Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 di Festival LIKE-2, Ada Jokowi, Lyodra

Rabu, 07 Agustus 2024 – 08:31 WIB
Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 digelar di Festival LIKE-2 pada 8-11 Agustus 2024 di JCC Jakarta. Foto: Instagram Ditjen PPKL KLHK

jpnn.com - JAKARTA – Babak final Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional untuk pelajar SLTA bertema lingkungan hidup akan berlangsung pada 11 Agustus, masuk rangkaian kegiatan Festival LIKE-2.

LIKE merupakan singkatan dari Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi EBT.

BACA JUGA: Daftar Nama 20 Besar Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024

Acara Festival LIKE-2 digelar Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen PPKL KLHK) pada 8-11 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center atau JCC, Jakarta.

Pada rundown acara, disebutkan pembukaan Festival LIKE-2 pada 8 Agustus dilakukan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya.

BACA JUGA: Daftar Nama Finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Pada hari pertama akan ada talkshow bertema Pemuda dan Tantangan Menciptakan Environmental Citizenship di Indonesia.

“Kami mengajak Sobat Hijau meriahkan Festival LIKE-2 dengan hadir di berbagai rangkaian Talkshow menarik,” demikian dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram.

BACA JUGA: Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional Masuk Babak 60 Besar

Malam hari pada hari pertama akan ada I LIKE Concert Maliq the Essentials.

Hari kedua, 9 Agustus 2024, dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada kegiatan Peluncuran dan Penyerahan Sertifikat Layanan Dana Masyarakat, Penyerahan SK TORA, SK Perhutanan Sosial, dan Penyerahan SK TORA-SK Perhutanan Sosial Peremajaan Sawit Rakyat.

Selain Presiden Jokowi, hadir juga sejumlah menteri, antara lain Menteri LHK Siti Nurbaya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Malam hari, panggung hiburan dimeriahkan oleh Happy Asmara.

Hari ketiga 10 Agustus, rangkaian acara antara lain semifinal Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMA dan semifinal Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Mahasiswa. Semuanya bertema lingkungan.

Penyanyi Tulus akan mengisi panggung hiburan hari ketiga Festival LIKE-2.

Pada Minggu 11 Agustus, hari terakhir Festival LIKE-2, akan digelar babak final Lomba Debat Bahasa Indonesia Tingkat SMA dan final Lomba Debat Bahasa Inggris Tingkat Mahasiswa.

Babak Final Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 untuk pelajar SLTA akan digelar di sesi pagi. Malam penutupan akan menghadirkan Lyodra.

Finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 SLTA

Lomba Pidato Bahasa Inggris 2024 Tingkat Nasional untuk pelajar SLTA bertema lingkungan hidup diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen PPKL KLHK).

Lomba dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Khusus lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SLTA, data dari panitia menyebutkan jumlah peserta sebanyak 794 siswa dari 498 sekolah SMA, Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) seluruh Indonesia.

Jumlah peserta di babak penyisihan ini lebih banyak dari jumlah sekolah karena satu sekolah boleh mendaftarkan lima siswa/siswi sebagai peserta.

Dari 794 peserta, sudah dilakukan seleksi dan tersaring menjadi 60 orang yang berasal dari sekolah SMA/sederajat negeri dan swasta dari seluruh Indonesia.

Selanjutnya ada tahapan seleksi lagi dan dewan juri telah memilih peserta yang masuk babak 20 besar atau semifinal. Pemeringkatan berdasar total nilai akhir yang diperoleh masing-masing peserta yang mempresentasikan pidatonya dan menjalani sesi interview.

Babak semifinal sudah digelar pada Jumat, 2 Agustus 2024. Dari 20 peserta, dewan juri menetapkan 6 nama masuk babak final atau Top 6 Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024.

Dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, berikut ini daftar nama 6 finalis Lomba Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 dan asal sekolahnya, yang terbagi dalam dua ruangan seleksi:

Ruang Satu

1. Syifa Nafisah - SMA IT Insan Cendekia Payakumbuh, Sumbar

2. Verene Luvena - SMAS Katolik Santo Fransiskus Assisi Samarinda, Kaltim

3. Sam Ratu Adila - SMA Negeri 96 Jakarta

Ruang Dua

1. Benediva Boaz Ambarita - SMA Unggul Del, Toba, Sumut

2. Kalila Dewi Sophia - UPH College, Tangerang, Banten

3. Ashiandra Samaraghandi Varadiana Harmanto - SMAN 11 Semarang, Jateng

“Selamat kepada peserta yang berhasil masuk TOP 6 Pidato Bahasa Inggris.”

“Persiapkan dirimu di babak final dan terus berjuang untuk menginspirasi perubahan melalui pidato. Setiap langkah kecil akan berpengaruh untuk bumi kita kedepannya,” demikian pengumuman 6 Top Pidato Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2024 bertema lingkungan, dikutip dari akun resmi Ditjen PPKL KLHK di Instagram, Jumat (2/8). (ppkl-klhk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler