Fakta-Fakta Seputar Selebgram Nur Utami, Tersangka Pencucian Uang Narkoba, Hmmm

Selasa, 19 September 2023 – 22:56 WIB
Suasana rumah kontrakan Nur Utami seusai digeledah polisi terkait kasus TPPU penjualan narkoba oleh suaminya berinisial S, jaringan Fredy Pratama, di Kompleks Hartaco Permai, Tamalanrea Jaya, Makassar, Selasa (19/9/2023). ANTARA/

jpnn.com, MAKASSAR - Tim gabungan Polda Sulsel bersama Bareskrim Polri tengah menelusuri aset milik selebgram Nur Utami, wanita asal Makassar yang ditangkap dan jadi tersangka dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) hasil penjualan narkoba oleh suaminya berinisial S.

Suami Nur Utami itu konon masuk jaringan gembong narkoba antarnegara Fredy Pratama.

BACA JUGA: Selebgram Terlibat Jaringan Gembong Narkoba Fredy Pratama, Siapa Dia?

"Polda Sulsel tentu akan mendata mana saja jaringan-jaringan yang ada di sini. Koordinasi terus dengan Tim Mabes Polri untuk pengungkapan kasusnya," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes I Komang Suartana di Makassar, Selasa (19/9).

Dia menyebut pengembangan kasus peredaran dan penjualan narkoba berskala internasional itu tengah dikerjakan Tim Bareskrim Polri.

BACA JUGA: Hotel Hasil TPPU Gembong Narkoba Fredy Pratama Disita Mabes Polri, Sebegini Nilainya

Walakin, pihaknya belum menerima laporan di mana saja aset yang dimiliki Utami, termasuk lokasi persisnya.

Polda Sulsel juga akan mendukung penuh pengungkapan kasus dugaan pencucian uang narkoba itu.

BACA JUGA: Butet Kartaredjasa Ngotot Pengin Mahfud MD Pendamping Ganjar

Terpisah, Faisal selaku ketua RT/RW 005/001 Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Makassar mengungkap sejumlah fakta soal sosok Nur Utami.

Dia menyebut wanita itu menjadi warganya saat tinggal di wilayah Kompleks Hartaco Permai dan sempat mengontrak rumah di daerah tersebut.

"Setahu kami rumah itu cuma dikontrak, kurang lebih lima tahun. Rumah aslinya berada di sebelah kanan, tidak jauh dari rumah kontrakannya (yang warna putih). Kemarin itu ada lima orang tinggal sama suaminya," ungkap Faisal.

Namun, Faisal tidak mengenal S, suami Nur Utami yang seorang bandar besar narkoba sekaligus orang kepercayaan Fredy Pratama yang kini menjadi buronan.

Dia hanya mengatakan bahwa Nur merupakan warga lama yang sudah bermukim di sana.

"Dia besar di sini. Di rumah itu ada keluarga suaminya satu orang. Lainnya di sebelah rumah itu keluarganya," ujar Faisal.

Konon Nur Utami dahulu sempat ikut pamannya sebelum menikah. Setelah bersuami, wanita itu pergi ke Malaysia.

"Tinggal di Malaysia. Sekali-kali muncul ke sini, pulang ke Makassar. Dulu sebelum menikah (suka bergaul) setelah menikah tertutup," beber Faisal.

Sebelum menikah, hidup Nur Utami biasa-biasa saja dan terbuka bahkan sering menegur. Namun, setelah berumah tangga, warganya itu berubah jadi tertutup serta memiliki mobil mewah.

"Saat ditanyakan di mana suaminya kerja, kata Utami, tambang di Kalimantan dan ada usaha di Malaysia," ujar Faisal.

Penggeledahan Rumah oleh Polisi

Tim Bareskrim Mabes Polri menggeledah rumah Utami pada Jumat (15/9) pukul 09.00 WITA. Saat itu ada tiga rumah digeledah, termasuk rumah kontrakan dan kediaman orang tuanya.

"Pagi itu kami didatangi mengaku dari Mabes Polri tentang ada kejadian begini. Kami selaku RT diminta untuk menyaksikan penggeledahan, katanya ada TPPU," tuturnya.

Saat itu, Faisal menyaksikan apa saja yang disita polisi. Antara lain ada tiga mobil diambil. "Setelah kejadian keluarganya masih tinggal di situ," katanya.

Nur Utami Tersangka Pencucian Uang

Sebelumnya, Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Kombes Jayadi  mengatakan selebgram Nur Utami (NU) merupakan istri S, tersangka yang masih buron terkait dengan WW, pengendali narkoba jaringan Fredy Pratama di wilayah Sulsel.

"NU tidak menggunakan narkotika secara langsung, tetapi memanfaatkan aset-aset hasil dari penjualan narkoba dari S. Diserahkan S kepada istrinya untuk membeli ataupun berinvestasi dengan pembelian barang-barang,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/9).

Dari penangkapan Nur Utami, penyidik menyita sejumlah barang bukti berupa tiga unit kendaraan roda empat (Alphard, Hilux, dan HRV), serta beberapa kendaraan lainnya.

Polisi pun menelusuri aset-aset lainnya yang berbentuk tanah dan bangunan, serta menyita harta berupa barang-barang bermerek, seperti tas mewah Hermes, Lois Vuitton, dan beberapa jenis barang lainnya.

Nur Utami ditangkap berdasarkan hasil pengembangan dari penangkapan 39 tersangka tindak pidana narkoba jaringan Fredy Pratama yang dirilis Selasa (12/9) di Jakarta.

Dari 39 tersangka itu, terdapat pula selebgram asal Lampung Adelia Putri Salma (APS) yang menikmati kekayaan dari hasil jaringan narkoba.(antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kasus Penipuan Masuk IPDN yang Menyeret Anggota DPRD Purwakarta Diusut Polisi


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler