Blogger kuliner populer dari seluruh Australia berbagi foto makanan favorit mereka baik dari Australia maupun luar negeri, dan mengungkapkan kisah di balik momen yang menggiurkan ini.

Sepanjang pekan ini  Australia Plus Learn English akan menyajikan kisah-kisah kuliner dari berbagai wilayah di Asia Pasifik.

BACA JUGA: Kisah Anjing Labrador Selamatkan Nyawa Pemiliknya yang Tunanetra

Sejumlah blogger kuliner di Australia berbagi pengalaman mereka yang tidak terlupakan, baik di Australia maupun dalam perjalananan ke berbagai negara.

Tampaknya, menyantap makanan ternyata tidak sekadar menghabiskan sajian yang ada di hadapan Anda. Tapi juga menikmati dimana Anda berada dan merasakan keterkaitan dengan cerita di balik sebuah kuliner.

BACA JUGA: Hugh Jackman Kembali Tampil di Australia Lewat Tur Broadway 5 Kota

Ikan garing saus bawang putih pedas dan bir - Koh Samui, Thailand


Takho Bang Por Seafood (Credit: Chasing a Plate)

 

BACA JUGA: Ikan Langka Serupa Belut Kembali Muncul di Australia Selatan

Chasing a Plate  adalah blog kuliner yang dikelola oleh Sheena dan Thomas, dua warga Selandia Baru yang kini menetap di Melbourne, Victoria. Ini merupakan foto makanan favorit mereka dan diambil dalam perjalanan mereka ke Thailand. Inilah penuturan Sheena: 

"Jika kami harus mengungkap kembali pengalaman makan malam seperti kemeriahan Hari Groundhog Day, maka mungkin akan tergambarkan melalui satu foto makanan ini. Panas matahari yang menyinari punggung kami, pedasnya rasa cabe di lidah, dan wajan berdenting dari dapur."

"Kami menyantap kuliner ini di Takho Bang Por Seafood di Koh Samui. Inilah restoran seafood dimana Anda bisa mencicipi berbagai dari sup kerang laut goreng hingga krim udang mentah dengan rempah yang disajikan dengan melon pahit."

"Kami memulai dengan sepiring ikan goreng kecil yang garing, dicelupkan ke saus beraroma bawang putih pedas. Kami menyantap habis semuanya. Inilah kudapan sempurna untuk teman minum bir."

"Pelayan tersenyum dan menunduk malu menyaksikan kami begitu terkagum-kagum dengan rasa makanan yang bahkan kami tidak tahu kalau itu ternyata bisa dimakan. Sembari menggali kaki ke pasir dan menghabiskan bir, kami memandang ombak yang hanya berjarak beberapa meter dari meja kami.”"Kami tidak ingin kemana-mana, tidak melakukan apa-apa, dan tidak perlu juga berbicara...."

 Coklat busa dengan sorbet jeruk merah - Margaret River region, Australia Barat


Knee Deep Wines (Credit: Martine van Boeijen)

Chompchomp adalah blog milik Martine van Boeijen. Warga Perth, Australia Barat. Foto kulinernya diambil dari sebuah pabrik anggur di kawasan yang dekat dengan rumahnya. Berikut penuturan mereka:

"Yang paling saya sukai dari Australia Barat adalah kebudayaan kulinernya. Kawasan Margaret River Wine dikenal sebagai salah satu tujuan wisata bagi mereka yang hendak menikmati kuliner dan anggur di Australia." 

"Banyaknya jumlah pabrik anggur dan restoran yang bisa dikunjungi di sini bisa membuat sangat membingungkan untuk memilih dari mana memulainya.”

"Pengalaman kuliner terbaik saya temui ketika secara spontan dan tanpa rencana berkunjung ke pabrik anggur tertentu. Ternyata cara itu berhasil.”

"Kunjungan pertama kami ke pabrik anggur Knee Deep merupakan keputusan sesaat setelah sarapan dan setelah melihat foto indah tentang makanan mereka di instagram."

"Dan hanya dalam beberapa jam kami sudah duduk di meja makan siang dan mulai mencoba berbagai menu yang ada. Dari tampilannya sudah menggugah selera, dan juga rasa penasaran dengan cita rasanya.”

"Makanan ini merupakan hidangan penutup kami dalam acara icip-icip di Knee Deep - busa coklat lembut yang ringan dengan sorbet jeruk merah dan tart jelly yang disembunyikan di balik wafer coklat.”

"Seluruh makanan yang luar biasa lezat diakhiri dengan sempurna oleh serbuk jeruk merah beku yang ditaburkan di atas hidangan penutup.

 Es krim vegan - Pasar Adelaide, Australia Selatan


Happy Maple (Credit: Amanda McInerney)

Lamb's Ears and Honey adalah blog milik Amanda McInerney, yang tinggal di Adelaide. Dia memilih momen dari salah satu kawasan berburu kuliner favoritnya yakni di Pasar Adelaide. Berikut penurutannya:

"Banyak toko di sana telah berdiri sejak lama. Para penjaga toko adalah keluarga yang telah bekerja di pasar itu dari generasi ke generasi. Tapi banyak juga jajanan modern yang tersedia."

"Kuliner bernama the bubbly Maple dari deretan toko makanan sehat House of Health merupakan toko makanan sehat yang paling akhir. Maple masuk golongan vegan. Keinginan menikmati jajanan es krim Australia yang secara moral membatasi niatnya karena mengandung daging. Dan toko Maple menciptakan es krim versi vegan.”

"Sejak itu mereka membuat kue vegan dan keputusasaannya mencari makanan manis vegan telah mengalahkan langkahnya. Yakni tekad kuat  mencari sendiri berbagai kuliner lezat tapi secara etis tidak mengandung daging atau vegan, seperti bebas kandungan kacang, bebas gluten, kudapan manis bebas pengawet."

"Saya kira gambar ini menjelaskan secara sempurna makna mengenai makanan dan kebahagiaan."

 

 

Sayur articoke ala Yahudi - Roma, Italia


Carciofi alla Giudia (Credit: Lorraine Elliott)

 

Not Quite Nigella adalah blog milik Lorraine Elliott, yang tinggal di Sydney, New South Wales. Foto kuloner favoritnya menampilkan makanan istimewa yang dia temukan dari perjalanannya ke Italia.

"Foto ini diambil di Roma tahun lalu. Saya dan suami berkesempatan menjelajahi kota cantik ini November lalu, waktu yang tepat karena tidak terlalu banyak turis dan itu merupakan musim jamur truffle dan juga artichoke. Foto ini diambil saat makan siang ketika mengunjungi bekas pemukiman kumuh warga Yahudi di Roma."

"Carciofi alla Giudia atau sayur artichoke ala Yahudi merupakan bunga artichoke besar yang dipipihkan, dan digoreng dengan minyak zaitun. Ketika disajikan berbentuk bunga. Mereka merupakan bagian dari beragam kuliner Yahuni kuno yang bisa Anda temukan di kawasan itu."

"Dan menjadi salah satu artikel favorit yang saya unggah di blog karena makanan itu menggabungkan antara sejarah dengan makanan: dua hal yang menjadi impian para blogger."

 Lemon  verbena panna cotta - Hobart, Tasmania


Lemon verbena panna cotta (Credit: Andrew Strikis)

 

Two Clowns Tripping adalah blog kuliner Andrew dan Karen, yang tinggal di Hobart. Andrew memilih foto ini dari sebuah restoran lokal terkenal yang menurutnya mewakili lebih dari keindahan kuliner tapi juga karir panjangnya sebagai blogger.

"Ini merupakan Panna cota Lemon verbena coklat  dan air sulingan dari yuzu dengan buah jeruk mandarin yang dibekukan, tapi saya memilih menyebut kuliner ini dengan sebutan 'Lemon LEGO'!"

"Makanan pencuci mulut yang menggiurkan ini tidak hanya berhasil menunjukkan keindahan, tapi juga berhasil menghadirkan cita rasa yang tepat dan mewakili momen  istimewa dalam perjalanan saya mengelola blog."

"Sekarang adalah waktu tepat untuk bertemu dengan para penggila kuliner di dunia maya. Dan untuk pertama kalinya juga saya dibuat sangat emosional oleh makanan, dan pertama kalinya saya memberanikan diri untuk mewawancarai salah satu juru masak terbaik di Australia di salah satu restoran menarik di Tasmania, Frogmore Creek."

"Tentu saja, foto kulinernya bagus, tapi seperti halnya makanan yang lain kenangannyalah yang membuat kuliner itu semakin hebat!"

Silakan kunjungi lama Facebook kami di facebook.com/AustraliaPlus

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sempat Ada Kepanikan, Penerbangan GA717 dari Melbourne Selamat Mendarat di Jakarta

Berita Terkait