El Hadji Diouf Dilarang Bela Senegal Lima Tahun

Disanksi setelah Tuding Sepak Bola Afrika Kena Wabah Korupsi

Jumat, 29 Juli 2011 – 23:17 WIB
Reputasi tukang bikin onar pantas disandang El Hadji DioufKarena reputasinya itu pula, dia terkena sanksi larangan membela timnas Senegal lima tahun

BACA JUGA: Benfica Jaga Asa ke Babak Utama

Ada apa sebenarnya?


PERNYATAAN Diouf di Radio France International membuat telinga petinggi FSF atau Federasi Sepak Bola Senegal memerah.  Sebab, lewat pernyataan yang didengar jutaan pendengar itu, dia menuding sepak bola Afrika korup
"Seluruh sepak bola Afrika telah tercemari wabah korupsi," bebernya pada akhir Juni lalu, seperti dikutip Telegraph.

"Kami tidak bisa memenangkan kompetisi di Senegal dan juga Afrika di level golal, karena seluruh sistemnya bermasalah

BACA JUGA: Comeback Dramatis Marseille

Mereka (FSF) takut akan pernyataan saya dan apa yang saya ketahui tentang sepak bola di negara saya," cetus mantan pemain Liverpool itu.

Selain mengkritisi korupsi di sepak bola Afrika, Diouf juga tanpa ragu mengeluhkan soal pembayaran bonus yang diterima para pemain timnas Senegal
"Para pemain Senegal seringkali tidak mendapatkan bonus mereka, ini sangat mengerikan," kecamnya.

Menurut dia, begitu banyak yang disembunyikan otoritas sepak bola di negaranya

BACA JUGA: Empat Laga, United Cetak 18 Gol

"Federasi kami tidak profesionalMereka lebih suka pada uang yang dihasilkan dari sepak bola, bukan sepak bola itu sendiriSaya tak takut bicara ini dan tidak berharap kembali ke timnas," lanjutnya.

Bisa ditebak, FSF langsung kebakaran jenggot mendengar pernyataan DioufMereka pun meminta pemain 30 tahun itu supaya mau menjelaskannya pada hearing yang dilakukan pekan laluSayang, Diouf menolak hadir dengan alasan yang tak jelas.

Tanpa ampun, FSF langsung menjatuhkan sanksi larangan bagi Diouf untuk membela timnas selama lima tahunPemain yang dua kali terpilih sebagai pemain terbaik Afrika itu dianggap melanggar artikel 11 dan 16 dalam kode disiplin serta artikel 172 dan 176 dalam regulasi umum FSF.

"Komisi disiplin menjatuhkan hukuman setelah memperhatikan berbagai aspek, termasuk ketidakhadiran sang pemain pada hearingSanksi itu akan dijatuhkan secepatnya," begitu keterangan resmi FSF kepada Senegal Press Agency.

Namun, FSF juga tetap memberikan kesempatan kepada Diouf bila ingin bandingDiouf sendiri tidak peduli dengan hukuman yang dijatuhkan kepadanyaSebab, sejatinya dia telah memutuskan mundur dari timnas Segenal sejak 2009 laluSebelumnya, dia merupakan andalan SenegalKiprahnya pada Piala Dunia 2002 membuatnya diminati banyak klub besar.

Namun, prestasi hebatnya juga dibarengi dengan ulah liarnyaPada 2004, dia juga pernah terkena sanksiDiouf dilarang membela timnas Senegal dalam empat pertandingan karena menghina wasit Ali Bajsaim.

Nyaris bersamaan dengan sanksi yang dijatuhkan FSF, dia juga mendapatkan sanksi dari klubnya Blackburn RoversGara-garanya, dia mangkir dari latihan pramusimDiouf dihukum pemotongan gaji selama dua pekan.

Bukan hanya itu, manajer Blackburn Steve Kean juga langsung menyatakan sudah tidak sanggup untuk menghadapi DioufDia meminta klubnya agar menjualnya bila ada tawaran"Saya pikir segalanya tergantung dirinyaBila memang ada yang tertarik lebih baik dia mempertimbangkannya," tutur Kean, seperti dikutip Goal.

Sinyal Diouf akan dilego sudah terlihat sejak musim laluPada tengah musim lalu, Blackburn memutuskan meminjamkannya ke Glasgow RangersDi Skotlandia, Diouf kembali bikin ulagDia pernah meludahi fans Glasgow CelticMeski begitu, Diouf cukup sukses Rangers.  Buktinya, dia mampu mengantarkan Rangers juara di Liga SkotlandiaHanya, karena sering bikin ulah, manajemen klub enggan untuk mempertahankan Diouf(ham/bas)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Awal Sulit Duo Milan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler