuk melaporkan bila menyaksikan kecurangan pemilu.

BACA JUGA: Real Count KPU: PSI Peroleh 9,13%, Masuk 5 Besar di Jakarta

Beberapa situs independen sudah muncul, salah satunya kecuranganpemilu.com yang digarap oleh Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Indonesia Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, dan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).Yunani melegalkan pernikahan sesama jenis kelamin

Parlemen Yunani menyetujui rancangan undang-undang yang memberikan hak kepada pasangan sesama jenis untuk menikah dan mengadopsi anak.

Selama beberapa tahun, komunitas LGBT menyuarakan kesetaraan pernikahan sesama jenis kelamin di negara sosial konservatif tersebut.

RUU yang dirancang oleh pemerintahan sayap kanan-tengah Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis tersebut disetujui oleh 176 anggota parlemen dari 300 kursi parlemen dan akan menjadi undang-undang ketika diterbitkan dalam lembaran negara resmi.

Yunani kini menjadi negara Kristen Ortodoks pertama yang mengizinkan hubungan sesama jenis.

"Ini adalah momen bersejarah," kata Stella Belia, ketua kelompok orangtua sesama jenis Rainbow Families.Sidang kasus uang tutup mulut Trump

Hakim New York memutuskan sidang kasus uang tutup mulut yang dibayar Donald Trump akan berjalan sesuai jadwal dengan keputusan juri dimulai pada 25 Maret.

Ini akan menjadi persidangan pidana pertama terhadap mantan presiden Amerika, meskipun pengacara Trump menuntut penundaan.

Persidangan terkait kasus pembayaran uang kepada dua perempuan, pemeran film porno Stormy Daniels dan mantan model Playboy Karen McDougal, serta kepada penjaga pintu Trump Tower yang mengaku mempunyai cerita tentang Trump yang memiliki anak di luar nikah.

Mantan presiden tersebut mengatakan tidak melakukan satu pun dugaan hubungan seksual tersebut.Rumah sakit terbesar Gaza diserang Israel

Pasukan Israel menyerang rumah sakit terbesar yang masih berfungsi di Gaza.

Rekaman yang diunggah secara online menunjukkan kekacauan, teriakan dan suara tembakan di koridor gelap yang dipenuhi debu dan asap.

Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan serangan terhadap Rumah Sakit Nasser di Khan Younis tersebut didasarkan pada informasi jika kelompok Hamas bersembunyi di fasilitas tersebut dan menyandera di sana.

Juru bicara Hamas membantah tuduhan Israel dan menyebutnya sebagai "kebohongan".

Otoritas kesehatan di daerah kantong yang dikelola Hamas mengatakan Israel mengusir pengungsi dan keluarga staf medis yang berlindung di Rumah Sakit Nasser.Sistem pendanaan pemilu India dibatalkan

Mahkamah Agung India membatalkan sistem pendanaan pemilu yang telah berlaku selama tujuh tahun.

Sistem pendanaan yang disebut "inkonstitusional" ini memungkinkan individu dan perusahaan memberikan sumbangan tanpa batas dan tanpa nama kepada partai politik.

Keputusan tersebut dipandang sebagai kemunduran bagi Partai Bharatiya Janata yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, yang merupakan penerima manfaat terbesar dari sistem yang diperkenalkan pada tahun 2017.

Sistem yang disebut Obligasi Pemilu (Electoral Bonds) ini ditentang oleh anggota oposisi dan kelompok masyarakat sipil dengan alasan bahwa sistem tersebut menghalangi hak masyarakat untuk mengetahui siapa saja yang memberikan uang kepada partai politik.

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ridwan Kamil Dianggap Berperan Menaikkan Suara Golkar di Pemilu 2024

Berita Terkait