Fakta Tentang Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Kamis, 02 November 2017 – 02:05 WIB
Kopi hitam. Foto: Health

jpnn.com - Apabila Bila meneguk secangkir kopi di pagi hari adalah andalan Anda agar bisa semangat dan berkonsentrasi maka kemungkinan Anda tak terlalu peduli dengan kesehatansehat Anda.

Agar kecintaan Anda pada kopi tak berdampak negatif pada tubuh, maka apa saja fakta yang perlu Anda diketahui tentang kopi, seperti dilansir laman Huffington Post, Selasa (31/10).

BACA JUGA: Benarkah Kopi Instan Mengancam Kesehatan?

1. Rata-rata orang minum lebih dari 500 miliar cangkir kopi setiap tahun di seluruh dunia.

2. Jika Anda seorang wanita yang suka minum kopi, Anda mungkin berisiko rendah mengalami depresi.

BACA JUGA: Penetrasi Ekspor Kopi, Indonesia Gandeng Vietnam

Sebuah studi yang dipimpin oleh para periset di Harvard School of Public Health menemukan bahwa risiko depresi adalah 20 persen lebih rendah di antara wanita yang minum empat atau lebih cangkir kopi per hari.

3. Aroma kopi bisa membangunkan Anda dari tidur

BACA JUGA: Baiknya, Seduh Kopi Panas atau Dingin Sebelum Olahraga?

Aroma kopi bisa membangunkan Anda dari tidur lelap Anda, menurut sebuah penelitian tahun 2008 yang dilakukan oleh So Han-Seok Seo dari Universitas Nasional Seoul.

4. Bisa memperbaiki disfungsi ereksi.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of Texas Health Science Center di Houston, pria yang minum antara 85 dan 170 miligram kafein sehari adalah 42 persen lebih kecil kemungkinannya menderita DE.

5. Kopi panggang berwarna gelap memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi panggang ringan

Meski memiliki rasa dan warna yang lebih berani, kopi panggang gelap sebenarnya mengandung sedikit kafein dibanding kopi panggang ringan.

6. Kopi menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

Orang yang minum tiga sampai lima cangkir kopi memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena Alzheimer, menurut penelitian yang dipresentasikan pada Kongres Tahunan Alzheimer Eropa 2014.

Studi tambahan menemukan bahwa minum kopi dalam jumlah yang sama bisa menurunkan risiko serangan jantung dan diabetes tipe 2.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Waktu Terbaik Minum Kopi tanpa Menggangu Tidur


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Cangkir Kopi   kopi  

Terpopuler