Formasi CPNS 2014 Akomodir Lulusan SMA

Selasa, 12 Agustus 2014 – 10:42 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Kesempatan emas bagi para lulusan SMA untuk melamar menjadi CPNS. Tahun ini, pemerintah masih mengalokasikan lulusan SMA untuk jabatan-jabatan tertentu. Kuotanya pun mendekati angka lima persen dari total kursi CPNS nasional sebanyak 100 ribu.

"Secara umum syarat pelamar CPNS minimal D3. Namun ada pertimbangan teknis bagi daerah terpencil, terluar, dan tertinggal maupun pemekaran sehingga masih memberikan peluang bagi lulusan SMA plus. Arti lulusan SMA yang punya keahlian," beber Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di kantornya, Selasa (12/8).

BACA JUGA: Gerakan ISIS Diyakini Dapat Dibumihanguskan

Formasi SMA plus ini terutama untuk menduduki jabatan fungsional seperti penjaga mercusuar, sipir, anak buah kapal, pencatat deteksi gunung berapi, pencatat deteksi gempa, dan posisi sulit lainnya. Sedangkan posisi tenaga administrasi tidak akan diberikan.

"Tidak semua instansi bisa merekrut lulusan SMA. Karena kita sebenarnya sudah menghindari CPNS dari lulusan SMA untuk meningkatkan kompetensi pegawai negeri," tandasnya. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Data Validasi Honorer K2 yang Masuk Amburadul

BACA JUGA: Hasil Validasi Honorer K2 tak Lulus Ditunggu Hingga 29 Agustus

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saksi Prabowo-Hatta tak Hadir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler