Putus dengan pacar di media sosial tak semudah mengubah kembali status hubungan menjadi "lajang". Daftar penuh tugas janggal menanti segera setelah air mata patah hati mengering dan Anda telah menemukan kembali kekuatan untuk berani muncul di dunia maya.

Ada tantangan awal untuk mengubah gambar profil Anda - pastikan tak nampak terlalu senang, tapi juga tak terlalu sedih.

BACA JUGA: Curi Rp 270 Juta dari Lansia Seabad, Pengasuh Ini Dipenjarakan 1,5 Tahun

Kemudian, saatnya membersihkan unggahan status dan foto di masa lalu, yang keterangannya menunjukkan kemesraan anda dulu.

Tetapi bahkan setelah semua yang dilakukan, Anda yang mempertahankan akun mantan sebagai teman di Facebook masih merasa rentan, ditakdirkan untuk terus bisa mengikuti aktifitas si dia pasca putus.

BACA JUGA: Penari Eko Supriyanto Tampilkan Seni Tubuh Solid.States di Melbourne

Tenang, hal itu sebentar lagi tak akan terjadi.

Setelah menerima permintaan dari banyak pengguna yang patah hati, Facebook akhirnya mengumumkan bahwa pihaknya menguji coba serangkaian perangkat baru yang bertujuan untuk membantu menghapus hubungan masa lalu Anda.

BACA JUGA: Hampir 200 Orang Dicegah Naik Pesawat di Australia Karena Alasan Keamanan


Setelah bertahun-tahun membantu para pengguna untuk saling terhubung, Facebook segera meluncurkan aplikasi baru yang bisa membantu kita ‘putus’ hubungan. (Foto: Loic Venance, AFP)

Menurut pernyataan yang dimuat online, tiga perangkat sudah mulai diluncurkan di AS, dengan rencana untuk memasarkan mereka lebih lanjut dalam waktu dekat.

"Kami harap alat ini akan membantu pengguna mengakhiri hubungannya di Facebook dengan lebih mudah, lebih nyaman dan merasa punya kontrol," tulis pernyataan itu.

Alat pertama dirancang untuk membiarkan Anda "kurang melihat" atau “kurang menerima” nama dan gambar profil mantan Anda di Facebook, tanpa harus ‘unfriend’ atau memblokir mereka.

"Unggahan mereka tak akan muncul di ‘newsfeed’ anda dan nama mereka tak akan muncul ketika orang menulis pesan baru atau ‘menge-tag’ teman di foto," sambung pernyataan online tersebut.

Yang kedua, atur pengaturan privasi Anda sehingga mantan pasangan tak sering melihat Anda di Facebook.

Hal itu melibatkan pembatasan akses "foto, video atau update status" yang akan mereka lihat, menurut Facebook.

Dan akhirnya, ketiga, memungkinkan Anda untuk mengedit kemunculan unggahan anda di masa lalu yang saat itu pasangan Anda ikut di-‘tag’.

Belum jelas kapan alat ini akan diluncurkan di Australia dan Indonesia.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Warga Australia Kelahiran Lebanon Dituduh Terlibat ISIS di Kuwait

Berita Terkait