Empat Tahun Hanya Mekar 7 Kali

Jumat, 03 Januari 2014 – 08:25 WIB

jpnn.com - BOGOR – Rafflesia Patma atau dikenal dengan sebutan bunga bangkai kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), kemarin. Mekarnya bungan ini merupakan yang ke 7 sejak 2010.

Berdiameter 38 centi meter (cm)  dan lingkar badan 70 cm, menjadikan bunga ini menjadi yang terbesar dan tercepat masa mekarnya. Bunga ini pun jadi tujuan para wisatawan yang bermain dan berlibur di KRB.
    
“Ini adalah kesempatan langka, ditambah karena September tahun lalu, sempat mekar tapi gagal, kalau bunga bangkai yang ini, selain mekar ditambah bentuknya yang sempurna,” kata Peneliti di Kebun Raya Bogor, Sofi Mursidawati.
    
Sofi menjelaskan, setiap bunga Rafflesia Patma yang mekar di KRB, memiliki keunikannya tersendiri. Seperti pada September 2013, helai mahkota (perigone) pertama telah terangkat sejak sore hari, namun memerlukan waktu lebih dari 24 jam bagi 4 helai lainnya, untuk terbuka dan berakhir dengan gagal mekar sempurna.

BACA JUGA: Parkir Liar Kembali Menjamur

“Waktu mekarnya mungkin 2 hari, tidak mungkin bisa lama karena Kebun Raya bukan habitat aslinya,” katanya.
    
Pengunjung KRB Bogor mengaku beruntung bisa mellihat bunga langka itu. “Saya sangat bangga sekaligus beruntung karena dapat melihat bunga bangkai secara langsung, niat awal memang mau liburan tapi bertepatan dengan mekar bunga bangkai ini, ditambah saya ini guru biologi jadi senang sekali,” kata Rina salah satu pengunjung Kebun Raya Bogor. (cr30/c)

BACA JUGA: Airin Siapkan Lahan di BSD Bangun Polres Tangsel

BACA JUGA: Anggota Ditangkap, FPI Ancam Demo Polres

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tiap Jumat, PNS DKI Dilarang Gunakan Kendaraan Pribadi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler