Emrus Ungkap Kunci Sukses Golkar Lampaui Target Kemenangan di Pilkada 2020 

Sabtu, 12 Desember 2020 – 21:01 WIB
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Emrus Sihombing merespons klaim kemenangan melebihi target Partai Golkar di Pilkada Serentak 2020.

Partai Golkar yang dinakhodai Airlangga Hartarto, meraih sukses luar biasa karena mampu melampaui target yang ditentukan pada Pilkada Serentak 2020.

BACA JUGA: Anggota Panwas Dihabisi Secara Brutal, Tubuh Penuh Luka Tusukan

Target awal menang di 162 (60 persen) daerah, tetapi berdasarkan hitung cepat hasil sementara, Partai Golkar mampu memenangi pilkada di 165 atau 60 persen lebih dari 270 daerah.

"Kemenangan tersebut, menurut saya, dari aspek komunikasi politik ditentukan oleh dua kelompok variabel yang saling menguatkan," kata Emrus, Sabtu (12/12).

BACA JUGA: Soal Motif Pembunuhan Anggota Panwas, Camat Pakuon Ratu Beri Penjelasan Begini

Kelompok pertama, kepemimpinan ketum Partai Golkar yang setidaknya dengan dua variabel utama.

Pertama, kepemimpinan ketum Partai Golkar yang smart dan jeli sehingga mampu menyodorkan sosok kader tertentu yang memiliki daya saing tangguh mengikuti  persaingan yang sangat ketat dalam kompetisi pilkada kali ini.

BACA JUGA: Analisis Peneliti LIPI Terkait Klaim Kemenangan Partai Golkar di 165 Daerah

Kedua, kepiawaian ketum Partai Golkar melakukan  supervisi dan senantiasa mengevaluasi program yang ditawarkan para kandidat yang diusung di setiap wilayah.

Kompok kedua, lanjut Emrus, variabel yang dimiliki dari sosok para kandidat.

"Kelompok variabel ini tidak kalah pentingnya dalam strategi memenangkan Pilkada Serentak 2020 ini," paparnya.

Menurut Emrus, setidaknya  ada sembilan variabel utama yang termasuk pada bagian ini.

Yakni, popularitas, akseptabilitas, kapabilitas, keterampilan komunikasi persuasi, memiliki mental pemenang, daya tarik, kematangan berpolitik, akseptabilitas publik di daerah pemilihan, dan elektabilitas yang terus dimonitor dan dievaluasi berdasarkan tren-tren survei.

"Semua variabel yang ada pada kedua kelompok tersebut, menurut hemat saya, merupakan variabel-variabel yang dilakukan Partai Golkar dan para kader untuk memenangkan Pilkada 2020 yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dari ilmu komunikasi politik," ujarnya.

Karena itu, Emrus menegaskan, pengalaman Partai Golkar memenangkan Pilkada Serentak 2020 kali ini bisa menjadi pemodelan dalam kompetisi pemilu-pemilu yang akan datang.

"Dan tidak berlebihan, bila menjadi rujukan bagi partai lain di Indonesia," tuntasnya.

Sebelumnya diberitakan, Airlangga mengklaim Partai Golkar memenangi 165 dari 270 Pilkada Serentak 2020, 9 Desember lalu.

Airlangga mengatakan hal ini diketahui berdasar hasil hitung cepat serta plano C1 Partai Golkar di 270 daerah yang menggelar pilkada.

BACA JUGA: Kronologi Pembunuhan Sadis Anggota Panwas Kecamatan Nasir bin Rahman, Ngeri!

"Jadi, perhitungan kami pasangan Partai Golkar memenangi165 daerah. Jumlah ini menjadi 61,11 persen, dan melebihi target yang ditentukan Partai Golkar, 60 persen," kata Airlangga, Kamis (10/12). (boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler