FPI: Indikasi Komunis Masuk di Segala Lini

Rabu, 25 Januari 2017 – 16:46 WIB
LOGO PALU ARIT: Buku New Mentor bertema Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 menyertakan logo palu arit pada salah satu halamannya. Buku tersebut diketahui akan dijadian acuan pelajar di SMA (XII) SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis menjelang ujian nasional (unas). Foto: Radar Tasikmalaya

jpnn.com - jpnn.com -  Dunia pendidikan dikejutkan penemuan buku kisi-kisi ujian nasional (unas) bergambar palu arit, di SMAN 1 Kawali, Ciamis, Jawa Barat, Jumat (20/1).

Publik terheran-heran. Kok bisa buku berbau Marxisme itu sampai lolos dan dibeli pihak sekolah. Legislator di DPRD Ciamis pun akan memanggil kepala-kepala sekolah tingkat atas agar kasus serupa tak terulang.

BACA JUGA: Buku Kisi-kisi Unas Berlogo Palu Arit Belum Menyebar

Kemarin (24/1), Ketua Komisi IV DPRD Ciamis Hendra M Marcusi mengaku kaget saat buku New Mentor yang ada gambar palu arit ditemukan dan dibeli SMAN 1 Kawali.

Dia mempertanyakan langkah pihak sekolah: apakah sudah mempelajari buku Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 itu? Mengapa mereka memilih buku terbitan Mas Media Buana Pustaka dengan editor Qurrota Ayuni itu?

BACA JUGA: Beban Ortu Siswa SMA/SMK Lebih Ringan

Seharusnya, kata Hendra, pihak sekolah mempelajari isi buku tersebut. “Saya rasa sebelum diberikan kepada anak, dipelajari lebih detail isinya seperti apa. Jangan sampai dipelajari langsung dengan anak-anak,” jelas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini seperti diberitakan Radar Tasikmalaya (Jawa Pos Group) hari ini.

Menyikapi temuan buku berisi lambang palu arit itu, kata Hendra, dalam waktu dekat Komisi IV akan memanggil para kepala sekolah.

BACA JUGA: Lihat! Ada Palu Arit di Buku Kisi-kisi Unas

Tujuannya, agar pihak sekolah serius mengadakan buku untuk siswa. Karena buku menjadi salah satu panduan dan pegangan siswa.

Isi buku, kata Hendra, akan mempengaruhi psikologis anak (siswa). Termasuk soal lambang palu dan arit. Murid akan menafsir apakah lambang itu benar. Itu akan membuat mereka bertanya-tanya. “Hal ini jelas karena kurang hati-hatinya pengelola sekolah,“ kritiknya.

Komisi IV mengimbau Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mem-blakc list perusahaan buku yang kontennya dilarang. “Karena hal itu supaya tidak terualng lagi di Ciamis,” paparnya.

Apakah Komisi IV akan ke sekolah-sekolah untuk memastikan buku palu arit tidak tersebar di Ciamis? Dikatakan, pihaknya akan melakukan sidak ke sekolah-sekolah tingkat atas lainnya.

“Intinya harus jadi catatan bagi Dinas Pendidikan di mana pihak sekolah harus terliti dan mempelajari dulu buku detil sebelum diberikan kepada anak, apakah isinya sesuai dan tidaknya,” harapnya.

Ketua Bidang Dakwah Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Ciamis Ustad Muhamad Warman menyikapi temuan buku berisi lambang palu arit di Ciamis.

Itu, kata dia, merupakan indikasi kuat komunis masuk ke segala lini. Mulai bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Jadi saya ketahui semua jaringan kuat dugaan PKI itu masuk,” analisanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau warga Ciamis untuk berembuk dan menindak lanjuti fenomena itu.

Pihaknya pun menuntut Dinas Pendidikan Ciamis harus menarik buku-buku yang dianggap berisi komunisme. ”Saya harap kedepanya tidak kecoongan lagi,” desaknya.

Lambang palu arit lagi-lagi mencuat. Kali ini, logo yang identik dengan komunisme itu ditemukan di dalam buku kisi-kisi Ujian Nasional (Unas) mata pelajaran Bahasa Inggris. Buku New Mentor itu ditemukan di SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes (Pol) Yusri Yunus, sebelumnya, mengatakan logo palu arit tersebut ditemukan pihak SMAN 1 Kawali. Temuan itu lalu dilaporan para guru ke polisi pada Jumat (20/1).

Buku bertemakan Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 tersebut terdiri atas 170 halaman.

Pada hal 16 di bagian latihan soal, termuat sebuah teks tulisan berjudul ”Announcing the Robert S. Kenny Prize” dilengkapi dengan gambar palu arit di bawahnya. Termasuk dua buah soal pilihan di sampingnya.

”Tulisan tersebut dalam bahasa Inggris, yang intinya menceritakan penghargaan kepada pejuang buruh dan Marxis (tokoh penemu sosialis, Red). Sedangkan penerbit buku dan tim penulis dari Mas Media Buana Pustaka, dengan editor Qurrota Ayuni,” papar Yusri di Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung Senin (23/1).

Yusri mengungkapkan sudah berkoordinasi dengan pihak Kesbangpolmas Kabupaten Ciamis Drs Iin Indra Juhri (Kasi Kewaspadaan Nasional dan Ketahanan Masyarakat). Termasuk seluruh camat se-Kabupaten Ciamis. Inti dari koordinasi itu, menyerukan kepada kepala sekolah tingkat SMA/SMK di wilayahnya itu mengetahui perkembangan tentang penemuan buku yang bermotif palu arit tersebut.

”Berdasarkan hasil koordinasi dan komunikasi dengan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Drs Wahyu Hidayat M Si bahwa saat ini tingkat SMA kewenangannya sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Jabar), kemudian mengenai dana buku tersebut bersumber dari dana komite yaitu, dana iuran siswa/siswi,” tuturnya.

”Pihak Disdik tidak ada keterkaitan dengan pembelian buku yang dilaksanakan oleh pihak SMA/SMK/MA,” sambungnya. (isr)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Full Day School, Prestasi Atlet Pelajar Terancam Turun


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler