Fortang Protes Kesbangpol Kota Tangerang Gelar Konser di Hari Lahir Pancasila

Kamis, 06 Juni 2024 – 10:48 WIB
Forum Aliansi Aktivis Tangerang Raya (Fortang) demo dan ditemui Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Teguh Supriyanto, Rabu (5/6/24). Foto: supplied

jpnn.com, TANGERANG - Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Forum Aktivis Tangerang Raya (Fortang) melakukan demonstrasi di depan Kantor Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Rabu (5/6).

Aksi tersebut dilakukan atas kegagalan organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut dalam memaknai Hari Lahir (Harlah) Pancasila pada 1 Juni 2024.

BACA JUGA: Tiga Bulan Beroperasi, Pabrik Oli Palsu di Tangerang Meraup Rp 5,2 Miliar

Selain gagal dalam memaknai Harlah Pancasila, Badan Kesbangpol pun dinilai gagal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai OPD yang melakukan pembinaan terhadap masyarakat, di antaranya Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Meski dalam aksi tersebut massa demonstrasi diadang oleh Ormas, pedemo tetap terus menyuarakan tuntutan dan berhasil menyampaikan tuntutan tersebut kepada Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang Teguh Supriyanto di depan kantornya.

BACA JUGA: ART Lompat dari Rumah Penyalur di Tangerang, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Kordinator Lapangan Aksi Taher mengatakan pihaknya menyuarakan tuntutan atas kegagalan Kaban Kesbangpol Kota Tangerang dalam menjalankan tugas dan fungsinya, lantaran OPD tersebut dalam pelaksanaan Upacara Harlah Pancasila dinilai gagal.

"Upacara Pancasila seharusnya ramai dengan organisasi masyarakat, LSM, dan Organisasi Kemasyarakat Pemuda (OKP), tetapi, yang terlihat dan hadir pada acara tersebut hanya segelintir saja," katanya.

BACA JUGA: Gibran: Terima Kasih, Mbak Puan dan Pimpinan PDIP

Selain itu pun pihaknya melihat Kesbangpol Kota Tangerang gagap dalam melakukan peringatan Harlah Pancasila.

Sebab, OPD itu melakukan konser dengan mengundang band papan atas Indonesia.

"Kok, Kesbangpol jadi Event Organizer (EO), bukan melakukan pembinaan terhadap masyarakat atas peringatan Pancasila ini? Malah hanya buat konser yang sebenarnya bukan tugas dan fungsi dari Kesbangpol. Ini bukti Kepala Kaban Kesbangpol tidak mengerti dalam menjalankan fungsi dan tugasnya," kata Taher.

Diketahui, di Harlah Pancasila pada 1 Juni 2024, Badan Kesbangpol Kota Tangerang menggelar upacara di Alun-Alun Kota Tangerang yang dihadiri hanya sebagian lembaga OKP dan tidak semua LSM atau Ormas.

Selain upacara, Badan Kesbangpol menggelar konser di Taman Elektrik, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang pada malam 1 Juni 2024, yang tampil Band Netral dan Band lokal yang ada di Kota Tangerang. (rhs/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 8 Tahun Buron, Pembunuh Vina Cirebon Ditangkap di Daerah Ini


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler