E-Budgeting Seperti Tangkap Maling, Lalu Dikunci

Kamis, 19 Maret 2015 – 16:58 WIB

jpnn.com - JAKARTA- Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi akhirnya mendapatkan password sistem e-budgeting. Dengan begitu, Prasetyo bisa mengawasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menginput data ke dalam sistem tersebut.

"Iya hanya ketua. Mereka tidak mengisi. Kalau sudah jadi, mereka awasi, yang sudah diisi SKPD. ‎Jadi ini fungsi pengawasan," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta, Kamis (19/3).

BACA JUGA: Keluarga Sarankan Ahok Pakai Baju Antipeluru

Pria yang akrab disapa Ahok tersebut menambahkan, sebelum ada sistem e-budgeting, tidak ada yang mampu mengawasi proses memasukan suatu program kegiatan dan mata anggaran. Dengan sistem e-budgeting, Ahok menyatakan bisa terlihat kecurangan pada saat memasukan program dan mata anggaran.

"Dulu enggak ada sistem e-budgeting dan lock mampu enggak DPRD awasi puluhan ribu item dari SKPD? Enggak mampu. Saya juga enggak mampu.

BACA JUGA: Buku Anak Alex Usman Masuk APBD-P 2014, Ini Tanggapan Gerindra DKI

Makanya dengan sistem lock yang nakal dikunci sudah. Kayak nangkep maling, ditangkap, dikunci. Dulu kan nangkep maling terus dilepas," tutur Ahok.

Sementara iu, Prasetyo mengapresiasi sistem e-budgeting. Sebab, menurut dia, sistem tersebut bisa mencegah ‎terjadinya kecurangan anggaran.

BACA JUGA: Tunjangan Perumahan Anggota DPRD DKI Naik 2 Kali Lipat

"Jadi kalau bicara masalah main-main anggaran udah terkunci nih. Yang penting anggaran sampai ke bawah dan punya masyarakat. Jadi fungsi saya sebagai badan pengawas jalan," ucap Prasetyo.

Sebelum ada sistem e-budgeting, Prasetyo menyebut sulit untuk mengontrol para SKPD dan DPRD yang bandel bermain anggaran. "Tapi, sekarang saya diberi satu kesempatan oleh gubernur, ayo saling mengawasi untuk kepentingan masyarakat," tegas Prasetyo. ‎(gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wagub Djarot Pantau Input e-Budgeting 24 Jam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler