FISIP UPN Veteran Jakarta & UiTM Implementasikan Kerja Sama Dua Fakultas

Jumat, 17 Mei 2024 – 17:36 WIB
Pimpinan FISIP UPN Veteran Jakarta dan UiTM saat pertemuan di Selangor, Malaysia. Foto: UPNVJ

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Selangor, Malaysia menyepakati kerja sama dua fakultas dan satu collage.

Implementasi kerja sama diwujudkan saat Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPNVJ Bekti Istiyanto dan rombongan berkunjung ke Direktorat Global Strategic Partnership UiTM di Selangor, pada Rabu-Kamis (15-16).

BACA JUGA: UPN Veteran Jatim Komitmen Mendukung Digitalisasi di Desa

Dua fakultas tersebut adalah bidang Sains Pentadbiran & Pengajian Polisi dan Komunikasi & Pengajian Media, serta satu kerja sama setingkat di atas fakultas, yakni Pengajian Seni Kreatif (College of Creative Arts).

Implementasi kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari Memorandum Of Understanding (MoU) antara rektor kedua universitas yang terjalin sejak 2022.

BACA JUGA: Lulusan SMA Berpeluang Besar di Seleksi CPNS 2024 & PPPK, BKN Beri Penjelasan

Bekti dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (17/5) mengatakan FISIP UPN Veteran Jakarta yang memiliki tagline lebih maju, unggul, dan mendunia terus mendorong internasionalisasi berbagai kegiatan akademik, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Salah satunya melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional yang merupakan Hibah Internal Pengabdian kepada Masyarakat Internasional dari UPN Veteran Jakarta di Malaysia," ujar Bekti, di Selangor.

BACA JUGA: Konon Mutu Beton Tol Layang MBZ di Bawah SNI, Alamak

Dia mengungkapkan bahwa kunjungan FISIP UPNVJ ke UiTM dicanangkan untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang lain.

"Alhamdulillah, kami sepakat setelah kunjungan ini akan membahas lebih spesifik terkait pertukaran dosen mengajar, peserta konferensi internasional, pertukaran mahasiswa, penelitian dan menulis buku bersama yang diketuai oleh Prof. Datuk Dr. Ismail Sualman, salah satu profesor dari Fakultas Komunikasi dan Pengajian Media UiTM," tuturnya.

Sementara itu, Dr Fitria dan Dr Munadhil pun diundang menjadi dosen tamu pada mata kuliah Crisis Communication dan Komunikasi Politik di Fakulti Komunikasi dan Pengajian Media UiTM.

Sebelumnya, Prof. Ismail Sualman telah diundang ke FISIP UPNVJ sebagai pemateri Workshop Metodologi Riset dan Penulisan Akademik pada Senin (29/04/2024), di Auditorium Bhineka tunggal Ika lantai 4, Gedung Rektorat, UPN Veteran Jakarta.

Dari pihak UiTM pun menyambut gembira dan hangat atas kunjungan rombongan FISIP UPN Veteran Jakarta dengan memfasilitasi Dr. Fitria sebagai salah satu narasumber di Radio milik UiTM, yaitu Radio UFM 93.6 FM dengan tema International Community Services about Training to Strengthen Indonesian Nationalism in Malaysia” yang disiarkan secara langsung.

Dalam jungan itu, perwakilan FISIP UPNVJ diwakili oleh tiga pimpinan, yakni Dr. S. Bekti Istiyanto selaku Dekan; Dr. Fitria Ayuningtyas selaku Wakil Dekan Bidang Akademik; Munadhil Abdul Muqsith, Ph.D selaku Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi yang sekaligus sebagai Ketua Penerima Hibah Pengabdian kepada Masyarakat Internasional dari UPN Veteran Jakarta.

Perwakilan UiTM diwakili oleh Prof. Ahmad Naqiyuddin Bakar selaku Direktur Global Strategic Partnership - Internasional Office, Mrs. Liyana M. Ramly selaku Coordinator of International Cooperation & Relations Networks, Department of Strategic Partnerships (DSP), Assoc. Prof. Ts. Dr. Abdul Halim Abdullah - Head of Strategic Partnerships, Department of Strategic Partnerships (DSP), Assoc. Prof. Dr. Abd Rasid Abd Rahman - Dean of Faculty of Communication and Media Studies, Assoc. Prof. Dr. Nor Hafizah Mohamed Harith - Dean of Faculty of Administrative Science and Policy Studies.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler