FIFA Tunjuk Stadion GSJ Sebagai Venue Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026

Senin, 25 September 2023 – 17:07 WIB
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Foto: Tangkapan layar Instagram@jakabaringsportcity.

jpnn.com, JAKARTA - Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang ditunjuk FIFA sebagai venue pertandingan leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026, antara Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam.

Pertandingan leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 itu akan berlangsung pada 12 Oktober 2023 mendatang.

BACA JUGA: Grade A Untuk Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Direktur Utama (Dirut) PT Jakabaring Sport City (JSC) Mainah Patriani Paloh mengungkapkan bahwa kabar penunjukan GSJ oleh FIFA didapat dari pihak Persatuan Sepak Seluruh Indonesia (PSSI).

"Info lisan dari PSSI begitu, Leg pertama berlangsung di GSJ,” ungkap Mainah, Senin (25/9).

BACA JUGA: Caketum PSSI Ingin Digitalisasi Data Base dan Bawa Timnas ke Piala Dunia 2026

Sejauh ini, kata Mainah, stadion GSJ telah siap untuk melaksanakan event internasional, karena venue itu sebelumnya telah mengalami perbaikan dan mengikuti standar dari yang telah ditetapkan FIFA.

Sebelumnya, GSJ sempat ditunjuk sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U20. Namun, batal setelah FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah dan digantikan Argentina.

BACA JUGA: PSSI Pilih United Tuan Rumah Piala Dunia 2026, Nih Alasannya

“Untuk perawatan rumput memang ekstra, karena stadion ini memang sudah bertaraf internasional piala dunia. Tinggal perawatan rumput lebih ekstra, selebihnya kami merawat yang sudah ada, karena memang stadion ini sudah bertaraf internasional untuk Piala Dunia," kata dia.

Menurut Mainah, persiapan yang dilakukan tinggal menjaga kebersihan stadion.

Selain itu, dua hari sebelum Timnas Indonesia bertanding, pada tanggal 10 Oktober stadion juga dipakai untuk laga Sriwijaya FC Vs PSPS Pekanbaru.

"Makanya kami ekstra untuk perawatan rumput sehingga pada tanggal 12 Oktober rumput tetap baik seperti biasa," ujar Mainah.

Sebelumnya, pertandingan Indonesia vs Brunei Darussalam dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Namun, dari laman resmi FIFA pada Rabu (23/9), kemudian venue pertandingan Indonesia vs Brunei Darussalam resmi ditetapkan berlangsung di Stadion GSJ Palembang.

"Kami selaku pengelola Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring hanya melakukan persiapan venue. Semua keputusan dan penunjukkan merupakan wewenang PSSI dan FIFA," tutup Mainah. (mcr35/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Politik Uang, Hanura Palembang Ajak Masyarakat Kembangkan Bisnis


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler