Eksekusi di Lembah Tempat Amrozy cs Ditembak Mati

Minggu, 18 Januari 2015 – 00:01 WIB

jpnn.com - CILACAP - Kepolisan menyiapkan lima regu tembak untuk pelaksanaan eksekusi terhadap lima terpidana mati, di Nusakambangan Cilacap, Minggu (18/1) dinihari. Keterangan yang dihimpun, pelaksanaan eksekusi terpidana mati di bawah kendali Polda Jawa Tengah.

Rregu penembak berasal dari satuan Brimob Polda Jawa Tengah, Sub Detasemen Brimob Purwokerto dan Sub Detasemen Brimob Pekalongan.

BACA JUGA: KPK Dianggap Berkerja Didasarkan Kepentingan

"Lima regu yang disiapkan dari Brimob Polda Jateng dan Sub Detasemen Brimob 4 dan 3 Purwokerto dan Pekalongan," ujar seorang sumber dari internal kepolisian yang enggan ditulis namanya itu, Sabtu (17/1), kepada Radar Banyumas (Grup JPNN).

Terkait lokasi eksekusi, ada dua lokasi eksekusi yang bisa saja menjadi pilihan untuk dijadikan tempat pelaksanaan. Yakni di Lembah Nirbaya dan Lapangan tembak Tunggal Panaluan, area Limus Buntu, yang berada di belakang Pos Polisi Nusakambangan.

BACA JUGA: Ingatkan Jokowi Hindari Petinggi Polisi Kotor Jadi Calon Kapolri

Kedua lokasi tersebut selama ini menjadi lokasi eksekusi dari sejumlah terpidana. Di Lembah Nirbaya, trio bom Bali yakni Amrozy, Muklas, Imam Samudera, dieksekusi pada 2008 silam.

Dua terpidana mati gembong narkoba warga negara Nigeria juga dieksekusi di lokasi ini. Sementara, Limus Buntu, menjadi lokasi eksekusi bagi tiga terpidana mati kasus pembunuhan pada 2013 lalu.

BACA JUGA: Targetkan 19 RPP ASN Tuntas Bulan Ini

Bahkan hingga kini, di sebuah ruang bekas yang nyaris runtuh di sekitar Limus Buntu, masih terdapat tiga keranda yang dipergunakan membawa jenazah terpidana mati, usai dieksekusi.

Limus Buntu dijadikan lokasi lapangan tembak oleh Kapolres sebelumnya, AKBP Andry Triaspoetra,SIK dan diberi nama Tunggal Panaluan.

Saat peresmian pada 10 November 2013, Kapolres Cilacap saat itu menyebutkan bahwa Lapangan Tembak ini juga dipersiapkan sebagai lokasi eksekusi mati.

Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jalan utama di Nusakambangan, dekatnya Limus Buntu yang hanya berjarak beberapa meter dari Pos Polisi Nusakambangan, dinilai lebih aman sebagai tempat eksekusi. (RB)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Selain Bisa di PTUN-kan Sutarman, Jokowi juga Rentan Dimakzulkan DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler