Edukasi Masyarakat, Chandra Asri Bersih-bersih Sampah di Kota Tua

Senin, 03 Juni 2024 – 13:20 WIB
Aksi Asri Operasi Semut Vol.5 yang membersihkan sampah di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu (2/6). Foto: dok. Chandra Asri

jpnn.com - JAKARTA - Sampah menjadi masalah di mana-mana, termasuk juga di Indonesia.

Data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2022 hasil input dari 202 kab/kota se Indonesia menyebut jumlah timbunan sampah nasional mencapai 21.1 juta ton.

BACA JUGA: Balas Dendam, Korea Utara Kirim 720 Balon Isi Sampah ke Wilayah Korsel

Dari total produksi sampah nasional tersebut, 65.71% (13.9 juta ton) bisa terkelola, sedangkan sisanya 34,29% (7,2 juta ton) belum terkelola dengan baik. Karenanya, perlu peran serta seluruh pihak untuk ikut serta mengatasinya.

"Perlu edukasi agar masyarakat ikut mengatasi masalah sampah di lingkungan sekitarnya," kata Head of Corporate Communications Chandra Asri Group, Chrysanthi Tarigan dalam Aksi Asri Operasi Semut Vol.5 yang membersihkan sampah di Kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu (2/6).

BACA JUGA: Sampah Saset: Masalah Besar Indonesia dalam Kemasan Kecil

Asri Operasi Semut merupakan upaya nyata berbasis lingkungan berkelanjutan yang dikelola oleh Kampanye Indonesia Asri. Kegiatan ini bukan hanya tentang membersihkan sampah, tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah. 

"Memilah sampah berdasarkan kategorinya merupakan langkah awal dalam pengelolaan sampah," ucapnya.

BACA JUGA: Klungkung Akan Bangun Tempat Kelola Sampah Berteknologi Zero Waste

Melalui edukasi ini diharapkan masyarakat menerapkan kebiasaan baru mengelola sampah di sekitarnya dimulai dari langkah sederhana seperti memilah sampah sesuai jenisnya sebelum dibuang.

"Dengan memilah sampah, kita bisa mendukung ekonomi sirkular dengan menjaga nilai dan kualitas sampah, terutama sampah plastik, juga mengurangi dampak negatif lingkungan," tambahnya.

Pada kegiatan yang diikuti sekitar 33 relawan itu terkumpul 24 kg sampah yang terdiri atas 4 kg sampah organik, 12,5 kg sampah plastik, 3,5 kg sampah kertas, dan 4 kg sampah lainnya.

Sampah yang terkumpul kemudian diserahkan ke fasilitas pengelola sampah yang dinaungi oleh Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua untuk dikelola lebih lanjut.

Sebelumnya, Chandra Asri Group telah melaksanakan empat kali Aksi Asri Operasi Semut di Car Free Day (CFD) Jakarta dan event Jakarta Marathon 2023.

Dari seluruh Aksi Asri Operasi Semut ini Chandra Asri Group bersama relawan berhasil mencegah lebih dari 2.000 kilogram sampah tidak bocor ke lingkungan. (esy/jpnn)


Redaktur : Soetomo Samsu
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler