Falun Dafa, Antara Kesehatan dan Perbaikan Watak

Kamis, 27 Oktober 2022 – 20:40 WIB
Latihan Falun Dafa. Foto: dokumentasi Falun Dafa

jpnn.com, JAKARTA - Falun Gong (disebut juga Falun Dafa) adalah suatu latihan yang mengolah watak, raga, dan jiwa. Latihan Falun Dafa didasarkan pada prinsip-prinsip alam semesta: Sejati, Baik, Sabar.

Kemanjuran Falun Dafa dalam meningkatkan kesehatan, memurnikan tubuh dari penyakit dan meningkatkan moral masyarakat menjadikan latihan ini menyebar dengan cepat dan luas, terutama dari mulut ke mulut, ke seluruh dunia ke lebih dari 100 negara.

BACA JUGA: Ladies, Jaga Kesehatan Daerah Kewanitaan dengan Mengonsumsi 6 Makanan Sehat Ini

Sejak 1992, lebih dari 100 juta masyarakat telah mengikuti latihan Falun Gong. Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang sosial dan budaya. Buku utama Falun Gong, Zhuan Falun, telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Falun Dafa terdiri dari 5 perangkat gerakan yang sederhana dan mudah dipelajari, dan menyenangkan untuk dilakukan.

BACA JUGA: Pemerintah Bisa Perbaikan Kualitas Kesehatan Publik Lewat Meregulasi Produk Tembakau Alternatif

Kelebihan lainnya, latihan ini cocok untuk gaya hidup masyarakat sibuk, karena dapat dilakukan di mana saja, kapan saja. Gerakannya membantu membuka dengan cepat saluran-saluran energi tubuh, dan memperlancar sirkulasi energi ke seluruh tubuh.

Berlatih secara teratur umumnya akan dapat menghilangkan stres, badan yang lebih bugar dan berenergi, menyeimbangkan emosi, tidur lebih nyenyak, serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

BACA JUGA: Gus Muhaimin Berkomitmen Perjuangkan Hak Dokter demi Kesehatan Bangsa

Latihan ini selalu diajarkan oleh para sukarelawan secara gratis dan terbuka bagi siapa saja yang berminat. Latihan Falun Dafa bukan hanya sekadar melakukan 5 perangkat latihan saja, namun lebih dimaksudkan pada perbaikan diri.

Para praktisi harus berkultivasi pada hati dan watak dengan cara menghilangkan berbagai keterikatan dan sifat negatif dan berusaha mewujudkan Sejati – Baik – Sabar. Ketika hati dan watak seseorang menjadi lebih baik, maka tubuhnya akan mengalami pemurnian dari penyakit. Dalam hal ini watak dan tubuh adalah tak terpisahkan.

Mengenai Falun Dafa: Beberapa Pendapat Pribadi tentang Latihan ini

Seorang praktisi Falun Dafa di Amerika, Levi Browde, yang juga mengelola Falun Dafa Information Center, menuliskan pengalamannya mengapa awal mulanya ia tertarik dan mulai berlatih Falun Dafa:

Falun Dafa terdiri dari 5 perangkat latihan yang mencakup mulai dari posisi berdiri dengan gerakan lamban, merentang, dan posisi duduk bermeditasi.

Lalu, apa istimewanya? Tampak serupa taichi, yoga, ataupun beberapa bentuk seni bela diri bukan?

Dari permukaan, memang tampak serupa, namun sebenarnya jauh berbeda.

Pertama-tama, sistem gerakannya amat mudah dipelajari dan tidak memerlukan teknik pernapasan sama sekali, latihan mental, gerakan berat, ataupun posisi tubuh yang rumit dan sulit dilakukan.

Kedua, latihan ini telah membuat saya merasa lebih baik dibanding hal-hal lain yang pernah saya coba lakukan.

Pada zaman sekarang ini, saya yakin kebanyakan orang Amerika sudah terbiasa dengan perasaan yang timbul setelah “benar-benar berolahraga”. Tubuh merasa enak, pikiran jernih, dll.

Nah, pengalaman saya adalah bahwa Falun Dafa dapat menghasilkan semua itu, namun dalam skala yang lebih tinggi lagi dan dalam tingkat yang lebih mendalam lagi. Sesudah berlatih Falun Dafa, tubuh terasa ringan, sehat, dan kuat.

Pikiran menjadi jernih, tenang, dan terpusat. Saya dulu adalah seorang atlet yang aktif di sekolah. Sepulang sekolah saya mengikuti olahraga rutin, meliputi latihan dengan naik turun tangga, angkat beban, lari dll. Namun kesehatan fisik saya dan kejernihan pikiran saya tidak pernah mendekati tingkat yang saya peroleh dari berlatih Falun Dafa.

Bagaimana mungkin bisa terjadi, padahal gerakannya begitu ringan, bahkan tidak sempat berkeringat? Bukankah otot perlu benar-benar bekerja dan jantung memompa baru dapat disebut tubuh benar-benar berolahraga? Nah, menurut pengalaman saya adalah tidak.

Latihan Falun Dafa telah membuat saya jauh lebih bugar dibanding jenis olahraga mana pun yang pernah saya coba.

Karena Falun Dafa memiliki akar budaya dan berdasarkan pada prinsip yang amat dalam, tidak mengherankan bila memiliki keampuhan membersihkan dan meningkatkan tubuh seseorang sampai taraf demikian tinggi. Terlebih, pengaruh begitu bukan saya saja yang mengalaminya, tapi juga banyak dialami praktisi Falun Dafa lain yang saya temui.

Jadi, apakah Falun Dafa intinya hanyalah latihan olah raga mirip Qigong?

Bukan, sama sekali bukan. Saya melihat bahwa seperangkat latihan ini hanyalah salah satu bagian dari Falun Dafa.

Master Li, orang yang pertama kali menyebarkan Falun Dafa ke masyarakat, telah menulis sebuah buku berjudul Zhuan Falun, yang merupakan karya terlengkap tentang Falun Dafa, menjelaskan prinsip dan dasar Falun Dafa.

Selain itu beliau juga menulis buku lain berjudul Falun Gong, yang berisikan tentang perkenalan akan prinsip dan latihan Falun Dafa serta berisikan foto-foto gerakan latihan dan manfaat rinci dari tiap perangkat gerakan.

Bagi saya, buku tersebut dapat menjelaskan prinsip-prinsip kehidupan, ilmu pengetahuan, dan kondisi manusia dengan lebih jelas dan mendalam dibandingkan buku lain yang pernah saya baca, pelajari, maupun temukan.

Sebagai tambahan, buku tersebut telah membuat hal yang cukup penting --yaitu memegang peran penting bagi saya dalam menjalani hidup sehari-hari-- yang mana tidak ada satu buku lain mana pun --baik buku spiritual, keagamaan, filosofi, dll.-- yang dapat melakukannya bagi saya.

Apakah yang saya maksud? Saya telah membaca banyak buku-buku terkenal sebelumnya, yang mana saya rasa telah mengubah hidup saya ataupun membuka mata saya akan pandangan-pandangan baru (mulai dari Jack Kerouac hingga Shakespeare, dan mulai dari Stephen King hingga Lao-Tzu).

Namun, waktu melihat ke belakang kembali setelah beberapa lama membaca buku, apakah benar telah mengubah hidup saya? Apakah telah menunjukkan kepada saya jalan untuk menjadi seorang yang lebih baik, lebih sehat; dapat mengatasi segala ketakutan, kegundahan, kekhawatiran, rasa egois, dll. yang berkaitan dengan hidup sehari-hari? Ternyata tidak.

Zhuan Falun, bagaimanapun, telah melakukan peran tersebut; dengan mempelajari prinsip-prinsip yang tertulis di dalamnya, telah membantu saya mengatasi masalah tersebut, dan secara bertahap naik ke tingkat lebih tinggi. Terlebih lagi, buku ini dapat diunduh secara cuma-cuma dari website id.falundafa.org

Jadi, apakah yang dimaksud berlatih? Melakukan latihan gerakan dan membaca buku Zhuan Falun?

Benar, bahwa itulah yang terpenting bagi kita selaku praktisi Falun Dafa. Tidak ada hal lain yang diperlukan untuk berlatih. Lagi pula, Anda dapat melakukan hal ini sesuai dengan jadwal waktu Anda.

Beberapa praktisi berlatih dan membaca sendiri di rumah mereka pribadi. Yang lain mungkin secara berkelompok. Beberapa berlatih pada pagi hari, lainnya berlatih pada malam hari, dan sebagian lagi berlatih ketika mereka memiliki waktu di tengah kesibukan mereka.

Saya mengenal beberapa praktisi Falun Dafa yang tengah sibuk kuliah untuk meraih gelar Ph.D., sementara beberapa praktisi adalah artis yang sibuk melakukan show, beberapa yang lain adalah para pengusaha sukses, dan mereka berasal dari latar belakang keluarga dan status sosial yang beraneka ragam, dan Falun Dafa cocok karena dapat dilatih menyesuaikan jadwal kesibukan mereka. Beberapa orang melakukan sendirian, yang lain berkelompok. Semuanya dapat disesuaikan dengan waktu kita.

Kalau hanya demikian, lalu mengapa Falun Dafa ditindas di China oleh partai komunis?

Salah satu sebab adalah karena begitu banyaknya rakyat yang berlatih Falun Dafa di China. Pemerintah China yang dikuasai oleh Partai Komunis China (PKC), memperkirakan dari hasil survei nasional pada tahun 1999, ada sekitar 70 juta orang di China berlatih saat itu, lebih besar daripada anggota partai komunis.

Karena iri hati dan rasa takutnya, pemimpin PKC saat itu, Jiang Zemin, menggunakan kekuasaannya untuk menindas dan membunuh rakyatnya yang berlatih Falun Dafa.

Namun dari dulu sampai saat ini, praktisi Falun Dafa sama sekali tidak menentang Pemerintah China dan juga tidak terlibat dalam politik. Mereka tidak menuntut pimpinan baru untuk China, reformasi politik, ataupun hal serupa lainnya. Yang diinginkan praktisi Falun Dafa adalah agar PKC berhenti menganiya Falun Dafa dan menghormati hak asasi manusia, sebagaimana yang ada dalam undang-undang Pemerintah China sendiri maupun dalam Deklarasi PBB tentang hak asasi manusia yang juga telah ditandatangani oleh Pemerintah China.

Jadi, bagaimana saya dapat mengetahui lebih jauh mengenai Falun Dafa?

Ada beberapa cara:

Belajar di tempat latihan terdekat: Di website https://id.falundafa.org/falun-dafa-global-contacts.html terdapat daftar tempat latihan Falun Dafa yang tersebar di seluruh dunia. Saat ini terdapat banyak tempat latihan di seluruh Indonesia. Tidak ada biaya untuk apa pun --tanpa iuran, tidak menerima sumbangan.

Mengikuti acara Webinar Falun Dafa (bebas biaya) yang dilakukan setiap akhir pekan, berisi pengenalan lebih dalam tentang latihan ini, seperti apa perangkat gerakan latihan dan manfaat tiap gerakannya.

Dalam webinar ini, kita juga akan mendapatkan berbagai kisah pribadi para praktisi Falun Dafa yang berasal dari beraneka macam latar belakang. Berbagai kisah yang menyentuh hati ini akan membantu Anda memahami lebih jauh mengapa orang berlatih Falun Dafa, serta bagaimana latihan ini telah meningkatkan kualitas hidup mereka.

Bahkan mengesankan bagaimana Falun Gong telah memperkaya hidup mereka sehingga menjadi lebih berarti; kebanyakan praktisi Falun Dafa akhirnya dapat memahami kehidupan ini dengan pandangan baru yang lebih baik.

Tentunya, langkah terbaik berikutnya adalah silakan Anda mencoba berlatih sendiri. Link untuk mengikuti webinar adalah: www.belajarfalundafa.com.(mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler